Implementasi Market Basket Analysis (MBA) Menggunakan Algoritma FP-Growth Dalam Transaksi Penjualan
Abstract
Analisis keranjang belanja (MBA) adalah metode yang digunakan untuk mengidentifikasi pola pembelian yang sering terjadi di antara sejumlah produk yang dibeli bersama-sama oleh pelanggan. Implementasi memberikan wawasan berharga tentang preferensi pelanggan dan hubungan antara produk. Salah satu algoritma yang umum digunakan untuk MBA adalah FP Growth. Penelitian ini menerapkan analisis keranjang belanja menggunakan algoritma FP-Growth pada transaksi penjualan dari Unit Usaha Koperasi As-Sakinah Aisyiyah Jember. Data transaksi penjualan dari unit usaha koperasi tersebut digunakan sebagai studi kasus. Hasil analisis menampilkan asosiasi yang memberikan wawasan tentang kombinasi produk yang sering dibeli bersama. Implementasi ini menunjukkan keefektifan algoritma FP-Growth dalam mengidentifikasi pola pembelian yang signifikan. Hasil analisis memberikan wawasan yang berharga untuk mengoptimalkan penataan produk, strategi harga, dan promosi produk. Penelitian ini menunjukkan potensi analisis keranjang belanja dalam meningkatkan pemahaman tentang perilaku pembelian pelanggan dan meningkatkan kinerja bisnis.
Kata kunci : Analisis keranjang belanja, Market Basket Analysis, Algoritma FP-Growth, Transaksi Penjualan, Asosiasi Produk.Full Text:
PDFReferences
A’yun, Q., Yanuarti, R., & Sujiwo, D. A. C. (2021). Performance Analysis of Students Through Critical Thinking Ability Based on Mathematic Ability. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1), 23. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.2737
A’yun, Q., & Sujiwo, D. A. C. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Matematika Online. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 88–98. https://doi.org/10.31537/laplace.v4i1.466
Aldila, L., Fajar, M., & Rismayati, R. (2021). Rekomendasi Paket Menu Angkringan Waru Tanjung Bias Dengan Algoritma Frequent Pattern Growth Berbasis Web (Angkringan Waru Tanjung Bias Menu Package Recommendation With Web Based Frequent Pattern Growth Algorithm). JTIM: Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 3(2), 2715–2529.
Anas, A. (2020). Penerapan Algoritma Fp-Growth Dalam Menentukan Perilaku Konsumen Ghania Mart Muara Bulian. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 14(2), 120–129.https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2020.14.2.879
Andriani, & Nadia Dwi. (n.d.). Implementasi Algoritma Fp-Growth dalam Market Basket Analysis untuk Menganalisis Pola Belanja Konsumen Pada Data Transaksi Penjualan.
Ariwibowo, P., & Alhamidi, L. A. (2021). PKM Meningkatkan Produktivitas dan Manajemen Pemasaran Pada Koperasi Konsumen Bina Amanah Nirwana Sejahtera. Abdimas Dewantara, 4(2), 24–37.
Arta. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan di Braud Café Marketing Strategies in Improving Sales at Braud Cafe. Jurnal Mahasiswa Pariwisata Dan Bisnis.
Dzulkarnaen, R., & Kom, M. (2020). Perancangan Aplikasi Data Mining Market Basket Analysis pada Apotek Permata dengan Metode Hybrid-Dimension Association Rules. JOINT (Journal of Information Technology), Vol. No 02, 67–73.
Erwansyah, K. (2019). J-SISKO TECH Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD Implementasi Data Mining Untuk Menganalisa Hubungan Data Penjualan Produk Bahan Kimia Terhadap Persedian Stok Barang Menggunakan Algoritma FP (Frequent Pattern) Growth Pada PT. Grand Multi Chemicals. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer TGD, 30(2), 30–40
.
Fadhilah, S. A. (n.d.). Analisis Perilaku Pembelian Konsumen Menggunakan Metode Association Rule - Market Basket Analysis dan Clustering Analysis (studi kasus: jore coffee & eatery).
Faisal. (2018). Penerapan Metode Association Rule Mining Untuk Analisis dan Implementasi Teknik Data Mining Dalam Memprediksi Strategi Pemasaran Produk Unilever. Jurnal Informatika Sains Dan Teknologi, Vol. No 3.
