Penerapan Data Mining Untuk Klasifikasi Gaya Belajar Siswa Menggunakan Algoritma C4.5

Dinda Novita Sari, Hardian Oktavianto, Ilham Saifudin

Abstract


Data mining merupakan serangkaian proses yang digunakan untuk mendapatkan informasi yang berguna dari database yang besar. SMP Negeri 2 Mayang merupakan Sekolah Menengah Pertama yang ada di kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Pada proses pembelajaran di SMP Negeri 2 Mayang, masih banyak murid yang tidak fokus atau tidak memiliki keinginan untuk belajar. Kemungkinan besar ketidak cocokan gaya belajar dan metode belajar yang guru berikan. Oleh karena itu, penulis melakukan analisis data mining terhadap data murid agar data tersebut dapat berubah menjadi informasi yang berharga bagi murid dan guru di SMP Negeri 2 Mayang. Penulis menggunakan hasil data kuisioner pada siswa-siswi kelas 8 & 9 sebanyak 138 data siswa-siswi. Dalam melakukan analisis ini, penulis menggunakan tools Weka dengan algoritma C4.5 dengan 6 atribut. Perhitungan menggunakan metode cross validation menghasilkan rata-rata nilai Correctly Classified Instances 80,03% dan Incorrectly Classified Instances 19,97%. Berdasarkan hasil evaluasi menggunakan algoritma C4.5 gaya belajar pada siswa berpengaruh dengan cara mengingat dan hobi pada masing-masing siswa.

Kata kunci : Data mining, Algoritma C4.5, Gaya Belajar


Full Text:

PDF

References


Atmaja, K. J., Anandita, I. B. G., & Dewi, N. K. C. (2018). Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Potensi Pendonor Darah Menjadi Pendonor Tetap Menggunakan Metode Decision Tree C.45. S@Cies, 7(2), 101–108. https://doi.org/10.31598/sacies.v7i2.284

Azwanti, N. (2018). Analisa Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Penjualan Motor Pada Pt. Capella Dinamik Nusantara Cabang Muka Kuning. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 13(1), 33. https://doi.org/10.30872/jim.v13i1.629

Elisa, E. (2017). Analisa dan Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Data Mining Untuk Mengidentifikasi Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja Kontruksi PT.Arupadhatu Adisesanti. Jurnal Online Informatika, 2(1), 36. https://doi.org/10.15575/join.v2i1.71

Ginanjar, A. R. (2019). Sistem Deteksi Jenis Cacat Biji Kopi dengan Algoritma K-Nearest Neighbor PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA.

Informasi, J. S., & Informatika, J. T. (2005). definisi datamining. 2–4.

Kadir, F., Permana, I., & Qalby, N. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika Sma Pgri Maros. Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 3(1), 91–95. https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.538

Lukhayu Pritalia, G. (2018). Penerapan Algoritma C4.5 untuk Penentuan Ketersediaan Barang E-commerce. Indonesian Journal of Information Systems, 1(1), 47–56. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i1.1727

Novianti, T., & Santosa, I. (2016). PENENTUAN JADWAL KERJA BERDASARKAN KLASIFIKASI DATA KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE DECISION TREE C4.5 (Studi Kasus Universitas Muhammadiyah Surabaya). Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 5(1), 1. https://doi.org/10.31504/komunika.v5i1.633

Nugraha, P. G. S. C., Aribawa, I. W., Priyana, I. P. O., & Indrawan, G. (2016). Penerapan Metode Decision Tree(Data Mining) Untuk Memprediksi Tingkat Kelulusan Siswa Smpn1 Kintamani. Seminar Nasional Vokasi Dan Teknologi (SEMNASVOKTEK), 35–44.

Prayoga, N. D. (2018). Penerapan Algoritma C.45 Dalam Memprediksi Kelulusan Tepat Waktu Pada Perguruan Tinggi (Studi Kasus : Stmik Royal Kisaran). https://doi.org/10.31227/osf.io/unqt4

Rani, L. N. (2016). Klasifikasi Nasabah Menggunakan Algoritma C4.5 Sebagai Dasar Pemberian Kredit. INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 1(2), 126. https://doi.org/10.35314/isi.v1i2.131


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.