Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Pada Simpang Tiga Mayang Jember

Mardiana Vimbri Astuti, Taufan Abadi, Rofi Budi Hamduwibawa

Abstract


Persimpangan adalah suatu daerah dimana dua atau lebih ruas jalan bergabung, berpotongan atau bersilangan dimana terjadi konflik lalu lintas. Simpang Mayang merupakan simpang dengan tiga lengan yaitu Jl. Nasional III, Jl. Kertanegara. Merupakan simpang dengan pertumbuhan yang tinggi serta arus lalu lintas yang kompleks serta menimbulkan kemacetan. Berdasarkan geometri simpang dan tidak adanya rambu lalu lintas menyebabkan kendaraan saling mendahului. Masalah ini dirasakan pada jam-jam sibuk, yaitu antara 06.15-07.15 wib. Perlu dilakukan analisis kinerja melihat masalah yang terjadi. Kondisi lalu lintas di Mayang diperoleh derajat kejenuhan (DJ) sebesar 0,39 yang merupakan tingkat pelayanan B. Tundaan yang terjadi adalah 21,59 detik/skr dan probabilitas antrian sebesar 7,38%-18,39% dengan panjang antrian 13 meter dan untuk tahun berikutnya dengan laju pertumbuhan naik 5% derajat kejenuhan diperoleh sebesar 1,97 yaitu Tingkat pelayanan F, tundaan 21,82 s/c, dan probabilitas antrian adalah 17,84%-42,94% dengan antrian 23 m. Alternatif pertama untuk 5 tahun ke depan di simpang Mayang adalah dengan menganalisis hambatan samping, sehingga derajat kejenuhan simpang menjadi 0,99 tingkat pelayanan E, sedangkan alternatif kedua adalah penerapan alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) selama 3 fase dengan waktu siklus 12 detik untuk rata-rata tundaan simpang datar menjadi 11,68 detik/skr termasuk tingkat pelayanan B.

Kata Kunci :Simpang, Derajat Kejenuhan, Tundaan


Full Text:

PDF

References


C, J., & B, K. (1997). Dasar- dasar Rekayasa Transportasi . Jakarta: erlangga.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2014). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Jakarta.

Rizna, Yuni (2020). Kajian Kinerja Lalu Lintas pada Simpang Tiga Mayang. Jember


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.