Evaluasi Kinerja Jalan Hayam Wuruk Jember Akibat Pembangunan Toko “Depo Bangunan”

Viki Try Bahtiar, Rofi Budi Hamduwibawa, Adhitya Surya Manggala

Abstract


Salah satu hasil dari kebijakan investasi perdagangan di Kabupaten Jember adalah pembangunan toko depo pembangunan bahan bangunan, yang berada di jalan hayam wuruk  jember. Unjuk kerja ruas jalan raya dengan mengetahui volume kendaraan lalu lintas dengan kapasitas jaringan jalan, agar dapat menentukan analisa kinerja ruas jalan Level of service (LOS) adalah salah satu ukuran kinerja lalu lintas yang ada didalam Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997), dimana LOS bisa menjelaskan kondisi operasional dari fasilitas lalu lintas. Lingkup kajian analisa ini adalah jalan hayam wuruk, derajat kejenuhan,kapasitas,kecepatan bebas dan bangkitan tarikan, analis ini dilakukan pada tahun eksisting, saat beroperasi dan prediksi tahun 2026. Ukuran kinerja Jalan dapat diperkirakan untuk kondisi tertentu menurut faktor geometrik, lingkungan dan lalu lintas yaitu, Kapasitas (C), Derajat kejenuhan (DS), Diprediksikan dengan adanya penambahan jumlah bangkitan dan tarikan perjalanan serta dikonversikan dengan faktor petumbuhan kendaraan di kabupaten jember per-tahun, maka prediksi kinerja jalan hayam wuruk di tahun 2021 dengan V/C Rasio sebesar 0,366 smp/jam dengan tingat pelayanan B. Dan prediksi ditahun 2026 nilai V/C Rasio menjadi  0,574 smp/jam dengan tingat pelayanan C. Alternatif atau solusi di dalam meningkatnya kinerja jalan dengan simulasi menambah lebar jalan masuk Toko Depo dan menambah satuan ruang parkir di toko depo.

 

Kata Kunci : Derajat Kejenuhan, Kapasitas, Tingkat Pelayanan Jalan.


Full Text:

PDF

References


Abubakar.1990. Menuju lalu lintas dan angkutan jalan yang tertib. Jakarta: Puslitbang Jalan dan Jembatan.

BPS, 2019. Kabupaten Jember Dalam Angka 2019. Jember: Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember.

Dirjen Bina Marga, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta : PT. Bina Karya.

Dtrektorat Jenderal Perhubungan Darat, Departemen Perhuhungan RI.1996.Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jakarta.

Harianto, J. (2004). Perencanaan Persimpangan Tidak Sebidang Pada Jalan Raya. Sumatera Utara: Universitas Sumatera Utara.

Pignataro, Louis J. 1973. Traffic Engineering, theory andpractice. Prentice-Hall,Inc.United States of America BPSDM, Peraturan Menteri Pu 03/PRT/m/2019.

Muhlisin, 2016. Analisis Tarikan dan Bangkitan Perjalanan Akibat Pembangunan Mix-Used Plan.

Hamduwibawa,Rofi,Budi.Manggala,Adhitya,Surya.Dewi,Ilanka,Cahya.2017. Analisa kinerja Jalan Gajah Mada Akibat Bangkitan Perjalanan Mix-Used Plan Lippo Jember Icon.

Wahyuono.2017. Studi Kasus Simpang 4 Rogojampi Dan Ruas Jalan Lingkar Gitik.

Prastana,Oki,Indra,2026. Analisi Dampak Lalu Lintas Pembangunan SPBU Tanjung Wangi Banyuwangi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.