Kajian Reklamasi Untuk Pembangunan Perumahan Nelayan Di Pantai Pancer Banyuwangi (Studi Kasus : Pantai Pancer, Banyuwangi)

Muhammad Nuru Ainul Arif, Noor Salim, Arief Alihudin

Abstract


Pantai pancer merupakan pantai yang terletak di Kabupaten Banyuwangi Jawa timur. Pantai pancer yang rencanya akan dibangun reklamasi untuk  perumahan penduduk yang diperlukan kondisi di lokasi keadaan tanah yang akan di reklamasi kesetabilan tanah agar tidak terjadi bahaya penurunan tanah yang mendapatkan SF sebesar kurang dari 2 dan juga diperlukan penelitian data sekunder dan primer mengenai pasang surut, angin, topografi dan bathimetry. Dari hasil yang di peroleh prediksi pasang surut mendapatkan nilai maximum 1,55 meter, nilai minimum -1,51 meter, untuk nilai elevasi pasang surut HWL +4,62 mLWS, MSL +3,07 mLWS, LWL +1,56 mLWS ,MHWL +3,85 mLWS, MLWL +2,32 mLWS, data angin sendiri yang digunakan untuk menentukan arah angin dominan dengan kecepatan maximum 11 knot (5,654 m/detik) dari arah tenggara, topografi daerah daratan rendah dan ketinggian yang terhampar sepanjang pantai dengan ketinggian antara 0 – 400 meter diatas permukaan laut, bathimetry untuk mengetahui kondisi gelombang dengan ketinggian 3,5 m

 

Keywords: Pantai Pancer  Kab. Banyuwangi, Kelautan, revetment, Pasang Surut, Gelombang, Reklamasi, Stabilitas Tanah.


Full Text:

PDF

References


Cempaka, A. (2012). PERENCANAAN PEMECAH GELOMBANG PELABUHAN PERIKANAN PONDOK MIMBO. Jember: Universitas Jember.

Fuad, M., Sambah, A., Isdianto, A., & Andira, A. (2016, Desember 6). Pemetaan batimetri sebagai informasi dasar untuk penempatan fish apartment di Perairan Bangsring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa

Timur. 5(3), 143-150.

Indriasari, V., Risandi, J., & Akhwady, R. (2016, Mei). KARAKTERISTIK DAN DAYA DUKUNG TANNAH UNTUK STRUKTUR PERLINDUNGAN PANTAI DI PANTAI KEDULUNGU, KABUPATEN TABANAN PROVINSI BALI. 5(3), 251-258.

Liunsanda, M., Mamoto, J., & Dundu, A. (2017, November). PERENCANAAN BANGUNAN PENGAMAN PANTAI DI PANTAI PAL KABUPATEN MINAHASA UTARA. 5, 613-623.

Mahardika, A., & Pratama, M. (2020, Desember). PENGUJIAN PEMADATAN TANAH METODE STANDARD PROCTOR DENGAN ALAT UJI PEMADAT STANDARD. Isu Teknologi, 15(2), 64-68.

Triadmodjo, B. (1999). Teknik Pantai. Yogyakarta: Beta Offset.

Triadmodjo, B. (2012). Perencanaan Bangunan Pantai. Yogyakarta: Betta Offset.

Triatmodjo, B. (2010). Perencanaan Pelabuhan. Yogyakarta: Beta Offset. Warman, R. S. (2019). KUMPULAN KORELASI PARAMETER GEOTEKNIK DAN FONDASI. Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.