Pengaruh Pemanfaatan E-learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa

Dimas Anditha Cahyo Sujiwo, Qurrota A'yun

Abstract


E-learning merupakan peroses pembelajaran yang memanfaatkan kecanggihan suatu teknologi yang mana dalam proses pembelajarannya dilakukan secara online. pembelajan online terdapat tools yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa maupun Dosen dalam kegiatan Pembelajaran seperti kegiatan komunikasi dan interaksi, melakukan kegiatan pemberiaan pertanyaan, bertanya kepada Dosen atau sebaliknya, dan menanggapi pernyataan dari teman-temannya. Dengan adanya tools yang lengkap ini akan memberi kenyamanan kepada Dosen dan mahasiswa dalam pembealajran. Kegiatan yang dilakukan tentunya dapat mengurangi rasa jenuh bagi mahasiswa sehingga motivasi belajarnya meningkat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pembelajaran e-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang kurang dari 0,05 dan nilai t-hitung yang lebih besar dari t-tabel sebesar 11,737 > 2.02439. berdasarkan R Square menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswa dipengaruhi sebesar 77,3% dalam penelitian ini dan sebesar 22,7% dipengaruhi oleh variabel dari luar penelitian.

 

Kata Kunci: E-learning, Motivasi Belajar.

 

Abstract

 

E-learning is a learning process that utilizes the sophistication of a technology which in the learning process is done online. Online learning there are tools that can be used by students and lecturers in learning activities such as communication and interaction activities, conducting questions, asking lecturers or vice versa, and responding to statements  from friends. With this complate tools, it will provide comfort for students and lecturers in the teaching and learning process. The activities carried out certainly can reduce boredom for students so that their motivation to learn increases. Based on the results of the study indicate there is an influence of e-learning on student motivation. This is indicated by the significance value of 0,000 which is less than 0,05 and the t-test value greather than t-table of 11, 737 > 2,02439. Based on R Square shows that student motivation is influenced by 77,3% in this study and 22,7% is influenced by variables from outside the study.

 

Keywords: E-learning, Learning Motivation

References


Augusty, F. 2014. Metodologi Penelitian. Undip Press. Semarang.

Balaji, R., Al-Mahri, F., & Malathi, R. 2016. A Perspective Study on Content Management in E-Learning and M-Learning. eprint arXiv:1605.02093. Retrieved from http://arxiv.org/abs/1605.02093

Chang, N. C., and Chen, H. H. 2015. “A motivational analysis of the ARCS model for information literacy courses in a blended learning environment”, Libri, 65(2), 129-142.

Soekartawi. 2003. Prinsip Dasar e-Learning: Teori dan Aplikasinya di Indonesia. Jurnal Teknodik, Edisi Vol 7 No.12.

Uno, H. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.

Yamin, H. M. 2009. Srategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada.




DOI: https://doi.org/10.32528/justindo.v5i2.3469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dimas Anditha Cahyo Sujiwo, Qurrota A'yun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats