Pengukuran Road User Satisfaction Index Pada Sistem Jalan KH. Wahid Hasyim Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Perkembangan jumlah pengguna jalan di Kabupaten Banyuwangi meningkat drastis dari tahun ke tahun, didorong oleh semakin berkembangnya kota Banyuwangi sebagai kota wisata. Peneliti membutuhkan data tentang tingkat harapan dan kepuasan pengguna jalan di Jalan KH. Wahid Hasyim, maka peneliti menggunakan metode survey yang menunjukkan beberapa temuan penting. Tingkat harapan pengguna jalan, yaitu: rata-rata tingkat harapan: 4,13 (kategori sangat tinggi), harapan tertinggi: keselamatan jalan (4,18) dan harapan terendah: kepentingan manajemen lalu lintas (4,08). Tingkat kepuasan pengguna jalan, yaitu; kepuasan terendah: dampak lingkungan (3,77) dan road user satisfaction index: 76,77, yang mengindikasikan bahwa pengguna jalan secara umum merasa puas terhadap keadaan jalan. Perbedaan antara harapan dan kepuasan, yaitu: rata-rata harapan: 4,13 dan rata-rata kepuasan: menggunakan indeks kepuasan 3,84. Ini menunjukkan bahwa meskipun pengguna jalan memiliki harapan yang sangat tinggi, tingkat kepuasan masih sedikit di bawah harapan mereka, terutama terkait dengan dampak lingkungan. Secara keseluruhan, pengguna jalan di Jalan KH. Wahid Hasyim Kabupaten Banyuwangi puas dengan kondisi jalan
Kata Kunci: Banyuwangi., Jalan KH.Wahid Hasyim., SPSS., Satisfaction Index., Road user.
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. 2001. Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Faisal, A., Mulyono, A. T., & Utomo, S. H. T. 2022. Kepuasan pengguna jalan terhadap pelayanan jalan provinsi di Kalimantan Barat. Jurnal HPJI (Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia), 8(1). 11-26.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS . Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Gunasti, Amri. 2019. Penilaian Kinerja Pengawas Pada Pekerjaan Dam/Bendung Kelorahan Desa Manggisan Kecamatan Tanggul Jember. Media Teknik Sipil Vol. 17 No.
Maulana, A., & Nugraha, F. A. 2019. Studi Mikrosimulasi Penilaian Kinerja Persimpangan Bersinyal Jalan Ir. H Juanda-Cikapayang. Jurnal Teknik Sipil: Jurnal Teoretis Dan Terapan Bidang.
Muchtar, C. 2010. Identifikasi Tingkat Kenyamanan Pejalan Kaki: Studi Kasus Jalan Kedoya Raya–Arjuna Selatan. Planesa, 1(2), 213026.
Permana, M. Z., Hamduwibawa, R. B., & Gunasti, A. 2024. Pengukuran Road User Satisfaction Index Jalan Jawa Kabupaten Jember. Sustainable Civil Building Management and Engineering Journal, 1(1). 30-30.
Priyatno. 2018. SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa Dan Umum, ISBN: 978-979-29-7172-9, Andi (Anggota IKAPI): Yogjakarta.
Puspitasari, D. E. 2010. Penataan pedagang kaki lima kuliner untuk mewujudkan fungsi tata ruang kota di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. Mimbar Hukum-Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, 22(3). 588-606.
Suhendra, A., & Prasetyanto, D. 2016. Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Trans Metro Bandung Koridor 2 Menggunakan Pendekatan Importance-Performance Analysis. RekaRacana: Jurnal Teknil Sipil, 2(2. 59–70.
Taufik, M. 2012. Kajian Aktivitas Pedagang Kaki Lima di Ruang Publik Kawasan Simpang Lima Pati. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota, 8(2). 138.
Widodo, A. 2013. Studi Tentang Kenyamanan Pejalan Kaki Terhadap Pemanfataan Trotoar Di Jalan Protokol Kota Semarang (Studi Kasus Jalan Pandanaran Semarang). Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan, 15(1), 1-12.
Arianto, S. B., & Heriwibowo, D. (2016). Evaluasi kebutuhan rambu lalu lintas pada ruas jalan perbatasan antara Kabupaten Bantul-Gading di GunungKidul, Yogyakarta. Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 18(1). 1-10.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.