Analisis Desain Perkerasan Jalan Metode CTRB Berbasis Aspal Daur Ulang Untuk Peningkatan Kinerja Lapisan Permukaan
Abstract
Kerusakan jalan yang terjadi pada ruas mangli-ajung meliputi bleeding, retak, berlubang, dan mengelupas. Salah satu upaya perbaikan jalan yaitu dengan menggunakan metode Cement Treated Recycling Base (CTRB) yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan struktural jalan dan mengurangi ketergantungan pada material baru. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kinerja campuran CTRB melalui uji laboratorium yang meliputi uji centrifuge extractor dan uji kuat tekan bebas. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan CTRB. Hasil penelitian centrifuge extractor mendapatkan nilai rata-rata kadar aspal sebesar 4,25% yang artinya telah memenuhi batas toleransi Speksifikasi Umum 2010 Revisi 3 adalah ± 3,5%. Selain itu, dari penelitian kuat tekan pada benda uji CTRB dengan variasi campuran RAP 60% hasil yang di dapatkan untuk kadar semen 4% dengan nilai rata-rata tegangan hancur sebesar 24,7 kg/cm2 belum memenuhi persyaratan. Namun, pada variasi kadar semen yaitu 5%, 6%, 7% dan 8% sudah memenuhi persyaratan dikarenakan nilai yang dihasilkan dari uji kuat tekan lebih dari 30 kg/cm2 sesuai persyaratan spesifikasi khusus tentang CTRB&CTRBS Tahun 2007 yaitu nilai minimum tegangan hancur sebesar 30 kg/cm2. Sehingga dapat diterapkan pada pembangunan struktur lapisan jalan ruas mangli-ajung dengan menggunakan metode CTRB.
Kata kunci: Aspal Daur Ulang ; CTRB; Kinerja; Perkerasan Jalan; Struktur Lapisan Permukaan
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, H., Yanuar, S.F., dan Rofi B. 2022. Studi Pengaruh Jenis Semen Pada Campuran Beton 1: 2: 3. Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon. 7 (2): 74-77.
Ahsan, S., Irawati., dan Kuryanto, T.D. 2020. Simulasi Kinerja Bundaran Menjadi Simpang Bersinyal Pada Simpang Empat Jalan Mastrip–Jalan Kalimantan–Jalan Danau Toba Kabupaten Jember. Jurnal Smart Teknologi. 3 (1): 43-58.
Azheri, R. 2020. Kajian Metode Mix Design CTRB (Cement Treated Recycling Base) Studi Kasus : Jalan Hr. Subrantas, Panam Kota Pekan Baru. Jurnal Universitas islam Riau. 2 (4): 17-71.
Eriyanti, M., Kuryanto, T.D., dan Amri, G. 2024. Pengendalian Proyek Dengan Metode Earned Value Pada Pekerjaan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Sumber Nangka Jember. Jurnal Smart Teknologi. 3 (1): 56-56.
Evendri, A. 2018. Penggunaan Lapisan CTRB Dalam Peningkatan Struktur Jalan Ruas Jalan Batas Kota Muara Teweh - Malawaken - Benangin - Lampoeng - Batas Propinsi Kalimantan Timur. Bulletin Profesi Insinyur. 1 (2): 606-617.
Girry., dan Danny, K. 2010. Karakteristik Daya Dukung Material RAP (Reclaimed Asphalt Pavement) Sebagai Bahan Daur Ulang Perkerasan Jalan. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta. 1 (3): 1-5.
Hafiz, F., Senki, D.G., dan Yanuar, S.F. 2025. Kajian Hubungan Kapasitas Jembatan Terhadap Kualitas Udara Sebelum Dan Pasca Konstruksi Dengan Aplikasi Screen View (Studi Kasus Jembatan Wirolegi Jl. Brigjen Katamso, Jember) Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon. 6 (2): 229-237.
Harry, WS., Budi., dan Nurcahyo. 2023. Daur Ulang Perkerasan Jalan Sebagai Alternatif Rehabilitasi Jalan. dspace. 17 (3): 11-54.
Kementrian Pekerjaan Umum. 2007. Spesifikasi Khusus tentang Cement Treated Recycling Base dan Subbase (CTRB & CTRSB) Dicampur di Tempat (Mix in Place) Tahun 2007. Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.
Latjemma, S. 2022. Studi Analisis Pemamfaatan Hasil Pengupasan Aspal Untuk Daur Ulang Campuran Hrs-Wc. Jurnal Multidisiplin Madani. 3 (3): 3678-3685.
Majid, A., Rofi, B., dan Kuryanto, T.D. Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Akibat Akitvitas Pasar Dan Alternatif Solusinya (Studi Kasus Pasar Gedang-Ruas Jalan Raya Wates Wetan, Kabupaten Lumajang). 2022. Jurnal Smart Teknologi. 4 (1): 45-54.
Meilani, M., Rana, K. 2019. Kajian Parameter -Marshall Campuran Hangat Lataston (Hrs-Wc) Menggunakan Reclaimed Asphalt Pavement (Rap). Jurnal Itenas. 5 (4): 21-50.
Pratikso, P., Purwanto, A., dan Sudarno, S. 2017. Analysis Influence Of Cement Of The Asphalt Pavement Demolition Material On Roads Semarang-Demak-Indonesia. Jurnal Uee. 11 (1): 73-77.
Budiarnaya, P., Ariawan, P., dan Swadita, I.D. 2022. Perencanaan Mix Desain Cemen Treated Recycling Base (CTRB) Untuk Lapis Pondasi Atas. Civil Engineering Studies and Management. 2 (4): 74-81.
Romadhon, F., Annisa, K., dan Garside. 2021. Aplikasi Perkerasan Jalan Raya Berkelanjutan Dengan Pemanfaatan Daur Ulang Agregat Beton: Tinjauan Literatur. Seminar Keinsinyuran. 3 (3): 25-45.
Sinau sipil. 6 Maret 2023. Mengenal Material-Material Pada Kontruksi Jalan. https://sinausipil.com/mengenal-material-material-konstruksi-jalan/. Diakses tanggal 20 Februari 2025.
Sukirman, S. 1999. Perkerasan Lentur Jalan Raya. Edisi 1. Penerbit Nova. Bandung.
Tumbelaka, I. 2019. Ketahanan Tarik Campuran CTRB Yang Mengandung 40% Rap Dan 60% Ram Dengan Substitusi Material Pozolan Terhadap Semen. Jurnal Sipil Statik. 7 (5): 575-584.
Zulkarnain, A., dan Muis. 2024. Studi Perbandingan Pemeriksaan Kadar Aspal Dengan Menggunakan Sentrifuge Dan Refluks Ekstraktor. Journal of science reseach. 3 (2): 5-27.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.