Perencanaan Konstruksi Jalan Serta Drainase ( Studi Kasus Gunung Kapur Desa Grenden Kecamatan Puger Kabupaten Jember)

Muhammad Fajar Efendi, Adhitya Surya Manggala, Arief Alihudien

Abstract


Jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap jalan, dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas. Pemakaian program ini di lakukkan karena memiliki manfaat yang optimal dalam merencanaan konstruksi jalan, baik tingkat efisiensi waktu dan biaya. karenanya jalan merupakan fasilitas penting bagi manusia supaya dapat mencapai suatu daerah yang ingin dicapai. Sebuah jalan baru akan dibangun di Jl. Raya Puger menuju pabrik IMASCO, Kecamatan Puger,  Kabupaten Jember dengan panjang ± 4 km. Studi ini mencakup dua aspek dari perencanaan infrastruktur jalan, yaitu perencanaan perkerasan dan  drainase. Perekerasan akan dilakukan dengan metode binamarga 2013 dengan memperhitungkan jumlah kendaraan dan kekuatan tanah, dengan ketebalan 3cm untuk HRS WC, 3cm untuk HRS Base, 3,5cm untuk LPA Kelas A, 25cm dan 12,5cm untuk LPA Kelas B. Perencanaan drainase memperhitungkan curah hujan selama 10 tahun dan kemiringan jalan, dengan membagi dimensi saluran drainase menjadi tiga jenis, saluran pertama memiliki dimensi B=0.5m, H=1m, dan R=0.2m.

Kata Kunci: Perencanaan, Konstruksi Jalan, Drainase.


Full Text:

PDF

References


Wahyudi 2021. EvaluasiKinerja Konstruksi Jalan Pada Jalan Kabupaten dan Solusinya - Jalan Moh. Yamin, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Tugas Akhir Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Muhammadiyah Jember.

Anggraeni Ani1, Tahajjudin 2019 .Analisi Hidrolika Untuk Saluran Drainase Perumahan - Puri Dander Asri Ngumpak Dalem Kabupaten Bojonegoro. Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Departemen Pekerjaan Umum Badan Pembinaan Konstruksi dan Sumber Daya Manusia Pusat Pembinaan Kompetensi dan Pelatihan Konstruksi, 2005, (PUSBIN-KPK)

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, 2013, Manual Desain Perkerasan Jalan No. 02/M/BM/2013.

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga 1997. https://fdokumen.com/document/peraturan-perencanaan-geometrik-jalan-antar-kota-no38-tbm-1997-2.html (diakses pada12 Juni 2021).

Badrujaman, Aceng. 2016. Perencanaan Geometrik Jalan dan Anggaran Biaya Ruas Jalan Cempaka - Wanaraja Kecamatan Garut Kota. Jurnal Konstruksi. Sekolah Tinggi Teknologi Garut. ISSN : 2302-7312 Vol. 14 No. 1.

Arie Raymond Dau. 2011. Perencanaan Jalan Dan Rencana Anggaran Biaya Dan Ruas - Jalan Jepanan – Pandeyan Kecamatan Ngemplak Boyolali. Tugas Akhir Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Sebelas Maret.

Robby, Riani Desi, Widiyatmiko Rachmatdani. 2017. Analisa Geometrik Jalan Raya Pada Daerah Rawan Kecelakaan – Ruas Jalan Kasongan - Pundu Kalimantan Tengah. Jurnal Teknika. Universitas Palangka Raya. Volume 1, No 1, Oktober 2017 : 51 – 59.

Ruslan, Idham Muhammad. 2020. Penentuan Jenis Tikungan dan Geometrik Jalan Kayu Api Kuala Penaso, Kecamatan Talang Muandau, Riau. Jurnal Inovtek Seri Teknik Sipil dan Aplikasi. Politeknik Negri Bengkalis. E-ISSN : 2715-842x


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.