Perilaku Lentur Balok Beton Bertulang Dengan Bahan Tambah Abu Batu

Nanda Sugiarto, Muhtar Muhtar, Adhitya Surya Manggala

Abstract


Dalam tinjauan ini abu batu digunakan sebagai bahan tambah beton. Pada penelitian ini digunakan abu batu dengan kadar 5% dari berat semen. Sampel yang digunakan adalah sampel berbentuk silinder dengan ukuran 15cm x 30cm dan balok dengan ukuran 10cm x 15cm x 100cm. Dengan mutu beton yang tersusun pada umur 28 hari mengunakan perbandingan 1 Semen : 2,4 Pasir (agregat halus) : 5 Kerikil ( agregat kasar) dengan nilai Slump 60-100mm dalam pengujian yang dilakukan dengan mesin CTM (Compressin Testing Machine) adalah uji tekan dan modulus elastisitas beton. Dengan melihat antara beton normal (tanpa penambahan abu batu) dan penambahan abu batu. Berdasarkan perencanaan balok beton bertulang dengan abu batu didapatkan kuat tekan sebesar 26,01 kN sedangkan balok beton bertulang tanpa abu batu didapatkan kuat tekan sebesar 22,06 kN dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kuat balok beton bertulang dengan abu batu lebih besar di bandingkan tanpa abu, ini dikarenakan abu batu dapat mengisi void dari balok beton bertulang tersebut. Namun dilihat dari grafik hubungan tegangan dan regangan balok beton bertulang tanpa abu batu lebih daktil dari pada balok beton bertulang dengan abu batu. Pola retak balok bertulang dengan abu batu dengan balok baton bertulang tanpa abu batu cenderung sama yaitu diawali oleh pola retak lentur lalu diikuti oleh pola retak geser.

 

Kata kunci: Abu Batu, Kuat tekan, modulus elastisitas, daktilitas.

Full Text:

PDF

References


Hong-Liang, Z. (2014). Mix Proportion Design Method with multiple indexe for continuously reinforced concrete. Xi'an.

Dr. Wuryati Samekto, M.Pd dan Candra Rahmadiyanto, S.T. 2001. Teknologi Beton, Yogyakarta: Kanisius

MacGregor, J.G. (1997). “Reinforced Concrete : Mechanics and Design 3rd Ed.” ,Prentice-Hall International, Inc.

Yuza, Maryori. 2008. Pemanfaatan abu batu sebagai powder pada self Compacting

concrete (SCC). Universitas Negeri Jember. Jember.

Sanjaya Aryandi, Laksmi Irianti, Hasti Riakara Husni. 2012. Pemanfaatan Abu Batu Stone Crusher Terhadap Karakteristik Beton Polimer Dengan Bahan Resin Epoksi. Universitas Lampung. Lampung

Dulami, Nurul. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Limbah Abu Batu Industri Sebagai Filler Terhadap Kuat Tekan Dan Modulus Elastisitas Beton. Universitas Muhammadiyah Jember. Jember

Muhtar. 2004. Pemanfaatan Limbah Keramik Dinoyo Sebagai Material Panel Beton. Universitas Brawijawa Malang. Malang

Alfisyahrin, M. A. (2019, Desember). Analisis Perilaku Geser Balok Beton Bertulang dengan Metode Elemen Hingga Non-Linier.

Jeanicha Christiani Tampi, S. E. (2019). Modulus Elastisitas Beton Geopolymer Pada Perawatan Temperatur Ruangan.

Muhtar. (2023). Performanced-based experimental study into quality zone of lightweight concrete using pumice aggregates.

Ahmad, H. H., Yanuar, S. F., & Hamduwibawa, R. B. (2022). Studi Pengaruh Jenis Semen Pada Campuran Beton 1: 2: 3. Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon, 7(2), 74-77.

Yanuar, S. F. (2019). Performa Kuat Lentur (In-Plane) Panel Beton Limbah Onyx Sebagai Beton Ekspose (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Muhtar, M., Gunasti, A., Manggala, A. S., & PN, A. F. (2020). Jembatan Pracetak Beton Bertulang Bambu Untuk Meningkatkan Roda Perekonomian Masyarakat Desa Sukogidri Ledokombo Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 6(2), 161-170.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.