Pengaruh Variasi Sudut Pahat Terhadap Kekasaran Permukaan Material Baja St-42

Zakiyul Faudzana, Nely Ana Mufarida, Mokh. Hairul Bahri

Abstract


Mesin bubut merupakan salah satu mesin yang digunakan pada proses produksi suatu bahan atau produk, di dalam industri permesinan otomotif, mesin bubut berperan dalam pembuatan komponen-komponen kendaraan, seperti mur, baut, roda gigi, poros, dan tromol. Pada proses pembubutan perlu diperhatikan beberapa aspek untuk memperoleh hasil pembubutan yang maksimal antara lain pahat, kondisi mesin, pendingin dan material benda kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mancari sudut potong terbaik terhadap hasil kekasaran permukaan material baja ST-42. Variasi sudut potong yang digunakan 450, 600, dan 900 dengan kedalaman potong 0,5 mm dan putaran spindel 140rpm. Hasil pengujian kekasaran permukaan terbaik pada sudut potong 900 dengan kedalaman potong 0,5 mm mendapatkan nilai kekasaran permukaan 3.1 µm. Hasil pengujian kekasaran permukaan terendah pada sudut potong 450 dengan kedalaman potong 0,5 mm mendapatkan nilai kekasaran permukaan 12,2 µm.

 

Kata Kunci: Mesin Bubut, Sudut Potong, Kedalaman Potong, Kekasaran Material.

Full Text:

PDF

References


Susarno, A. (2018). Studi pengaruh sudut potong pahat hss pada proses bubut dengan tipe pemotongan orthogonal terhadap kekasaran permukaan. Jurnal Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–14.

Rochim, Taufiq, 2019, Teori dan Teknologi Proses Pemesinan, Higher Education Development Support, Jakarta.

Faizal. (2014). Pengaruh Jenis Pahat, Jenis Pendinginan Dan Kedalaman Pemakanan Terhadap Kerataan Dan Kekasaran Permukaan Baja St 42 Pada Proses Bubut Rata Muka. Teknik Mesin, 3(1), 23–32.

Mujib. (2018). Pengaruh Sudut Pahat Bubut ( Side Rake Angle ) Terhadap Kekasaran Permukaan Baja St 42 Pada Proses.

Husein, S. (2015). Pengaruh Sudut Potong Terhadap Getaran Pahat Dan Kekasaran Permukaan Pada Proses Bubut Mild Steel St 42. Teknik Mesin Universitas Jember, 31–38.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.