Indah Prahartiwi, L., Informasi, S., Nusa Mandiri, S., Damai No, J., & Jati Barat Jakarta Selatan DKI Jakarta, W. (2017). Pencarian Frequent Itemset pada Analisis Keranjang Belanja Menggunakan Algoritma FP-Growth. Information System for Educators and Professionals, 2(1), 1–10.
Melati, D., & Wahyuni, T. S. (2019). Associaion Rule Dalam Menentukan Cross-Selling Produk Menggunakan Algoritma FP-Growth. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika.
Musdalifah, I., & Jananto, A. (2022). Analisis Perbandingan Algoritma Apriori Dan FP-Growth Dalam Pembentukan Pola Asosiasi Keranjang Belanja Pelanggan. Jurnal Ilmiah Komputer, Vol. 18, 175–184.
Muti’ah Fadillah, R., & Ibrahim, A. (2023). Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Website Dengan Menggunakan Strategi Up-Selling dan Cross-Selling. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 7(1), 85–96.
Ng, M., & Kasih, J. (2018). Penerapan Metode Cross Selling Pada Aplikasi Online ismshop11-bandung. Media Informatika, Vol. 17 No. 2.
Qoni’ah, I., & Priandika, A. T. (2020). Analisis Market Basket Untuk Menentukan Asossiasi Rule Dengan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Tb. Menara). Jurnal TeknologiDanSistemInformasi,1(2),26–33. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
Ramadhan, & Setiawan, E. I. (n.d.). Market Basket Analysis untuk Swalayan KSU Sumber Makmur dengan Algoritma FP Growth. Journal of Intelligent Systems and Computation.
Ramadhani, N., Wahab Syahroni, A., Supikar, A., & Zumam, W. (2020). Penerapan Market Basket Analysis Menggunakan Metode Multilevel Association Rules dan Algoritma ML_T2L1 Pada Data Order PT. Unirama. InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan,4(2).https://doi.org/10.30743/infotekjar.v4i2.2405
Rusydi, I. (2019). Penerapan Metode Association Rule Dalam Menganalisa Data Penjualan Obat Mengunakan Algoritma FP-GROWTH (Studi Kasus Rumah Sakit Haji Medan). ALGORITMA: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, Vol. 03 No. 02.
Setiyani, L., Wahidin, M., Awaludin, D., & Purwani, S. (2020). Analisis Prediksi Kelulusan Mahasiswa Tepat Waktu Menggunakan Metode Data Mining Naïve Bayes : Systematic Review. Faktor Exacta, 13(1), 35. https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v13i1.5548
Sudarto, P. P., & Handoko, K. (2023). Implementasi Data Mining Pada Pengaturan Data Invoice Distributor Menggunakan Algoritma FP Growth. Jurnal Comasie.
Syaiful Zuhri Harahap, & Amelia Nastuti. (2019). Teknik Data Mining Untuk Penentuan Paket Hemat Sembako dan Kebutuhan Harian Dengan Menggunakan Algoritma FP-Growth (Studi Kasus di Ulfamart Lubuk Alung). Informatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Sains Dan Teknologi, Vol.7 No.3.
Utomo, D. P., & Mesran, M. (2020). Analisis Komparasi Metode Klasifikasi Data Mining dan Reduksi Atribut Pada Data Set Penyakit Jantung. Jurnal media Informatika Budidarma, 4(2), 437. https://doi.org/10.30865/mib.v4i2.2080
Wijaya, K. T., & Pratama, I. (2022). Penerapan Algoritma FP-Growth Untuk Analisis Data Transaksi Penjualan Di Internet Learning Cafe Kaliurang. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi, Vol. 5 No. 4.
Wulandari, N., Aburizal Purnama, M., Informatika, M., Al, S., Bekasi, M., Setu, J. R., Selatan, T., Bekasi, K., & Responden, C. (2022). Market Basket Analysis Dalam Penentuan Paket Produk Menggunakan Algoritma FP-Growth. In JIKA: Vol. ISSN.
Yanuarti, R. (2021). Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Analisis Media Sosial Twitter Terhadap Topik Vaksinasi Covid-19. 6(2). http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JUSTINDO
Yanuarti, R., & Habibatul Azizah. (n.d.). Flashcard Digital Berbasis Android Kosa Kata Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini.
Yanuarti, R., & Azizah, H. (n.d.). Analisis Tingkat Kesiapan Mahasiswa Terhadap Kesiapan Pembelajaran Online.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.