Sistem Pakar Diagnos a Awal Penyakit Lambung Menggunakan Metode Cosine Similarity Berbasis WEB

Moh. Ade Bagus Anugerah, Deni Arifianto, Amalina Maryam Zakiyyah

Abstract


Suatu gejala penyakit merupakan awal dari sebuah penyakit yang dapat mengancam kesehatan seseorang. Penyakit adalah kondisi abnormal tertentu yang secara negatif memengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh tubuh suatu makhluk hidup. Lambung merupakan organ yang sangat vital karena berkaitan dengan pencernaan dari tubuh manusia. Jika terserang penyakit lambung tidak melakukan pemeriksaan ke dokter akan bisa sangat berbahaya. Oleh karena itu pada penelitian ini dibuat suatu sistem pakar untuk memudahkan masyarakat umum dalam mendiagnosa dini penyakit lambung. Metode yang akan digunakan dalam sistem ini adalah Cosine Similarity, dikarenakan metode ini merupakan sebuah metode yang tidak terpengaruh terhadap panjang banyak sedikitnya sebuah gejala dari penyakit umum dan memiliki tingkat akurasi yang cukup baik. Terdapat dua alur langkah sistem pakar dalam penjalanan sistem aplikasinya yaitu untuk bagian admin dan pasien. Perhitungan dilakukan secara menyeluruh terhadap gejala-gejala yang dialami dan sebagai pengecekannya dilakukan pengukuran tingkat akurasi. hasil dari sistem pakar diagnosa awal penyakit lambung berjalan dengan baik dan bisa digunakan sebagai deteksi pada penyakit lambung dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Kata kunci: Penyakit Lambung, Sistem Pakar, Cosine Similarity

Full Text:

PDF

References


Sukarmin. (2011). Keperawatan Pada Sistem Pencernaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Djojodiningrat D, 2006, Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam: Dispepsia Fungsional, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta.

Deodatus Yuda Handaya. 2017. Deteksi Dini dan atasi 31 Penyakit Bedah Saluran Cerna . Yogyakarta. Rapha Publishing

Sudoyo, A.W., DLL (2006). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid ke-IV., 28-29. Camilleri, Michael. (2018, Januari). The National Digestive Diseases Information Clearinghouse.https://www.niddk.nih.gov/health information/health topics/digestive-diseases/gastroparesis/Pages/facts.aspx.

White, Tim. (2014). What is the Difference Between an “Injury” and “Disease” for Commonwealth Injury Claims?. https://web.archive.org/web/201710 27024609/https://tgb.com.au/injured-people/what-is-the-difference-between an%e2%80%9cinjury%e2%80%9d-and%e2%80%9cdisease %e2%80%9d-for-commonwealth-injury-claims/.

Kurniadi, Deddy. (2020). Implementasi Algoritma Cosine Similarity pada sistem arsip dokumen di Universitas Islam Sultan Agung.https://journals.usm.ac .id/index.php/transformatika/article/view/1613

Andrian, Kevin. (2019). Bahaya Asam Lambung Jika Dibiarkan Terus-menerus. https://www.alodokter.com/bahaya-asam-lambung-jika-dibiarkan-terus-menerus.

Saputera, Monica Djaja. & Budianto, Widi. (2017). Diagnosis dan Tatalaksana Gastroesophageal Reux Disease (GERD) di Pusat Pelayanan Kesehatan Primer. Jurnal Continuing Medical Education CDK-252/ vol. 44 no. 5 th. 2017.

Sainah P. Faransyah, Sebastianus A. S. Mola, S. T., M.kom, Yelly Y. Nabuasa, S.Kom., M.Cs (2018). Implementasi Case Base Reasoning Menggunakan Metode Cosine Similarity Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Sapi.

Ridwang, Afif Nur. Syahyadi Indra, Syef. (2020). Sistem Pakar Pendeteksi Penyakit Pada Balita Menggunakan Metode Cosine Similarity Dan Algoritma NAZIEF ADRIANI.

Ariyawan Dwi, Made. (2018). Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Umum Pada Manusia Berbasis WEB.

Nurkholis, Andi, Riyantomo, Agung. dan Tafrikan, Muhammad. (2017). Sistem Pakar Penyakit Lambung Menggunakan Metode Forward Chaining. Joyce, Black. Hokanse Hawks, Jane.,(2014).Medical Surgical Nursing vol 2. Jakarta.

Manning, Christopher D., Raghavan, Prabhakar. dan Schutze, Hinrich (2008). Introduction to Information Retrieval. Cambridge University Press. 2008.

Bharucha, AE. Epidemiology and natural history gastroparesis. Gastroenterology Clinics of North America. 2015.

Valle DJ, Peptic Ulcer Disease and Related Disorders, Harrison’s Principle Internal Medicine 16th Edition, McGraw Hill, 2005.

Kusumadewi, Sri. (2003). Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya) Cetakan Pertama.

Uhlen, Mathias. (2015). Tissue-based map of the human proteome, Vol. 347, Issue 6220. 2015.

Boss, Richard W. (1991). What Is An Expert System? ERIC Digest. 1991


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.