Analisa Perbandingan Metode DMA dan DES (HOLT) Dalam Peramalan Harga GKP Ditingkat Petani

Virda Desiyanti, Yeni Dwi Rahayu, Reni Umilasari

Abstract


Gabah merupakan komoditas strategis dalam menentukan volume beras. Pada umumnya petani menjual gabah setelah panen dalam keadaan kering kepada penggiling padi dan tidak menutup kemungkinan harga jual gabah lebih murah dari harga yang seharusnya sehingga petani dapat mengalami kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan metode peramalan Double Moving Average dan Double Exponential Smoothing (Holt) dengan menggunakan data  harga gabah kering panen di tingkat petani. Evaluasi Kinerja metode peramalan dilakukan dengan membandingkan nilai MAPE, MAD dan RMSE pada metode peramalan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kinerja metode Double Exponential Smoothing (Holt) dengan konstanta α (0,9) dan β (0,6) lebih bagus dalam meramalkan data harga gabah kering panen dibandingkan  metode Double Moving Average dengan ordo 2. Berdasarkan hasil penghitungan  metode Double Exponential Smoothing (Holt) pada konstanta α (0,9) dan β (0,6) dihasilkan MAPE = 3,31, MAD = 155,55 dan RMSE = 206,64.

 

Keywords : Peramalan, Double Moving Average, Double Exponential Smoothing (Holt).

Full Text:

PDF

References


Anggrainingsih, Rini, Alfath Prabanuadhi, dan Sarngadi Palgunadi Yohanes. “Forecasting the Number of Patients at RSUD Sukoharjo Using Double Exponential Smoothing Holt”. Proceeding - 2018 International Conference on ICT for Rural Development: Rural Development through ICT: Concept, Design, and Implication, IC-ICTRuDEv 2018 54–58. 2018.

Buana, Dirga, dan Anik Suwardani. “Transmisi Harga Gabah Terhadap Harga Beras : Tinjauan Arah, Besaran dan Lama

Perubahan”. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian 13(1):92–98. 2020.

Simanjuntak, Josua Fernando, Agnes Prawita Sari, dan Aulia Nada Syahputri. “Implementasi Fuzzy Tsukamoto Dalam Menentukan Harga Gabah Pada Petani”. Brahmana : Jurnal Penerapan Kecerdasan Buatan 1(2):121–25. 2020.

Sarumaha, Demonius. “Penerapan Metode Double Moving Average Untuk Memprediksi Penjualan Tiket Kereta Api”. 2021.

Ariyanto, Rudy, Dwi Puspitasari, dan Fifi Ericawati. “Penerapan Metode Double Exponential Smoothing Pada Peramalan Produksi Tanaman Pangan”. Jurnal Informatika Polinema 4(1):57. 2017.

Maknunah, Jauharul. “Analisis Perbandingan Double Moving Average Dan Holt’s Model Penerimaan Anggota Baru Koperasi ‘SBW’ Jawa Timur”. Jurnal Ilmiah Komputasi 18(4). 2019.

Fahlevi, Achmad, Fitra A. Bachtiar, dan Budi Darma Setiawan. “Perbandingan Holt ’ s Dan Winter ’ s Exponential Smoothing Untuk Peramalan Indeks Harga Konsumen Kelompok Transportasi , Komunikasi Dan Jasa Keuangan”. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 2(12):6136–45. 2018.

Muhammad, Malim. “Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto Dengan Metode Time Invariant Fuzzy Time Series”. Matematika Jurnal 3(2):48–58. 2016.

Hakimah, Maftahatul, Weny Mistarika Rahmawati, dan Andre Yuldian Afandi. “Pengukuran Kinerja Metode Peramalan Tipe Exponential Smoothing Dalam Parameter Terbaiknya”. Network Engineering Research Operation 5(1):44. 2020.

Ahmad, Fandi. “ Penentuan Metode Peramalan Pada Produksi Part New Granada Bowl ST Di PT.X ". Jurnal Integrasi Sistem Industri 7(1):31–39. 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.