Evaluasi Tebal Perkerasaan Dengan Metode Bina Marga 1987 dan 2013 (Study Kasus: Jalan Blater, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember)

Danu Santoso, Taufan Abadi, Amri Gunasti

Abstract


Secara umum penyebab kerusakan jalan yang terjadi didaerah Kabupaten Jember ada berbagai penyebab yakni umur rencana jalan yang telah dilewati, beban lalu lintas berulang yang berebihan (overloaded) yang menyebabkan umur pakai jalan lebih pendek dari perencanaan. Disisi lain, faktor ekonomi penting juga untuk mengetahui perkerasan lentur beserta pemeliharaannya,

Dari hasil analisa dan pembahasan untuk hasil survey dan perhitungan volume lalu lintas perkerasan menurut Bina Marga 1987 didapatkan hasil D1 = 7,65 cm, D2 =20 cm, dan D3 = 20 cm, jenis struktur perkerasan menurut manual desain perkerasan jalan 1987 (Bina Marga 1987) dengan tebal = 47,65 cm. Untuk hasil survey dan perhitungan volme lalu lintas perkerasan Bina Marga 2013 didapatkan hasil HRS WC = 3 cm, HRS Base = 3,5 cm, LPA Kelas A = 15 cm, dan LPA Kelas B = 15 cm, untuk tebal perkerasan pada metode Bina Marga 2013 didapatkan 36, 50 cm. Selisih tebal perkerasan metode Bina Marga 1987 dan 2013 adalah 11, 15 cm. Untuk hasil dari analisa kelayakan finansial sendiri didapatkan hasil total Rp. 1.181.200,00.

 

Kata kunci: Perkerasan Lentur, Bina Marga 1987 dan 2013, RAB


Full Text:

PDF

References


Andryani, Ferina. 2023. “Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Dan Solusi Alternatif Mneggunakan Vissim Pada Simpang Tiga Pakem, Kabupaten Jember.” Jurnal Smart Teknologi Universitas Muhammadiyah Jember 4(2): 254–66.

Ariga, J. 2022. “EVALUASI KINERJA KONSTRUKSI JALAN PADA JALAN KABUPATEN DAN SOLUSINYA (Studi Kasus: Jalan Jenggawah Kabupaten Jember.” 2(2): 143–50. http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13740.

Choiri, Tarmidhi Adhin, Amri Gunasti, and Taufan Abadi. 2023. “Perencanaan Perkerasan Jalan Dengan Menggunakan Metode Bina Marga Dan Anlisa Finansial Pada Ruas Jalan Lingkar Pancoran – Kejawan Kabupaten Bondowoso Road Pavement Planning Using the Bina Marga Method and Financial Analysis on the Pancoran – Kejawan Ring .” 4(4).

Departemen Pekerjaan Umum Bina Marga. 1987. “Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen.” Yayasan Badan Penerbit PU 73(02): 1–41.

Gunasti, Amri. 2022. “Studi Pemilihan Desain Perkerasan Jalan Pada Jalan Yang Rusak Berat Serta Analisa Finansial.”

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat; Direktorat Jenderal Bina Marga. 2017. “Manual Desain.” (02).

Koesnadi, Rsud H, Mitra Medika Hospital, and Bondowoso Regency. 2022. “Jurnal Smart Teknologi Pemodelan Karakteristik Perjalanan Di RSUD Dr . H . Koesnadi Dan Rumah Sakit Mitra Medika Kabupaten Bondowoso Trip Characteristics Modeling at Jurnal Smart Teknologi.” 3(6): 668–78.

Mathematics, Applied. 2016. “Evaluasi Kelayakan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Dan Kinerja Jalan Sekitar Stasiun Kereta Api Jember (Doap IX).” (Daop Ix): 1–23.

Priawitama, Akhmad Widya, Rofi Budi Hamduwibawa, and Taufan Abadi. 2020. “Evaluasi Kinerja Dan Tebal Lapis Perkerasan Dengan Menggunakan Metode Bina Marga 2013 Dan Drainase Jalan.” Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon 4(1): 18–23.

Teknologi, Jurnal Smart et al. 2021. “Evaluasi Kondisi Lapis Kontruksi Perkerasan Jalan Dengan Menggunakan Metode Bina Marga ( Perkerasan Lentur Dan Perkerasan Kaku ) Serta Analisa Finansialnya.” 1(1).

Turzillo, A. M., C.E. Campion, C.M. Clay, and T. M. Nett. 1994. “Studi Perbandingan Lapis Pondasi Atas Dengan Cement Trade Base (Ctb) Pada Proyek Pelebaran Jalan Nasional Trenggalek-Bts.Kab.Tulungagung.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 135(4): 1–16.

Vidiyanto, Fadhil Aditya Putra, Amri Gunasti, and Irawati Irawati. 2020. “Kinerja Parkir Dan Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Lahan Parkir Pada Stasiun Kereta Api Rambipuji (Daop Ix Jember).” Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon 4(2): 36–48


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.