Penerapan Forward Chaining Dalam Certainty Factor Untuk Mendiagnosa Ibu Hamil

Sandi Ghulam Ahmad, Deni Arifianto, Wiwik Suharso

Abstract


Makna kehamilan merupakan siklus yang dimulai dengan datangnya sel telur yang akan membentuk sel telur yang kemudian bertemu dengan sperma.keduanya menyatu untuk membentuk sel yang akan berkembang. Interaksi kehamilan adalah titik di mana seorang wanita membawa organisme baru ke dalam tubuhnya.Banyak ibu hamil yg menyepeIekan penyakit-penyakit ringan misalnya pusing, mual-mual, atau gatal-gatal sebagai akibatnya membuatnya malas buat berkonsuItasi ke dokter ataupun ahIinya, hal ini tentu saja merugikan ibu hamil  yg bisa mengakibatkan terjadinya kerancuan diagnosis. metodelogi yang dapat digunakan dalam system pakar  adalah forward chaining dan Certainty factor, Teknik forward chaining adalah sekumpulan kenyataan dengan mencari keputusan yang sesuai dengan anggapan/teori yang ada menuju tujuan, dan Certainty Factor adalah strategi yang mencirikan proporsi keyakinan terhadap kenyataan atau aturan untuk menggambarkan keyakinan spesialis dalam masalah saat ini.Dengan memakai sistem pakar, pengguna hanya perlu menentukan tanda-tanda-tanda-tanda yg dirasakan, dan sistem akan memproses beberapa tanda-tanda yg sudah dipilih, lalu sistem akan menaruh output yg sinkron menggunakan diagnosa dokter. Dari pembahasan diatas penulis mengangkat tema yaitu: “Penerapan forward chaining dalam certainty factor untuk mendiagnosa ibu hamil”

 

Kata Kunci :Ibu hamil, Sistem Pakar, Forward chaining, Certainty factor.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S dan Fithriasari, K. (2016). “Klasifikasi Berita Online Menggunakan Metode Support Vektor Machine dan K-Nearest Neighbour”. JURNAL SAINS DAN SENI ITS, Vol. 5 No. 2. Institut Teknologi Sepuluh November.

Anggrawan, A., Satuang, S., & Abdillah, M. N. (2020). Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Ayam Broiler Menggunakan Forward Chaining dan Certainty Factor. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, 97-108.

Agusli, R., Iqbal, M., & Saputra, F. (2020). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Ibu Hamil Dengan Metode Certainty Faktor Berbasis Web. Academic Journal of Computer Science Research, 2(1).

Putra, M. R. F. (2018). RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA HAMA TANAMAN CABAI MENGGUNAKAN FORWARD CHAINING (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo).

Nurhayati, N., Arif, Y. W. T., & Hidayah, I. N. (2019). Analisis Tingkat Penerimaan Pengguna Terhadap Teknologi Sistem Informasi Rekam Medis Di PKUMuhammadiyah Karanganyar. SMIKNAS, 258-268.

Guntur, G., & Merlina, N. (2016). Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan pada Mesin Pendingin Ruangan dengan Metode Forward Chaining. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 12(1), 102-108.

Sihotang, H. T. (2018). Sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit pada tanaman jagung dengan metode bayes. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1).

Silitonga, D. V., & Budiharto, W. (2015). An expert system of measurement of individual knowledge for teeth treatment. International journal of software engineering and its applications, 9(4), 11-18.

Tansil, V. Y. (2014). Pembangunan Aplikasi Sistem Pakar Pendeteksi Penyakit Umum pada Kucing Berbasis Android (Doctoral dissertation, UAJY).

Verina, W. (2015). Penerapan Metode Forward Chaining untuk Mendeteksi Penyakit THT. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 1(2), 123-138.

Nurgiyatna, S. T. (2017). Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Pada Perokok Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Web (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.