Studi Tentang Dermaga Type Warf Untuk Pelabuhan Militer Di Pantai Banongan Kabupaten Situbondo

Ali Wafa, Noor Salim, Irawati Irawati

Abstract


Perencanaan dermaga militer adalah salah satu progam sarana dan prasarana, khususnya bidang pertahanan dan keamanan. Sampai dengan tahun 2021, Situbondo belum memiliki Dermaga yang dapat disandari KRI. Dihadapkan kondisi di atas maka diperlukan pembangunan fasilitas labuh dermaga yang memenuhi standar TNI AL. Dalam perencanaan dermaga sangat di pengaruhi oleh data teknik kepantaian antara lain, pasang surut, gelombang, angin, arus dan data batymetri. Dengan adanya permasalahan tersebut maka penulis akan melakukan analisis dalam bentuk Tugas Akhir yang berjudul “Studi Tentang Dermaga Type Warf Untuk Pelabuhan Militer Di Situbondo”. Kapal yang akan berlabuh adalah kapal KRI Klas Arun tipe tanker BCM 12.000 DWT sehingga membutuhkan panjang dermaga 353,4 m dan lebarnya 186,9 m. Hasil analisis pasang surut dan gelombang, diperoleh elevasi HWL adalah 2,92 m. Digunakan Jenis dermaga type warf. Untuk perhitungan strukturnya, dermaga ini menggunakan beton bertulang untuk struktur utamanya. Untuk pondasi, menggunakan tiang pancang tipe “ASTM A252 Spiral Welded Pipe” dengan dimensi 600 mm dan kedalaman pemacangan 13 m dan 15 m. Jenis fender yang digunakan adalah fender karet “V Seibu” dan bollard yang digunakan adalah bollard berkapasitas 100 ton.

Keywords: Analisis data, struktur, pondas, fender dan bollard.


Full Text:

PDF

References


Agung, Lucky Wahana dkk. 2016. ”Evaluasi Pemecah Gelombang (Breakwater) Pada Pelabuhan Perikanan di IPP (Instalasi Pelabuhan Perikanan) Pancer Kabupaten Banyuwangi”. Jember : Universitas Muhammadiyah Jember.

Mauluvi, Ayub Wildan dkk. 2016. ”Evaluasi Konstruksi Dermaga Pada Pelabuhan Perikanan di IPP Pancer Kabupaten Banyuwangi ”. Jember : Universitas Muhammadiyah Jember.

Soejono Kramadibrata, 2001. “Perencanaan Pelabuhan”. ITB, Bandung.

Bambang Triatmodjo, 1999. “Teknik Pantai”. Beta Offset, Yogyakarta.

Alonzo Def. Quinn, 1972. “Design and Construction of Port and Marine Structure”. hal 91

Salim, Noor. 2012. “Pelabuhan dan Dermaga I”. Jember : Universitas Muhammadiyah Jember.

Salim, Noor. 2012. “Pelabuhan dan Dermaga II”. Jember : Universitas Muhammadiyah Jember.

Faris Habiburrahman. 2017. “Perencanaan Layout Fasilitas Dermaga Refinery Pt. Xyz Berdasarkan Analisis Kondisi Hidrooseanografi Di Wilayah Situbondo, Jawa Timur”. Surabaya : Fakultas Teknologi Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Rizqi Maulana Wijaya, Purwanto, Priyo Nugroho, 2014. “Perencanaan Dermaga Pelabuhan Tanjung Bonang Rembang”. Universitas Diponegoro, Semarang.

Adita Utami, 2016. “Perencanaan Dermaga Island Berth Untuk Kapal Tanker 85.000 Dwt Untuk Loading Oil Product : Bbm Ron 85 Di Tersus Pt Badak Ngl, Bontang”. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Bambang Triatmodjo, 2009. “Perencanaan Pelabuhan”. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Badan Standarisasi Nasional, 2013. ”Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung. (SNI 2847-2013)”. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Gideon Kusuma, 1993. “Grafik Tabel Perhitungan Beton Bertulang”. Universitas Petra Surabaya.

Okol Sri Suharyo, 2017. “Model penentuan Lokasi Pangkalan Angkatan Laut Berbasis Sustainbilitas”. Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Abidin, Wiranto, Lukman, 2018. “Perencanaan Fender Dermaga” . Universitas Pakuan.

Hanifah Zahra, 2018. “Perencanaan Struktur Atas Dermaga General Cargo Tipe Pier Berkapasitas 10.000 Dwt” . Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.