Analisis Kepuasan Peserta Terhadap Aplikasi Mobile JKN Menggunakan Impotance Performance Analysis

Asif Zinda Nihriroh, Deni Arifianto, Amalina Maryam Zakiyyah

Abstract


Mobile JKN merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan guna untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pelayanan administrasi seperti perubahan faskes, cek status kepesertaan, cek pembayaran, ketersediaan kamar rawat inap dan informasi lainnya, namun sampai sampai saat ini masih tercatat masih 13% dari total peserta BPJS Kesehatan Jember aktif yang masih mengakes aplikasi ini. Penelitian ini berisi untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap mobile JKN menggunakan metode Importance-Performance Analysis (IPA) dengan tujuan untuk mengetahui kualitas aplikasi mobile JKN dengan melakukan pengukuran terhadap variabel – variabel yang sudah atau belum sesuai dengan implementasi saat ini. Penelitian ini menggunakan 8 variabel diantaranya Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Condition, Trust, satisfaction, Behavioral Intention dan Use Behavior dan 28 dimensi. Tingkat kepuasan peserta tersebut dinilai dari penyebaran kuesioner pada peserta BPJS Kesehatan Jember. Dari hasil pengukuran dan pengujian terdapat 6 variabel dan 7 dimensi yang harus diperioritaskan organisasi untuk mengembangakan aplikasi mobile JKN serta rata-rata tingkat kesesuaian sebesar 65,98% berada pada kategori “Puas”.

Kata kunci : Mobile JKN, BPJS Kesehatan , Importance-Performance Analysis (IPA)

Full Text:

PDF

References


Buangin, M. B. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif, 1–4.

Suhendra, A., & Prasetyanto, D. W. I. (2016). Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Trans Metro Bandung Koridor 2 Menggunakan Pendekatan Importance-Performance Analysis, 2(2).

Trie, H., & Sudina. (2015). Analisis Penerapan Model UTAUT (Unified Theory of Acceptance And Use Of Technology) (Studi kasus : Sistem Informasi Akademik pada STTNAS Yogyakarta), 180, 165–180.

Taluke, D., Lakat, R. S. M., & Sembel, A. (2019). ISSN 2442-3262 Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 6(2), 531–540.

Bpjs-kesehatan.go.id, 2020. Sejarah Perjalanan Jaminan Sosial di Indonesia [Online] (Updated 02 Desember 20220) https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs. (Diakses Pada Tanggal 20 Januari )


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.