Pembobotan Kualitas Aplikasi Video Conference Berbasis Iso 25010 Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process

Eko Wahyudi, Wiwik Suharso, Reni Umalasari

Abstract


Pandemi virus corona (Covid-19) pertama kali ditemukan di negara China tepatnya di kota Wuhan pada bulan desember 2019 dan telah menyebar hingga 210 negara. Cara penyebarannya terjadi melalui udara, droplet, permukaan yang terkontaminasi dan limbah manusia. Pandemi (Covid-19) berdampak terhadap berbagai sektor kehidupan termasuk sektor pendidikan, dengan penutupan sementara sekolah dan perguruan tinggi. Sehingga proses pembelajaran tatap muka secara langsung dihentikan dan digantikan dengan proses belajar mengajar melalui pembelajaran daring menggunakan aplikasi video conference. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode ISO 25010 untuk menganalisa aplikasi video conference berdasarkan atribut dan sub atribut, sedangkan metode AHP untuk menentukan nilai bobot dari masing-masing atribut dan sub atribut ISO 25010. Sehingga memberikan rekomendasi aplikasi video conference berdasarkan atribut dan sub atribut yang telah di bobot dengan AHP menurut sudut pandang pengguna adalah atribut terpenting bagi mahasiswa adalah Compatibility dengan sub atribut terpentingnya Interoperability. Atribut terpenting bagi guru adalah Compatibility dan sub atribut terpentingnya Interoperability. Sedangkan atribut terpenting bagi masyarakat umum adalah Compatibility dan sub atribut terpentingnya Capacity.

 

Kata Kunci: AHP, Covid-19, Video Conference, ISO 25010, Pembelajaran daring.

Full Text:

PDF

References


Abdul Haris Rustaman, Efektivitas Penggunaan Aplikasi Daring, Video Conference Dan Sosial Media Pada Mata Kuliah Komputer Grafis 1 Di Masa Pandemi Covid-19. Vol. 4. No. 3 Juli 2020.

Firman, (2020). Pembelajaran Online Ditengah Pandemic Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science Volume 02, No 02 Maret 2020 , 82.

Harsiti, Saefudin, V., Rosalina. Prototype Sistem Pendukung Keputusan Penyelaksian Atlet Berprestasi Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP), Jurnal Sistem Informamsi (JSII), ISSN : 2406-7768 Volume 1 Agustus 2014.

ISO/IEC 25010:2011. Systems and software engineering. Systems and software Quality Requirements and Evaluation (SQuaRE). System and software quality models. Diakses dari Online Browsing Platform (OBP) https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:isoiec:25010:ed-1:v1:en pada 2 november 2020

Kemdikbud. (2016). Panduan penggunaan aplikasi video conference cisco webex. Jakarta: Dirjen dikdasmen- Direktorat PSMK.

K. Herryawan, Video Conference, Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Kriyantono, Rakhmat. 2010. Teknik Riset Komunikasi. Kencana: Jakarta.

Muhamad Harun, 2020. Evaluasi Kualitas Perangkat Lunak Pada Aplikasi Zoom Cloud Meeetings Untuk Pembelajaran Elearning.

Pachemska, Lapevski, Timovski, (2014), Analytical Hierarchical Process (AHP) Method Application In The Process of Selection And Evaluation, International Scientific Conference, Gabrovo.

Permadina Kanah Arieska1 & Novera Herdiani (2018). Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Vol. 6, No. 2, November 2018

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203.

Putri, M. K. (2011). ImplementasiELe arning pada SMA Negeri 2 Surakarta Menggunakan PHP dan Mysql (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rina Husnaini Febriyanti dan Hanna Sundari, Penerapan Penggunaan Platform Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Berbasis Daring. Vol. 2 No. 1 (Juni 2020): 17-27.

Riyanto, R., Aplikasi Live Video Conference Over IP Pada Jaringan CATV IT Telkom. Perpustakaan Institut Teknologi Telkom. [Online] 17 February 2009.

S Brahma, I. A. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi pada mahasiswa PPKN Di Stkip Kusumanegara Jakarta . Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal AKSARA , 97-98.

Saaty, T.L (1990), How to make a decision: The Analytical Hierarchy Process. In European Journal of Operational Reasearch.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, Prof. Dr. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi pembelajaran daring Untuk meningkatkan Mutu pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5 (1), 31–34.

Septiani Ayunda (2020, July 20). WHO Singgung 3 Tempat yang Mudah Tularkan Corona, Mana Saja. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5100339/who-singgung-3-tempat-yang-mudah-tularkan-corona-mana-saja UNESCO. (2020, April 13). COVID-19 Educational Disruption and Response. Dipetik April 13, 2020, dari UNESCO:

https://en.unesco.org/themes/educationemergencies/coronavirus-school-closures.

Nugroho, Setyo Rizal. (2020, Juni 29). Bagaimana Virus Corona Menyebar hingga 10 Juta Kasus di Dunia. www.kompas.com/tren/read/2020/06/29/193000765/bagaimana-virus-corona-menyebar-hingga-10-juta-kasus-di-dunia-?page=all (diakses tanggal 12 Juni 2021).

Septiani Ayunda. (2020,Juli 20). WHO Singgung 3 Tempat yang Mudah Tularkan Corona, Mana Saja. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5100339/who-singgung-3-tempat-yang-mudah-tularkan-corona-mana-saja (di akses tanggal 12 Juni 2021).

Veenendal, E. 2014. The new standard for software productquality. Testing Experience.

Wijasena. (2009). Video Conference Sebagai Sarana Komando dari https://wijasena.wordpress.com/?s=video+conference&searchbutton=go!


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.