Perkuatan Struktur Dengan Menggunakan Bangunan Krib dan Rip-Rap Dengan Menggunakan Aplikasi Hec-Ras pada Tikungan Sungai Kalijompo Kabupaten Jember

Vita Sania Octavia, Totok Dwi Kuryanto, Ilanka Cahya Dewi

Abstract


Sungai Jompo merupakan saluran primer yaitu saluran yang membawa air dari bangunan utama ke saluran sekunder dan petak-petak yang dialiri. Sungai Jompo berhulu di Pegunungan Iyang Argopuro dan berakhir di laut selatan. Pada sungai dengan kecepatan arusnya tinggi tentu akan menimbukan erosi yang terjadi di tebing sungai maupun di dasar sungai, oleh kerana itu diperlukan suatu bangunan pelindung (Peraturan Pemerintah, 1991). Tikungan sungai merupakan tempat yang sangat riskan terjadinya gerusan pada tebing maupun kaki tebing sungai. Gerusan yang terjadi dapat mengurangi stabilitas tebing sungai sehingga dapat membahayakan lingkungan yang ada pada bantaran sungai tersebut. Salah satu cara untuk menanggulangi permasalahan tersebut yaitu dengan membangun suatu struktur bangunan yang bisa mengarahkan aliran arus sungai supaya tidak terlalu keras membentur tikungan sungai kalijompo jember. dari hasil perhitungan didapat tinggi bangunan krib sebesar 4,75 meter dengan lebar 0,69 meter. Dengan menggunakan pondasi tiang pancang setinggi 2,50 meter. Perhitungan dikakukan berdasarkan data sekunder salah satunya dari hasil HEC-RAS. Hasil dari perencanaan tersebut telah diuji dengan menggunakan aplikasi software SAP 2000 dan mendapatkan hasil yang aman untuk diterapkan.

Keywords: Krib, Rip-Rap, Tiang Pancang, Hec-RAS, SAP 2000

Full Text:

PDF

References


Somi, Novita. 2020. “Analisis Hidrologi Dan Hidrolika Pada Saluran Drainase Ambaruko Plaza Menggunakan Program HEC-RAS” Equilib Volume 01 (pp. 141-151). Pangkalpinang: Institut Teknologi Nasional Yogyakarta.

Yansyah, Ardi Riyo. 2015. “Analisa Hidrologi dan Hidrolika Saluran Drainase Box Culvert di Jalan Antasari Bandar Lampung Menggunakan Program HEC-RAS” JRSSD Volume 03. Lampung: Universitas Lampung.

Sihotang, Rico. 2011. “Analisis Banjir Rancangan Dengan Metode HSS Nakayasu Pada bendungan Gintung” Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur dan Sipil) volume 04. Depok: Universitas Gunadharma.

Benyamin, A. Elshinta. 2017. “Perkuatan Tebing Menggunakan Bronjong Di Sungai Manikin”. Jurnal Teknik Sipil Volume 06. Kupang: Universitas Nusa Cendana.

Somi, Novita. 2020. “Analisis Hidrologi Dan Hidrolika Pada Saluran Drainase Ambaruko Plaza Menggunakan Program HEC-RAS” Equilib Volume 01 (pp. 141-151). Pangkalpinang: Institut Teknologi Nasional Yogyakarta.

Harlisa, Pipin Sepriani. 2020. “Perencanaan Bangunan Krib Untuk Mencegah Bahaya Erosi di Tebing Sungai Seruyan” Jurnal Teoritis dan Terapan Bidang Keteknikan Volume 03 (107-115). Palangka Raya: Universitas Palangka Raya.

Setyono, Erwanan. 2007. “Krib Impermeabel Sebagai Pelindung Pada Belokan Sungai (Kasus Belokan Sungai Brantas Di Depan Lab. Sipil UMM)” Media Teknik SIpil Volume 05. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Istiarto. 2014. Simulasi Aliran 1 Dimensi Dengan Bantuan Paket Program Hidrodinamika HEC-RAS. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Kurniawan, Irwan. 2019. “Desain Bronjong Untuk Perkuatan Tebing Pada Hilir Jembatan Moncongloe Di Sungai Jenelata Kabupaten Gowa”. Skripsi. Fakultas Teknik. Jurusan Teknik Pengairan. Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar.

Harianto, Firman. 2020. “Studi Pengaruh Bangunan Krib Tipe Permeabel Terhadap Perubahan Dasar Saluran Pasir (Studi Experimental)”. Skripsi. Fakultas Teknik. Jurusan Teknik Pengairan. Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar.

Satrio, Muliawan Eko. 2004. “Analisis Penggunaan Krib Bronjong Untuk Pengalihan Aliran Dengan Menggunakan Paket Program HEC-RAS Versi 3.0”. Skripsi. Fakultas Teknik sSipil dan Perencanaan. Jurusan Teknik Sipil. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Rahmat, Abdullah Nur. 2015. “Perencanaan Bangunan Pengarah Aliraan (Krib) Pada Sungai Jelarai Kec.Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Timur”. Skripsi. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Jurusan Teknik Sipil. Instiktut Teknologi Sepuluh November. Surabaya.

Uwais, Muhammad Rizqi. 2018. “Analisa Scouring Pada Bagian bawah Jembatan, Pada Rencana Sudetan Kali tanggul, jember, Jawa Timur”. Skripsi. Fakultas Teknik Sipil, Lingkungan, dan Kebumian. Jurusan Teknik Sipil. Instiktut Teknologi Sepuluh November. Surabaya.

Robydiansah. 2018. “Kajian Ulang Stabilitas Geser dan Guling Parafet di Sungai Grindulu Kabupaten Pacitan”. Skripsi. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.