Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Penerima Beasiswa Di Akademi Kebidanan Jember Dengan Metode Elimination Et Choix Traduisant La Realite (Electre)

Miftahul Khoir, Daryanto Daryanto

Abstract


Metode Elimination Et Choix Traduisant La Realite (ELECTRE) merupakan salah satu metode yang efektif untuk Multi Attribute Decision Making (MADM) dengan fitur kualitatif dan kuantitatif. Metode ELECTRE digunakan dalam penentuan calon penerima beasiswa agar program beasiswa tersebut tepat sasaran dan lebih adil melalui perangkingan alternatif-alternatif terbaik berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan yaitu Pendapatan Orang Tua (Wali), Jumlah Saudara, Indeks Prestasi, dan Catatan Khusus. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pemilihan Calon Penerima Beasiswa menggunakan metode ELECTRE pada Akademi Kebidanan ini dapat membantu pihak Yayasan dalam menentukan siswa penerima beasiswa dengan mengambil nilai tertinggi dari hasil perangkingan. Berdasarkan pengujian dengan sistem aplikasi yang menggunakan Metode Electre dan Manual, menunjukkan bahwa hasil keduanya terdapat kesamaan di 5 peringkat teratas. Perbedaan peringkat di bawahnya dikarenakan adanya penilaian subjektif dari tim pemilihan dan juga kelengkapan administrasi yang diserahkan oleh calon penerima beasiswa.

Kata Kunci : Metode Elimination Et Choix Traduisant La Realite, ELECTRE, Beasiswa, Sistem Pendukung Keputusan.

Full Text:

PDF

References


Adi, P, A. Andreswari, D. Susilo, B. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penerima Bantuan Pinjaman Samisake Dengan Metode Electre (Studi Kasus: LKM Kelurahan Lingkar Timur Kota Bengkulu). Bengkulu. Universitas Bengkulu.

Arief M Rudianto. 2011. Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. C.V ANDI OFFSET. Yogyakarta.

Asfi, Marsani, dan Purnamasari, Ratna. (2010). Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode AHP. Cirebon:STMIK CIC Cirebon.

Hwang, C.L. dan Yoon, K., (1981), Multiple Attribute Decision Making: Methods and Applications, Multi-Criteria Decisoion Making: An Application Study ofELECTRE&TOPSIS, 4, hal. 93124.

Marsani Asfi, Ratna Purnama Sari, 2010, Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode AHP, Jurnal Informatika

Nugroho, A. 2006. E-commerce. Informatika Bandung. Bandung.

Sparague, R. H. and Watson H. J. 1993. Decision Support Sistems: Putting Theory Into Practice. Englewood Clifts, N. J., Prentice Hall.

Salusu, J. 1996. Pengambilan Keputusan Strategik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit. Jakarta : Gramedia.

Turban, Efraim & Aronson, Jay E. 2001. Decision Support Sistems and Intelligent Sistems. 6th edition. Prentice Hall: Upper Saddle River, NJ.

Ziller, Annette, Michaela Worndl, and Andrea Bichler, 2008. Multi Criteria Decision Making


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.