Sistem Pengawasan Waktu Pemberian Nutrisi dan Suhu pada Tanaman Hidroponik Berbasis Internet of Things

Fajar Anggi Pambudi, Hardian Oktavianto, Taufiq Timur W

Abstract


Internet of Things yang dikenal dengan IoT merupakan sebuah konsep untuk menjalin komunikasi antar perangkat dengan menggunakan konektifitas jaringan internet, dan sistem pengawsan waktu pemberian nutrisi merupakan sebuah mikrokontroler yang dirancang untuk difungsikan sebagai pengingat waktu pemberian nutrisi pada tanaman hidroponik, sehingga dapat membantu petani atau pemilik hidroponik khususnya pemula untuk mengetahui waktu pembeian nutrisi tanaman, tanpa harus mengecek setiap saat, cukup dengan memantau notifikasi pada aplikasi telegram di smartphone. Pada penelitian ini sitem diuji hasil kefungsiannya dengan meletakkan sensor yang digunakan pada air yang telah dicampur nutrisi AB-Mix, kemudian dikontrol oleh modeul ESP8266 ke database dan telegram dengan teknologi Internet of Things. Sistem diuji dengan melakukan pengujian hasil output cairan nutrisi dan suhu pada sensor TDS Meter dan TDS EC Meter yang mana hasil disesuaikan dengan kebutuhan tanaman pakcoy yaitu nutrisi 500ppm-1200ppm dan suhu -30 C, masing masing diuji setiap 30 menit sekali selama 5 jam dengan output sebanyak 10 keluaran,

Kata Kunci : Internet of Things, Hidroponik, pakcoy.

Full Text:

PDF

References


Arafat, S.Kom, M.Kom. (2016). Sistem Pengamanan Pintu Rumah Berbasis Internet Of Things (IoT) Dengan ESP8266. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik “Tachnologia”. Universitas Islam Kalimantan.

Bahrin. (2017). Sistem Kontrol Penerangan Menggunakan Arduino Uno Pada Universitas Ichsan Gorontalo. Jurnal Ilmiah Volume 9 Nomor 3 Desember 2017. Universitas Ichsan Gorontalo.

Cokrojoyo, Anggiat., Andjarwirawan, Justinus., & Noertjahyana, Agustinus. (2017). Pembuatan Bot Telegram Untuk Mengambil Informasi dan Jadwal Film Menggunakan PHP. Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Karim, Syafei., Khamidah I, M., & Yulianto. (2021). Sistem Monitoring pada Tanaman Hidroponik menggunakan Arduino UNO dan NodeMCU. Buletin Poltanesa Vol. 22 No. 1. Politeknik Pertanian Negeri Samarinda.

Musa, Purnawarman., & M. Huda, N.A. (2018). Penerapan Sistem Pemantauan dan Pegaturan Cerdas Untuk Unsur Hara Pada Sistem Hidroponik NFT. https:doi.org/10.35760/eb.2019.v224i1.1852. Diakses pada 25 Agustus 2021.

Panduardi, Farisqi., & Haq, S, E., (2016) Wireless Smart Home System Menggunakan Raspberry PI Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi dan Terapan, Vol. 03, No, 01.

Suhardjono, H., & Guntoro, W. (2013). Pengaruh Komposisi Nutrisi Hidroponik dan Varietas terhadap pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakchoy (Brassica chinensis L,) yang ditanam Secara Hidroponik. Fakultas Pertanian Program Studi Agroteknologi, UPN., Veteran, Jawa Timur.

Sorongan, Erick., Hidayati, Qory., Priyono, Kuat (2018). ThingSpeak Sebagai Sistem Monitoring Tangki SPBU Berbasis Intenet of Things. JTERA-Jurnal Teknologi Rekayasa, Vol. 3, No. 2.

https://jtera.polteksmi.ac.id/index.php/jtera/article/view/121

Wisjhnuadji, T.W., & Fauzi, Irfan. (2017) Monitoring Ketinggian dan Suhu dalam Tangki Berbasis WEB menggunakan Arduino Uno & Ethernet Shield. ISSN :1693-9166.Jakarta selatan. Diakses 29 September 2021.

Zamora, Ronaldi., Harmadi., & Wildian. (2015) Perancangan Alat Ukur TDS (Total Dissolved Solid) Konduktivitas Secara Real Time. Jurnal Saintek Vol VII No. 1: 11-15. ISSN : 2085-8019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.