Evaluasi Struktur Perkerasan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (Pci) Pada Jalan Ruas Basuki Rahmad - Pemuda (Jl. Argopuro) Kabupaten Situbondo

Nova Triutami, Irawati Irawati, Adhitya Surya Manggala

Abstract


Jalan Basuki Rahmat – Pemuda (Jl. Argopuro) merupakan salah satu jalan dengan arus lalu lintas yang cukup sibuk. Jalan ini merupakan jalan kolektor sekunder dengan jenis perkerasan lentur. Panjang ruas mencapai 1250 meter dan lebar 13.80 meter. Lokasi penelitian ini merupakan jalur penghubung dari kabupaten Banyuwangi-Bondowoso dan merupakan jalur lingkar luar Kabupaten Situbondo bagi kendaraan dari arah timur yang berasal dari Banyuwangi dan sekitarnya. Analisa kerusakan jalan menggunakan metode Pavement conditional index (PCI) dengan menginventaris semua jenis kerusakan yang ada di lapangan. Analisa PCI selanjutnya dilakukan perencanaan tebal menggunakan MDPJ 2017. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisa kerusakan perkerasan jalan yang terjadi dengan metode PCI disimpulkan bahwa kerusakan didominasi oleh kerusakan sungkur dengan luas kerusakan sebesar 1125 m2, selain itu kerusakan yang terjadi retak kulit buaya 732 m2 dan retak blok 551 m2. Kerusakan terparah terjadi pada segmen 1 dengan kerusakan 82%. Rekonstruksi terhadap tebal struktur perkerasan jalan pada segmen 1 menghasilkan rancangan sebagai berikut : AC-WC : 40 mm; AC-BC : 60 mm; AC Base : 80 mm; LPA kelas A: 300 mm

Keywords: Kerusakan Jalan; MDPJ 2017; PCI

Full Text:

PDF

References


Aldilase, B. P., Tamara, S. R., Narayudha, M., & Kushardjoko, W. (2014). Analisa Dan Perencanaan Peningkatan Jalan Alternatif Manyaran–Mijen. Jurnal Karya Teknik Sipil, 3(1), 187-193.

ARIAWAN, I. Made Agus; NEGARA, I. Nyoman Widana; PUTRA, I. Made Yogi Kusendrayana. PENILAIAN KONDISI PERKERASAN JALAN PB SUDIRMAN DENPASAR DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 2020, 24.2.

DASRA, Brawi Restu, et al. EVALUASI KONDISI PERKERASAN LENTUR DAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN DI JALAN PIYUNGAN-PRAMBANAN KM 3, 5-5 (EVALUATION OF FLEXIBLE PAVEMENT AND FACTORS THAT CAUSE ROAD DAMAGE AT PIYUNGAN-PRAMBANAN ROAD KM 3, 5-5). 2018.

Farida, I., & Hakim, G. N. (2021). Ketebalan Perkerasan Lentur Dengan Metode AASHTO 1993 Dan Manual Perkerasan Jalan 2017. Jurnal Teknik Sipil Cendekia (JTSC), 2(1), 59-68.

Giovani, A., & Khamim, M. (2020). Evaluasi tingkat kerusakan perkerasan jalan berdasarkan metode bina marga (Studi Kasus: Jalan Raya Madyopuro–Jalan Raya Banjarejo, Kota Malang). Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi (JOS-MRK), 1(2), 153-157.

Google Maps, 2023, (https://maps.google.com/Diakses Maret 2023).

Gusnilawati, A., Chrisnawati, Y., & Maryunani, W. P. (2021). Analisis penilaian faktor kerusakan jalan dengan perbandingan metode bina marga, metode pci (pavement condition index), dan metode sdi (surface distress index)(Studi Kasus Ruas Jalan Patuk-Dlingo, Kec. Dlingo, Kab. Bantul). Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil, 2(1), 15.

Hermawan, R., & Tajudin, a. N. Evaluasi kerusakan perkerasan lentur dengan metode pci dan sdi (studi kasus: jalan jatisari, karawang).

Jannah, R. M., Firmansyah, D., & Murtopo, A. (2020). Analisis Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Lentur Pada Ruas Jalan Magelang-Semarang. Reviews in Civil Engineering, 4(2).

Kementerian Pekerjaan Umum. 2011. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 13 Tahun 2011 Tentang Tata Cara Pemeliharaan dan Penilikan Jalan. Jakarta

Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2017, Kementrian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga.

Maryam, M., & Putra, K. H. (2020). Analisis Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Dengan Metode Bina Marga (Studi Kasus: Jalan Luar Lingkar Timur Surabaya). Jurnal Teknologi dan Manajemen, 1(2), 125-134.

Shahin, M. Y. 1994. Pavemant Management for Airports, Roads, and Parking Lost, Chapman dan Hall, New York.

Sukirman, S. 1999. Perkerasan Lentur Jalan Raya, 5nd ed. Nova, Bandung.

Syuhada, I. P., Yermadona, H., & Priana, S. E. (2022). Analisis Perbandingan Tebal Perkerasan Lentur Metode Komponen Bina Marga Dan MDPJ 2017. Ensiklopedia Research and Community Service Review, 1(3), 29-34.

Tho’atin, U., Setyawan, A., & Suprapto, M. (2016). Penggunaan Metode International Roughness Index (Iri), Surface Distress Index (Sdi) Dan Pavement Condition Index (Pci) Untuk Penilaian Kondisi Jalan Di Kabupaten Wonogiri. Prosiding Semnastek.

Ahmad, H. H., Yanuar, S. F., & Hamduwibawa, R. B. (2022). Studi Pengaruh Jenis Semen Pada Campuran Beton 1: 2: 3. Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon, 7(2), 74-77.

Salim, N., Rizal, N. S., & Vihantara, R. (2018). Komposisi efektif batok kelapa sebagai karbon aktif untuk meningkatkan kualitas airtanah di kawasan perkotaan. Media Komunikasi Teknik Sipil, 24(1), 87-95.

Priyono, P., & Rizal, N. S. (2013). Kajian potensi air tanah dengan metode geolistrik sebagai antisipasi kelangkaan air bersih wilayah perkotaan. Jurnal Elevasi, 4(18), 35-42.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.