Kajian Evaluasi Sistem Drainase Perkotaan (Studi Kasus : Dusun Krajan, Kelurahan Ambulu, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember)

Arisda Maryama Santikanuri, Nanang Saiful Rizal, Adhitya Surya Manggala

Abstract


Drainase adalah lengkungan atau saluran air di permukaan atau di bawah tanah, baik yang terbentuk secara alami maupun dibuat manusia. Dalam bahasa Indonesia, drainase bisa merujuk pada parit di permukaan tanah atau gorong – gorong dibawah tanah. Drainase berperan penting untuk mengatur suplai air demi pencegahan banjir. Drainase mempunyai arti mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan air. Di Dusun Krajan, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember lebih tepatnya Jl A Yani sering terjadi banjir yang dapat mengganggu pengguna jalan. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasisistem drainase yang berada pada Jalan A Yani. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari 43 jumlah saluran yang berada pada kriteria baik hanya 10 saluran saja dengan menggunakan kala ulang 2 tahun dan penampang saluran tidak dapat menampung debit. Sehingga tinggi air melebihi penampang eksisiting yang dianalisa menggunakan aplikasi HEC-RAS. Dengan bobot nilai kinerja sistem drainase untuk eksisiting sebesar 23,3 %.

Kata Kunci: Drainase, saluran, penampang, debit.

Full Text:

PDF

References


Afrinanda, Adha. 2019. Tinjauan Perencaan Drainase alan Karya Wisata Kecamatan Medan Johar.

Dinas tanaman pangan dan holtikultura Provinsi Jawa Barat, 2018, Manfaat drainase bagi tanaman dan lingkungan, [Internet]. [Diunduh tanggal: 08 September2021], tersedia pada:http://dkpp.jabarprov.go.id/berkas/download/578c36b9b8a31addd08d1824547c74f2.pdf

Luthfiyan, Zammy. 2014. Perencanaan Sistem Drainase Kota Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Surabaya: Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Manullang, Krisman Pebrian. 2018. Evaluasi Sistem Jaringan Drainase Jalan Raya (Studi Kasus Lingkungan Jalan Nusantara Raya Perumnas 3 Kota Bekasi). Jakarta: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta.

Maria, 2018, Sistem drainase Bangunan dan Gedung , [Internet]. [Diunduh tanggal : 08 September 2021], Tersedia pada: https://mariaproperti.co.id/sistem-drainase-bangunan-dan-gedung/

Nugraha, 2016, Evaluasi Sistem Drainase di Kawasan Jalan Medan-Binjai Km 15, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang.

Ni Komang Sri Kartika, 2018. Evaluasi Fungsi Saluran Drainase Terhadap Kondisi Jalan Gunung Rinjani Di Wilayah Kecamatan Denpasar Barat.

Permata Prasmewari, 2017, Perencanaan Drainase Jalan Lingkar Luar Barat Surabaya Tahap 3 (STA 4+000 Sampai Dengan STA 11+502,94).

Riman. (2011). Evaluasi sistem drinase perkotaan di kawasan kota metropolis Surabaya. J. Widya Teknika 19(2): 39-46.

Rizal, Nanang Saiful, (2014). Perencanaan Irigasi dan Bangunan Air. Jember : LPPM Universitas Muhammadiyah Jember.

Salim, Noor. 2018. Kajian Drainase Jalan Nasional Pada Areal Persawahan (Studi Kasus Jalan Nasional Jember-Tanggul).

Salim, Noor. Modul Drainase Kawasan. Jember

Suhardjono. (2013). Drainase Perkotaan. Malang: Universitas Brawijaya.

Suhardjono, 1984, Drainasi, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Malang.

Suripin, (2004). Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Yogyakarta: Andi Offset.

Vadlon, 2011, Kinerja Sistem Drainase.

Wesli, 2018, Drainase Perkotaan. Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.