Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Buah Naga Menggunakan Metode Hybrid Case Based Berbasis Web

Kevin Reza Pratama, Deni Arifianto, Dewi Lusiana

Abstract


Tanaman buah naga merupakan tanaman yang memiliki manfaat yang banyak. Namun Sebagian besar masyarakat mengenal buah naga hanya terbatas pada rasanya yang manis kandungan airnya yang menyegarkan, serta kenikmatannya pada saat dijadikan sebagai bahan campuran minuman dingin. Banyaknya tanaman buah naga yang sering terserang penyakit dapat menurunkan hasil pada saat masa panen. Sehingga perlu adanya solusi dalam mengatasi masalah petani tanaman buah naga. Oleh karena itu peneliti mengusulkan sistem pakar dalam menangani permasalahan tersebut. Dengan sistem pakar ini dapat dengan mudah membantu para petani yang di daerahnya tidak ada seorang pakar dalam penganganan penyakit tanaman buah naga. Hybrid Case Based merupakan suatu kombinasi dari sistem yaitu Rule Based Reasoning (RBR) dan Case Based Reasoning (CBR). Namun kedua sistem tersebut sangat mungkin di gabungkan (hybrid) untuk mendapatkan sebuah sistem yang baik dengan gabungan kelebihan keduanya, serta untuk menutupi kekurangan masing-masing. Setelah melakukan pengujian dari 100 sampel data, hasil perhitungan mendapatkan nilai akurasi 92% dan nilai presisi 92%. Hal ini menunjukkan bahwa sistem pakar menggunakan metode hybrid case based dapat mengidentifikasi hama dan penyakit buah naga dengan baik.

 

Kata kunci :  Hama dan Penyakit Buah Naga, Sistem Pakar, Metode Hybrid Case Based


Full Text:

PDF

References


Arief, M. Rudyanto., 2011, Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MYSQL, Andi, Yogyakarta.

Bunafit, Nugroho, (2006), Membuat Aplikasi Sistem Pakar dengan PHP dan MySQL dengan Editor Dreamweaver, Ardana Media, Yogyakarta.

Faizal, E. (2015). Integrasi Case Based Reasoning dan Rule Based Reasoning Untuk Pengembangan Sistem Pendeteksi Dini Gangguan Tumbuh Kembang Anak. Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer STMIK El Rahma, 13.

Ginting, N. B., Ginting, G., &Silalahi, N. (2019). Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Sampar Menggunakan Metode Hybrid Case Based. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 3(1), 65-71.

Hapipuddin, H., & Syahrizal, M. (2020). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pelagra Menerapkan Metode Hybrid Case Based. Journal of Information System Research (JOSH), 2(1), 35-39.

Irfandi, M. A., Romadhony, A., &Saadah, S. (2015). Implementasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi Dan Mulut Menggunnakan Metode Hybrid Case Based dan Rule Base Reasoning. In Indonesia Symposium On Computing (pp. 219-225).

Winarsih, S. (2007). Mengenal dan Membudidayakan Buah Naga. Semarang: CV Aneka Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.