Evaluasi dan Rekomendasi User Experience Pada Aplikasi SIA WEB Universitas Muhammadiyah Jember Menggunakan Design Thinking
Abstract
SIA atau Sistem Informasi Akademik merupakan aplikasi khusus yang digunakan untuk mengelola dan menyimpan data akademik di Universitas Muhammadiyah Jember. Survei pendahuluan yang dilakukan dengan beberapa pengguna SIA, sebagian besar hasil survei tersebut menunjukkan bahwa SIA belum memenuhi standar usability goals. Hasil perhitungan SUS dari seratus responden didapatkan skor usability, yaitu 60. Skor tersebut jika dikategorikan mendapat grade D dengan adjective rating: ‘poor’ (buruk). Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengidentifikasi tantangan, menganalisis kendala, dan menggali kebutuhan pengguna yang bertujuan untuk memberikan wawasan berguna baik bagi pengembang maupun pengelola aplikasi SIA mahasiswa dalam meningkatkan standar usability goals. Metode penelitian ini menggunakan metode campuran, yaitu kualitatif dan kuantitatif karena tiap tahapan penelitian ini didasarkan pada observasi, wawancara, analisis pengalaman pengguna, dan alat ukur untuk menguji usability produk SIA (SUS). Hasil akhir penelitian, berupa rancangan prototype yang diujikan kepada responden dan mendapatkan skor usability, yaitu 83. Skor tersebut mendapat grade A dengan adjective rating “Excellent”. Hasil skor pengujian tersebut merepresentasikan bahwa rancangan prototype diterima oleh responden dan memenuhi standar usability goals.
Kata Kunci: Aplikasi; Kegunaan; Rekomendasi; SIA; UX; WEB.
Full Text:
PDFReferences
Adani, M. A. 2020. Apa itu User Experience (UX): Definisi, Tujuan, Model, dan Penerapan. https://sekawanmedia.co.id. Diakses tanggal 15 Mei 2024.
Aidi, G. A., Fanany, L. F., & Tole, H. T. 2021. Evaluasi dan Perbaikan Pengalaman Pengguna Aplikasi “ cQuran ” Menggunakan Metode Usability Testing dan Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Infomasi dan Ilmu Komputer. 5 (7).
Aji Fuady Rokhman, D. A., Ma’ruf Nugroho, I. M., & Muhyidin, Y. M. 2023. Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi Human Capital Berbasis Web pada Perusahaan Gas Xyz Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal INFOKOM (Informatika & Komputer). 11 (2).
Arisa, N. A., Fahri, M. F., Putera, M. P., & Putra, M. P. 2023. Perancangan Prototipe UI/UX Website CROWDE Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Teknika. 12 (1).
Bevan, N. B., Carter, J. C., Earthy, J. E., Geis, T. G., & Harker, S. H. 2015. Usability and user experience: Concepts and principles. London: Springer.
Educative Team. 2021. What are usability goals in interactive design. https://www.educative.io/answers/what-are-usability-goals-in-interactive-design. Diakses tanggal 6 Mei 2024.
Gothelf, J. 2013. Lean UX: Applying lean principles to improve user experience. O'Reilly Media, Inc.
Haryuda, D. H., Asfi, M. A., & Fahrudin, R. F. 2021. Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8 (1).
International Organization for Standardization (ISO). 1998. ISO 9241-11: Ergonomic requirements for office work with visual display terminals (VDTs) — Part 11: Guidance on usability. Geneva: ISO.
Kharis, K., Santosa, P. I. S., & Winarno, W. W. W. 2019. Evaluasi Usability Pada Sistem Informasi Pasar Kerja Menggunakan System Usability Scale (SUS). Jurnal Prosiding Sains Nasional dan Teknologi. 1 (1).
Nielsen, J. N. 1993. Usability engineering. San Francisco: Morgan Kaufmann Publishers.
Norman, D. N. 2013. The Design of Everyday Things. New York: Basic Books.
Norman, D. N. 1988. The psychology of everyday things. New York: Basic Books.
Rosenzweig, E. R., Marcus, A. M., & Soares, M. M. S. 2021. Design, User Experience, and Usability: UX Research and Design. Heidelberg: Springer International Publishing.
Santoso, A. S. 2023. Rumus Slovin: Panacea Masalah Ukuran Sampel?. Suksma: Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma. 4 (2).
Susanto, G. S., Arifianto, D. A., & Zakiyyah, A. M. Z. 2022. Pengembangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) pada Halaman Web Sistem Informasi Akademik Universitas Muhammadiyah Jember Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Aplikasi Sistem Informasi dan Elektronika. 4 (2).
Susilo, E. S. 2019. Cara Menggunakan System Usability Scale (SUS) Pada Evaluasi Usability. https://www.edisusilo.com/cara-menggunakan-system-usability-scale/. Diakses tanggal 27 Mei 2024
Tobing, B. T., Sulistiyowati, N. S., & Siska, S. 2024. Perancangan Ulang Desain E-Campus Unsika Berdasarkan User Experience dengan Menggunakan Design Thinking. Jurnal Pendidikan Tambusai. 8 (1).
Ulfa, R. 2021. Mengukur kepuasan pengguna sistem informasi bimbingan konseling (E-BK) menggunakan system usability scale (SUS) di SMK Negeri 1 Banda Aceh. Skripsi. UIN Ar-raniry.
Ulya, S. F. U., Sukestiyarno, Y. L. S., & Hendikawati, P. H. 2018. Analisis Prediksi Quick Count Dengan Metode Stratified Random Sampling dan Estimasi Confidence Interval Menggunakan Metode Maksimum Likelihood. UNNES journal of mathematics. 7 (1).
Widayanti, R. W., & Maknunah, J. M. 2021. Analisis Website STIMATA Menggunakan System Usability Scale (SUS). Jurnal Ilmiah Komputer dan Sistem Informasi. STMIK Pradnya Paramita, Malang. 20 (3).
Wulandari, S. W. 2024. Pendekatan Design Thinking untuk Inovasi Pemecahan Masalah. https://mds.binus.ac.id/2024/03/02/pendekatan-design-thinking-untuk-invoasi-pemecahan-masalah/. Diakses tanggal 17 Juni 2024
Yuliandri, D. R. P. 2019. Audit Sistem Informasi Akademik STIE Putra Bangsa Kabupaten Kebumen Menggunakan Cobit 5. Purwokerto: STMIK Purwokerto,
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.