Perencanaan Peredam Energi Tipe Submerged Bucket Beserta Analisa Stabilitas Bendung Sumberbulu Terhadap Beban Gempa Dengan Software Geostudio

Wahyu Gusti Dwi Guniawan, Totok Dwi Kuryanto, Nanang Saiful Rizal

Abstract


Bendung merupakan Bangunan air dengan kelengkapanya dibangun melintang di sungai dan sengaja dibuat untuk meninggikan Muka air dan menampung air dengan ambang tetap sehingga air sungai yang dapat disadap dan dialirkan secara gravitasi ke jaringan irigasi. Penelitian ini akan membahas mengenai desain kriteria bendung yang sesuai bedasarkan aspek fungsi struktural bangunanya dengan mempertimbangkan Potensi bahaya gempa (Seismic Hazard),Stabilitas Bendung dan Debit Banjir rencana pada Bendung Sumberbulu yang terletak di Kecamatan songgon Kabupaten Banyuwangi.Penelitian ini menggunakan Software Geostudio untuk mengetahui faktor keamanan terhadap beban Gempa Serta analisis Stabilitas bendung yang ditinjau,dengan acuan SNI 8064:2016 dan Pd-T 14-2004-A sebagai acuan.Hasil dari analisis menunjukan bahwa Bendung Sumberbulu dikategorikan dalam klasifikasi kelas resiko III (Tinggi) dengan nilai tingkat resiko sebesar 22 point.Hasil anlisa Stabilitas bendung menggunakan metode statis dan dinamis menunjukan bahwa Bendung Sumberbulu memenuhi kriteria keamanan.Didapatkan debit banjir rencana kala ulang 10 tahun Sebesar 61,13m/dtmengingatKondisi Eksisting Bendung tidak memiliki Peredam Energi Serta air yang melewati Bendung membawa material seperti batuan besar dengan dasar yang relatif tahan gerusan dengan itu desain/tipe peredam energi cocok yaitu menggunakan kolam olak tipe bak tenggelam (Submerged Bucket) yang bisa membawa bongkahan atau batuan besar

Kata Kunci: Analisa Stabilitas,Bendung Sumberbulu,Geostudio,Peredam Energi


Full Text:

PDF

References


Anonim. 1986. Standart Perencanaan Irigasi KP – 01. Badan Penerbit Pekerjaan Umum, Jakarta

Anonim. 1986. Standart Perencanaan Irigasi KP – 02. Badan Penerbit Pekerjaan Umum, Jakarta

Anonim. 1986. Standart Perencanaan Irigasi KP – 03. Badan Penerbit Pekerjaan Umum, Jakarta

Anonim. 1986. Standart Perencanaan Irigasi KP – 04. Badan Penerbit Pekerjaan Umum, Jakarta

Badan Standarisasi Nasional, 2016. SNI 8064:2016. Metode Analisis Stabilitas Lereng Statik Bendungan Tipe Urugan. BSN. Jakarta

Direktorat Jenderal Pengairan Direktorat Sungai, 1992, Cara Menghitung Design Flood, Yayasan Badan Pekerjaan Umum, Jakarta.

Ibrahim M.A. 2017. Analisis Stabilitas Bendungan Urugan Tipe Urugan Zonal Inti Tegak dengan Perkuatan Timbunan terhadap Beban Gempa. Universitas

Nanang Saiful Rizal, 2014. Aplikasi Perencanaan Irigasi dan Bangunan Air.LPPM Unmuh Jember Jl. Karimata Jember.

Nanang Saiful Rizal, 2022. Kajian Model Fisik Perbandingan Perilaku Aliran Pada Bendung Dengan Kolam Olak Tipe USBR II, III, IV.

Nanang Saiful Rizal, 2022. Physical Model And Validation Of Local Scour Pattern Downstream Of Trapezoidal Threshold.

Nanang Saiful Rizal, 2023. Pemodelan Hidrolik Aliran Pada Bendung Dengan Mercu Tipe Ogee.

Soenarno. 1972. Perhitungan Bendung Tetap. Dinas Pengairan Provinsi Jawa Timur, Surabaya.

Sosrodarsono, S., & Takeda , K. (1981). Bendungan Type Urugan. Jakarta:Pradnya Paramita.

Standar Nasional Indonesia. (2016). SNI 8064:2016 ( Metode AnalisisStabilitas Lereng Statik Bendungan Urugan). Jakarta: Badan Standardisasi Nasional.

Apriliani, N. R., Priyono, P., & Alihudien, A. (2020). Tinjauan Kapasitas Abutmen Jembatan Sengkaling Malang Dengan Beban Gempa. Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon, 5(1), 14-28.

Ahmad, H. H., Yanuar, S. F., & Hamduwibawa, R. B. (2022). Studi Pengaruh Jenis Semen Pada Campuran Beton 1: 2: 3. Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon, 7(2), 74-77.

Yanuar, S. F., Rizal, N. S., & Abadi, T. (2022). Analisis Perbandingan Harga Satuan Galian Tanah Mekanis Menggunakan Permen-PUPR Tahun 2022 Dan 2016. Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon, 7(1), 25-32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.