Analisis Kinerja Lalu Lintas Pada Simpang Empat Bersinyal Di Kawasan Jalan Bundaran Mastrip Jember Dengan Menggunakan Metode Mkji 1997
Abstract
Simpang Empat kawasan Jalan bundaran Mastrip Jember adalah simpang dengan total lalu lintas yang paling sibuk pada kabupaten Jember dengan adanya apill, sehingga membuat lalu lintas di jember teratur tidak terjadi kemacetan dengan adanya lampu merah disetiap simpang nya. Objek untuk riset ini yaitu mendapatkan hasil volume lalu lintas pada persimpangan bersinyal atau APILL. Hasil data volume dan kecepatan lalu lintas tersebut diambil memakai bantuan traffic counter. Hasil data pertama dipakai hasil dari survei volume jam puncak setelah itu diolah data di formulir MKJI 1997 Kapasitas terbesar yaitu 960 . Arus bagian jalanan terbesar di ruas jalanan AB adalah 12351 kend/jam. Untuk tundaan terbesar jalanan AB adalah 265,92 detik/kendaraan. Untuk Derajat kejenuhan (DS) didapatkan dari perbandingan arus bagian dengan kapasitas. Derajat kejenuhan terbanyak yaitu di ruas bagian AB adalah 1,07
Keywords: Persimpangan Mastrip, Kapasitas, Volume jam puncak, Derajat kejenuhan, MKJI 1997Full Text:
PDFReferences
Alihudien, Arief. "INDEK KERENTANAN DAN AMPLIFIKASI TANAH AKIBAT GEMPA DI WILAYAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER." Media Teknik Sipil 12.2 (2014).
GUNASTI, Amri. Penilaian Standar Kompetensi Kerja Tukang Besi/Beton Pada Proyek Konstruksi Di Kabupaten Jember. Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil, 2017, 2.2: 13-18.
Irawan, Rizki Dwi, Rofi Budi Hamduwibawa, and Totok Dwi Kuryanto. "Studi Kelayakan Tarif Parkir On Street Progresif Kawasan Kota Jember Berdasarkan Durasi Parkir." Jurnal Smart Teknologi 5.2 (2024): 246-256.
Rizna, Yuni, S. T. Irawati, and S. T. Taufan Abadi. "EVALUASI KINERJA LALU LINTAS PADA SIMPANG TIGA KREONGAN JEMBER."
Sauri, Sofyan. Analisis Kinerja Simpang Menggunakan Perangkat Lunak KAJI dan PTV Vistro (Studi Kasus: Simpang Bersinyal dan Tak Bersinyal Perkotaan Jember). Diss. Fakultas Teknik Universitas Jember, 2014.
Sugiarto, S., Apriandy, F., Faisal, R., Saleh, S.M., 2018. Measuring Passenger Car Unit at Four-Legged Roundabout using Time Occupancy Data Collected from Drone. Aceh International Journal of Science and Technology, 7(2), pp. 77-84.
Praveen, P. S., Arasan, V. T., 2013. Influence of traffc mix on pcu value ofvehicles under heterogeneous traffc conditions. International Journal forTraffic and Transport Engineering, 3(3), pp. 302–330.
Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: KM 14 Tahun 2006. Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan. Jakarta: Departemen Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungam Darat.
Collins, P., 2009. Paramics MicrosimulationModelling-RTAManual. New South Wales Government. USA.
Prasetyanto, Dwi. "Rekayasa Lalu Lintas dan Keselamatan Jalan." (2019): 219.
Suthanaya, Putu Alit. Rekayasa Lalu Lintas. Penerbit CV. SARNU UNTUNG.
Wikrama, Jaya. "Analisis Kinerja Simpang Bersinyal." Jurnal Ilmiah Teknik Sipil 15.1 (2011).
Fawaiz, Dinia Risalatul. "KELAYAKAN PERUBAHAN SIMPANG TAK BERSINYAL MENJADI SIMPAN BERSINYAL DITINJAU DARI KINERJA SIMPANG PADA BEBERAPA SIMPANG TAK BERSINYAL DI KOTA JEMBER." (2007).
Ranto, Wirani, Audie LE Rumayar, and James A. Timboeleng. "Analisa Kinerja Ruas Jalan Menggunakan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997." Jurnal Sipil Statik 8.1 (2020).
Merentek, Taufan Guntur Stallone, Theo K. Sendow, and Mecky RE Manoppo. "Evaluasi Perhitungan Kapasitas Menurut Metode MKJI 1997 dan Metode Perhitungan Kapasitas dengan Menggunakan Analisa Perilaku Karakteristik Arus Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Antar Kota (Studi Kasus Manado-Bitung)." Jurnal Sipil Statik 4.3 (2016).
Mufhidin, Amar, et al. "Provision Impact Analysis of Motorcycle Exclusive Lanes on the Performance of Road Sections Using the Method MKJI 1997 and Vissim Software." IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development) 5.2 (2022): 395-410.
Pratama, Yosaphat Bondan Vita. Analisis Simpang Bersinyal dengan Metode MKJI 1997. Diss. UAJY, 2011.
Sudarmaji, S. B., Muhtar, M., & Priyono, P. (2020). TINJAUAN STANDART KESTABILAN TOWER NG STANDAR 30 METER TERHADAP BEBAN GEMPA DINAMIS DENGAN BERBAGAI SITUS KELAS TANAH SESUAI SNI 1726-2012. Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon, 5(1), 42-52
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.