Pola Gerusan Lokal Akibat Sedimentasi pada Bendung Gerak Tipe Undersluice Pada Hilir Pintu Air

Heru Putra Darmawan, Nanang Saiful Rizal, Ilanka Cahya Dewi

Abstract


Penggerusan pada saluran alami maupun buatan merupakan masalah yang sering terjadi. Feomena gerusan disebabkan oleh aliran air yang biasanya terjadi pada dasar Sungai serta terjadi akibat adanya energi aliran dan perubahan akibat bangunan manusia. Gerusan dapat dibedakan menjadi tiga tipe yaitu gerusan umum, gerusan terokalisir, dan gerusan lokal. Gerusan lokal dan terokalisir dapat terjadi dalam dua kondisi dimana gerusan tersebut terjadi akibat adanya gerusan air jernih (clear-water scour) dan geruan air tak jernih(live-bed scour), Clear-water scour terjadi akibat material dasar pada hulu bangunan dalam keadaan diam sedangkan live-bed scour proses gerusan yang dikarenakan adanya angkutan sedimen dari matrial dasar. Pembendungan aliran sungai dapat menyebabkan perbedaan ketinggian elevasi antara hulu dan hilir bendung, sehingga mengakibatkan adanya terjunan dan perubahan energi yang besar ketika air lewat mercu bendung, Pada penelitian ini digunakan bendung tipe undersluice dengan tiga variasi kemiringan pintu air yaitu R1 = 1/3, R2 = 1/2 dan R3 = 0. melalui 24 kali percobaan degan sedimen d40 dan d60 di Laboratorium Hidraulik. Aliran pola gerusan dan pendangkalan di hilir bendung tergantung pada debit aliran dan variasi kemiringan pintu air R semakin besar loncatan Hidraulik maka semakin besar nilai gerusan dan pendangkala. Dari hasil penelitian ini didapatkan nilai kedalaman gerusan (Ds), panjang gerusan (Ls), tinggi pendangkalan (Dt) dan panjang pendangkalan (Lt) yang dipengaruhi oleh tinggi muka air (H) dan diameter butiran (D40 dan D60).

Kata Kunci: Gerusan, Pintu air, Undersluice, Diameter butiran


Full Text:

PDF

References


Harianja, J. A., & Gunawan, S. (2007). Tinjauan energi spesifik akibat penyempitan pada saluran terbuka. Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik UKRIM Yogyakarta. Majalah Ilmiah UKRIM Edisi, 1, 30-46.

Safanpo, Apolo, Suripin Suripin, and Iwan K. Hadihardaja. SISTEM PEMBILAS SEDIMEN (SEDIMENT FLUSHING) YANG EFEKTIF PADA BENDUNG GERAK DI KANAL BANJIR. Diss. Doctor Program in Civil Engineering, 2016.

Ikhsan, J., & Hidayat, W. (2006). Pengaruh bentuk pilar jembatan terhadap potensi gerusan lokal. Semesta Teknika, 9(2), 124-132.

Sudirman, Sudirman, et al. Sistem Irigasi dan Bangunan Air. Yayasan Kita Menulis, 2021.

MULYANTI, Heri. "Analisis Optimalisasi Pemanfaatan Bendung Gerak Di Bojonegoro “Studi Kasus Di Area Hulu Bendung Gerak Kabupaten Bojonegoro”." De'Teksi-Jurnal Teknik Sipil Unigoro 3.1 (2018): 58-72.

Mangore, Vicky Richard, et al. "Perencanaan bendung untuk daerah irigasi sulu." Jurnal Sipil Statik 1.7 (2013).

ABDURROSYID, Jaji. Kajian pengendalian gerusan di sekitar abutmen jembatan pada kondisi adanya angkutan sedimen. 2004. PhD Thesis. Universitas Gadjah Mada.

Saputra, Darma Tinto, Dian Noorvy Khaerudin, and Kiki Frida Sulistyani. "Kajian Pemilihan Jenis Kolam Olak Dari Segi Fisik Bendung Pada Bendung Di Dusun Darok." Prosiding SENTIKUIN (Seminar Nasional Teknologi Industri, Lingkungan dan Infrastruktur). Vol. 2. 2019.

Nanang Saiful Rizal,2023. Penentu Faktor Koreksi Panjang Loncatan Hidrolik Pada Kolam Peredam Energi Tipe Bucket.

Nanang Saiful Rizal, 2022. Physical Model And Validation Of Local Scour Pattern Downstream Of Trapezoidal Threshold.

Nanang Saiful Rizal, 2023. Pemodelan Hidrolik Aliran Padaa Bendung Dengan Mercu Tipe Ogee.

Nanang Saiful Rizal, 2022. Kajian Model Fisik Perbandingan Perilaku Aliran Pada Bendung Dengan Kolam Olak Tipe USBR II, III, IV.

Nanang Saiful Rizal, 2023. Kajian Uji Fisik Bendung Tipe Bulat Yang Divalidasikan Oleh Aplikasi HEC-RAS.

Ahmad, H. H., Yanuar, S. F., & Hamduwibawa, R. B. (2022). Studi Pengaruh Jenis Semen Pada Campuran Beton 1: 2: 3. Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon, 7(2), 74-77.

Salim, N., Rizal, N. S., & Vihantara, R. (2018). Komposisi efektif batok kelapa sebagai karbon aktif untuk meningkatkan kualitas airtanah di kawasan perkotaan. Media Komunikasi Teknik Sipil, 24(1), 87-95.

Priyono, P., & Rizal, N. S. (2013). Kajian potensi air tanah dengan metode geolistrik sebagai antisipasi kelangkaan air bersih wilayah perkotaan. Jurnal Elevasi, 4(18), 35-42.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.