Desain Kapasitas Penampang Dan Analisa Anggaran Biaya Normalisasi Sungai Sampean Kabupaten Bondowoso

Rangga Ade Putra, Nanang Saiful Rizal, Totok Dwi Kuryanto

Abstract


Sungai induk yang melewati Kabupaten Bondowoso adalah Sungai Sampean. Debit banjir puncak Sungai Sampean pada lokasi penelitian didapatkan dari hasil perhitungan sebesar 798,51 m3/s dengan periode ulang 25 tahun. Sesuai hasil analisia kapasitas penampang Sungai Sampean dengan bantuan program HEC-RAS versi 6.2, didapatkan beberapa titik yang mengalami banjir yaitu pada Sta 14, 13, 12, 11, 10, 9, 8, 7, 5, 4, dan 3. Banjir terparah terjadi pada River Sta 10 yang mengalami limpasan di kedua sisi tebingnya dengan tebing kiri setinggi 1,27 m dan tebing kanan setinggi 1,17 m. Langkah yang dapat diambil guna mengatasi titik genangan banjir pada daerah penelitian yaitu dengan cara normalisasi sungai. Dengan cara mengeruk dasar sungai dan melebarkan sungai dapat menurunkan tinggi muka air secara efektif, sehingga tidak terjadi genangan atau luapan air. Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan normalisasi dan pembangunan dinding penahan tanah adalah senilai Rp. 22,671,066,000.00 (Dua Puluh Dua Milyar Enam Ratus Tujuh Puluh Satu Juta Enam Puluh Enam Ribu Rupiah). Biaya yang dibutuhkan untuk mengganti kerugian tanah atau lahan masyarakat yang terdampak banjir adalah senilai Rp. 2.024.147.000 (Dua miliar dua puluh empat juta seratus empat puluh tujuh ribu rupiah).

Keywords : Hidrologi; Hec-Ras; Rencana Anggaran Biaya (RAB)


Full Text:

PDF

References


Anto, Wiji., 2019. Analisis Dan Evaluasi Kapasitas Penampang Sungai Jatiroto Dengan Menggunakan Program Hec-Ras 4.1, Jember.

C. D. Soemarto, 1999. Hidrologi Teknik, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Djojowirono, Sugeng. 1984. Manajemen Konstruksi, Yogyakarta: KMTS Fakultas Teknik UGM.

Kusuma, Agung Tejo., 2016, Analisis dan Evaluasi Kapasitas Sungai Sampean Bondowoso Dengan Menggunakan Program HEC – RAS 4.1, Jember.

Mukomoko, J.A. 1980. Dasar Penyusun Anggaran Biaya Bangunan. Jakarta: Kurnia Esa

Soewarno, 1995, Hidrologi Aplikasi Metode Statistik Untuk Analisa Data, Penerbit Nova, Bandung.

Sosrodarsono dan Takeda, 1987, Hidrologi Untuk Pengairan, PT. Pradnya Paramitha, Jakarta

Suripin, 2004. Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan, ANDI Offset Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.