Evaluasi Kinerja Ruas Jalan Terhadap Kondisi Geometri (Studi Kasus: Jalan Dharmawangsa, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember)

Fajar Dwi Novayanto, Adhitya Surya Manggala, Taufan Abadi

Abstract


Jalan Dharmawangsa merupakan mempunyai banyak aktivitas bisnis, pelajar dan perkantoran. Aktivitas yang menghambat kinerja ruas jalan diantaranya kegiatan pasar yang terjadi dari pagi hingga sore, tempat parkir yang menggunakan bahu jalan, pedagang kaki lima, aktivitas keluar masuk kendaraan umum antar kota dan provinsi yang bertitik tumpu pada terminal, dan pejalan kaki. Aktivitas tersebut berjalan setiap hari yang menyebabkan kemacetan di sepanjang sampai jalan Dharmawangsa. Pada penenlitian ini dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997, untuk menghitung kapasitas dan kinerja ruas Jalan Darmawangsa. Hasil Penelitian ini adalah Kinerja ruas jalan Dharmawangsa pada kondisi saat ini (eksisting) Kapasitas kendaraan pada ruas   jalan jalan Dharmawangsa adalah sebesar 1395,90  smp/jam perlajur. hambatan samping pada Jalan Dharmawangsa. Untuk kejadian hambatan samping tertinggi terjadi pada hari Senin pukul 06.00-07.00 dengan 284,20kejadian berbobot per 200 m per jam (selatan-utara), dengan Kelas Hambatan Samping (SFC) tinggi (L). Dampak lalu lintas di ruas jalan Dharmawangsa Kesesuaian penanganan yang telah dilakukan menjadikan kinerja jalan menjadi lebih baik.

 

Kata kunci : kinerja ruas jalan, (MKJI) Tahun 1997, DS

Full Text:

PDF

References


Departemen Pekerjaan Umum, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga, 1990, Tata Cara Pelaksanaan Survai Lalu Lintas Cara Manual, No. 016/T/BNKT/1990, Direktorat Jenderal Bina Marga, Direktorat Pembinaan Jalan Kota, Jakarta.

Marga, D. J. B. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Departemen Pekerjaan Umum.

Oglesby, Clarkson H. and Hicks, R. G. (1990). Teknik Jalan Raya, Edisi Keempat. Erlangga.

Oglesby, C. dan H. R. (1998). Teknik Jalan Raya. Erlangga.

Pangestu, A., & Tjahjani, A. I. (2022). Evaluasi Kinerja Ruas Jalan Kota Bekasi Terhadap Pengaruh Hambatan Samping. Jurnal ARTESIS, 2(1), 98–103.

Pangestu, O. R. (2018). EVALUASI KINERJA RUAS JALAN BRIGJEN KATAMSO DAN USULAN PERBAIKAN SAMPAI LIMA TAHUN MENDATANG. Prosiding Sidang Progra, Studi Teknik Sipil, Universitas Islam Indonesia.

Prasetyo, P. Y., Priyanto, S., & Muthohar, I. (2021). PENGATURAN POLA ARUS LALU LINTAS DI KAWASAN PLTU KARANGKANDRI CILACAP (Studi Kasus : Ruas Jalan Lingkar Timur Cilacap). Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 23(1), 1–17. https://doi.org/10.25104/jptd.v23i1.1556

Rizani, Ahmad., 2013, Evaluasi Kinerja Jalan Akibat Hambatan Samping (Studi Kasus Pada Jalan Soetoyo S Banjarmasin. Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Banjarmasin. Banjarmasin.

Sugiyono, 2005. Statistika untuk Penelitian, Penerbit ITB. Bandung.

Susetyo, Budi., 2010. StatistikauntukAnalisa Data, Jilid I.

Tamin, Ofyar, Z. (2000). Perencanaan dan Permodelan Transportasi. ITB.

Tyas, S.A.K., Priyanto S,. 2005, Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kapasitas Jalan (Studi Kasus di Ruas Jalan Dr. Rajiman depan Pasar Klewer). Simposium VIII FSTPT. Palembang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.