Analisis Perbandingan Efesiensi Biaya Dan Waktu Pada Pondasi Sumuran Dan Pondasi Tapak Pembangunan Gedung Tipikor Polda Aceh

Sandifa Putri, Amri Gunasti, Arief Alihudien

Abstract


Pondasi adalah salah satu struktur bangunan yang terletak di bawah bangunan.  Pondasi tidak bisa dipisahkan dari struktur bangunan karena pondasi merupakan bagian struktur  yang berfungsi meneruskan beban dari struktur atas menuju lapisan tanah pendukung di bawahnya agar tidak terjadi keruntuhan pada tanah. Seiring berjalannya waktu, pertumbuhan infrastruktur berbanding lurus dengan kebutuhan  masyarakat yang terus berkembang dengan mengutamakan efisiensi proses dan  meminimalkan risiko pekerjaan. Berdasarkan hal tersebut, kondisi yang terjadi di lapangan sangat beragam, diantaranya dengan biaya yang murah dapat menghasilkan bangunan yang  berkualitas, baik dari segi keamanan dan kenyamanan. Penelitian ini membandingkan biaya  dan waktu yang dibutuhkan pada pekerjaan pondasi sumuran dengan pondasi tapak, yang bertujuan untuk mengetahui apakah biaya dan waktu pelaksananan yang direncanakan  memiliki efisiensi yang sama atau tidak. Metode yang digunakanan pada penelitian ini  adalah studi komparatif (Perbandingan). Dari analisis perhitungan diperoleh daya dukung pondasi sumuran sebesar 1598 KN dengan biaya Rp.467.825.296 dan  durasi waktu pekerjaann 69 hari. Pondasi tapak diperoleh daya dukung  pondasi sebesar 1015 KN dengan biaya Rp.266.708.158 dan durasi waktu pekerjaan 67 hari.

 

Kata Kunci : Daya Dukung Pondasi, Biaya, Waktu.


Full Text:

PDF

References


Apriliana, N. R., Gunasti, A., & Kuryanto, T. D. (2020). Evaluasi Percepatan Pembangunan Proyek Rusunawa ASN Pemkab Malang Menggunakan Metode Crashing Dengan Sistem Shift Kerja. Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon, 5(1), 1-13.

Badan Standarisasi Nasional. 2017. “SNI 2052 - 2017 : Baja Tulangan Beton. Jakarta : Badan Standarisasi Nasional.

Badan Standarisasi Nasional. 2020. “SNI 1727 -2020 : Baja Tulanagan Beban Desain Minimum Dan Kriteria Terkait Untuk Bngunan Gedung Dan Struktur Lain.Jakarta : Badan Standarisasi Nasional.

Badan Standarisasi Nasional. 2019. “SNI 1726

: Tata Cara Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung Dan Non Gedung. Jakarta : Badan Standarisasi Nasional.

Dewi, I. C., & Amartya, A. A. (2022). Porsi Biaya Material Dan Upah Serta Peralatan Pada Pekerjaan Struktur Jembatan. Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon, 7(2), 58-66.

Gunasti, A., Rofiqi, A., & Priyono, P. (2019).

Penerapan Metode Barchart, CPM, dan Crashing Project dalam Penjadwalan Proyek Pembangunan Gedung G Universitas Muhammadiyah jember. Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil, 4(1), 7-12.

Gunasti, Z. A. A., & Kuryanto, T. D. Studi

Perbandingan Porsi Biaya Sumber Daya Konstruksi Berdasarkan Klasifikasi Pembangunan Terhadap Rehabilitasi Study Comparative of Construction Resources Cost Based Delevelopment Clasissification to Rehabilitation.

HA, A. H. (2015). Studi Perbandingan Pondasi Batu Kali, Pondasi Strauss Dan Pondasi Plat Setempat Rumah Tinggal Lantai 2 Tipe 85/72 Dilihat Dari BiayaDan Waktu Dan Metode Pelaksanaan. Jurnal Ilmiah Seminar Nasional Sains Dan Teknologi terapan III.

Ibrahim, B. (2001). Rencana dan Estimasi Real Of Coast Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Kisbandy V.C. Marleen. (2016). Optimasi

Biaya Pekerjaan Pondasi Dan Metode Pelaksanaan Pondasi Sumuran Pada Pembangunan Gedung Kesehatan Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. V. L. Ratumbuysang Manado. Tugas Akhir Program Studi Diploma-IV Konstruksi Bangunan Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Manado.

Irawan,D.,& Halim, A. (2011). Analisa

perbandingan Desain Dan Biaya Pondasi Strauss, Pondasi Sumuran Dan Pondasi Tapak Pada Gedung Stikes Widyagama Husada Malang. Jurnal Ilmiah Widya Teknika, 19, 16-22.

Makaudis N. Ferdo. (2015). Tinjauan Perencanaan Pondasi Sumuran Dan Metode Pelaksanaannya Pada Proyek Gedung RSJ. V. L. Ratumbuysang. Tugas Akhir Program Studi Diploma-IV Konstruksi Bangunan Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Manado.

Mudi Tantia, Ajeng Juni; Kuryanto, T.D.; Gunasti, A. (2023) Penerapan Manajemen Konstruksi Pada Tahap Controling Proyek Pengolahan Dan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Di Desa Silo Kecamatan Silo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

Pagehgiri, J. (2015). Analisa Penggunaan Pondasi Mini Pile Dan Pondasi Bore Pile Terhadap Biaya Dan Waktu Pelaksanaan Ruang Kelas SMPN 10 Denpasar. Jurnal Ilmiah Ekstrapolasi, 8, 121-136.

Peraturan Pemerintah Republik indonesia Nomor

tahun 2022 Tentang PerpajPeraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 9 tahun 2022 tentang Pajak Penghasilan Usaha Jasa Konstruksi.

Putri, D. A., Muhtar, M., & Gunasti, A. (2021). Penerapan Metode CPM dan Crashing pada Proyek Gedung Training Center Universitas Jember Application of the CPM and Crashing Method in the Jember University Training Center Building Project. Jurnal Smart Teknologi, 2(2), 151-158.

Soedrajat, S. (1994). Analisa Cara Modern Anggaran Biaya Pelaksanaan.

Trinanda,Yuda Asri (2021). Tinjauan Daya Dukung Pondasi Sumuran Pada Proyek Gedung X Di kota Bukittinggi. Jurnal Riset Dan Invensi Teknologi,Vol.01

Apriliani, N. R., Priyono, P., & Alihudien, A. (2020). Tinjauan Kapasitas Abutmen Jembatan Sengkaling Malang Dengan Beban Gempa. Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon, 5(1), 14-28.

Ahmad, H. H., Yanuar, S. F., & Hamduwibawa, R. B. (2022). Studi Pengaruh Jenis Semen Pada Campuran Beton 1: 2: 3. Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon, 7(2), 74-77.

Yanuar, S. F., Rizal, N. S., & Abadi, T. (2022). Analisis Perbandingan Harga Satuan Galian Tanah Mekanis Menggunakan Permen-PUPR Tahun 2022 Dan 2016. Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon, 7(1), 25-32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.