Penerapan Metode Cosine Similarity Untuk Meningkatkan Kinerja K-Means Pada Pengelompokan Wilayah Penanganan Covid Di Dki Jakarta

Almanda Nosra, Deni Arifianto, Miftahur Rahman

Abstract


Fenomena Covid-19 telah menggemparkan dunia, Indonesia adalah salah satu negara dimana masyarakatnya terdampak dari virus tersebut. Pada penelitian ini  dilakukan klasterisasi epidemi virus Covid-19 di DKI Jakarta. kota tersebut di pilih berdasarkan angka kasus tertinggi di Indonesia. Alasan dilakukannya klasterisasi ini berkaitan dengan mengelompokkan kasus persebaran covid di daerah-daerah DKI Jakarta dimana nantinya akan dilakukan untuk menentukan penanganan Covid-19. Menerapkan teknik data mining. Pengelompokan didasarkan pada nomor parameter dirawat, sembuh, meninggal dan isolasi mandiri. Metode K-Means dan metode Cosine Similarity, dan diuji dengan metode DBI (Davies Bouldin Index) dengan menghitung tingkat  perhitungan DBI dengan menggunakan metode K-Means tanpa cosine dan tingkat  perhitungan DBI dengan menggunakan metode K-Means cosine. Penerapan teknologi data mining. Pengelompokan didasarkan pada nomor parameter. Pengklasteran dilakukan berdasarkan penyebaran kasus terbanyak di provinsi DKI Jakarta. Hasil perhitungannya adalah Tingkat perhitungan nilai DBI yang paling baik dengan menggunakan metode K-means cosine Similarity, karena nilai yang diperoleh rendah, yaitu diperoleh nilai DBI (Davies Bouldin Index) terkecil pada cluster 9 yaitu sebesar -5.527. Sedangkan nilai DBI terbesar  pada 2 cluster dengan nilai -2.282.

 

Kata kuncii : Covid 19 DKI Jakarta, Data Mining, K-means cosine similarity


Full Text:

PDF

References


Achmad Solichin, A, Khairunisa, K. (2020). Klasterisasi Persebaran Virus Corona (Covid-19) Di DKI Jakarta Menggunakan Metode K-Means.

Alfina, Tahta. Et al, (2020) “Analisa Perbandingan Metode Hierarchical Clustering, K-Means dang Gabungan Keduanya dalam Cluster Data, “Jurnal Teknik ITS. Vol. 1, ISSN : 2301-9271.

Aria, Pingit. (7 april 2020). Globalisasi dan Rantai Pasok Dunia yang Terkunci Pandemi Covid-19.

Amelia Ayu Anggraini 1 Lutfi Ali Muharom, S. Si, M. si2 (2017) PENGELOMPOKAN KECAMTAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTER.

Cahyo, M. U, Anggraini, L. B, Maria Andini c , Hesti Retnosari d, M. Anas Nasrulloh e (2021). Penerapan metode K-means clustering data COVID-19 di Provinsi Jakarta.

Davies, D. L.; Bouldin, D. W. "A Cluster Separation Measure", IEEE Transactions on Pattern Analysis and Machine Intelligence (2): 224, 1979.

Nurjanah, M. Hamdani. Dan Astuti, I. Fitri. 2013. Penerapan Algoritma Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF) untuk Text Mining. Jurnal Informatika Volume 8, Nomor 3.

Noviyanto 2020, Penerapan Data Mining dalam Mengelompokkan Jumlah Kematian Penderita COVID-19 Berdasarkan Negara di Benua Asia.Paradigma – JurnalInformatikadanKomputer, Vol. 22, No. 2 September 2020

Rahimi Fitri1, Arifin Noor Asyikin2, Jurnal POROS TEKNIK, Volume 7 No.2, Desember 2015 : 54-105, APLIKASI PENILAIAN UJIAN ESSAY OTOMATIS MENGGUNAKAN COSINE SIMILARITY.

S. Christina, “Kinerja Cosine Similarity dan Semantic Similarity dalam Pengidentifikasian Relevansi Nomor Halaman pada Daftar Indeks Istilah,” di Sentika, 2014.

Windha Mega Pradnya Dhuhita 2020, Sistem Informasi STMIK AMIKOM Yogyakarta Ring Road Utara Condong Catur Sleman Yogyakarta 55283.

X. Wu et al., “Top 10 algorithms in data mining,” in Knowledge and Information Systems, 2008, vol. 14, no. 1, hal. 1–37.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.