Evaluasi Sistem Drainase Kawasan Pada Desa Curahpoh Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso

Yesi Dwi Nusa Indah, Nanang Saiful Rizal, Irawati Irawati

Abstract


Drainase di Desa Curahpoh Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso saat musim hujan terjadi banjir. Permasalahan utama yang menjadi perhatian dalam penelitian ini adalah saluran primer  satu (S1) ,yang menjadi acuan titik awal. Masalah banjir yang terjadi di Desa Curahpoh Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso hingga saat ini masih belum dapat ditangani secara menyeluruh. Oleh karena itu perlu adanya tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi eksisting dilapangan serta untuk mengetahui debit banjir pada tiap saluran dan untuk mengetahui kapasitas penampang saluran. Adapun analisis yang akan dilakukan meliputi analisis data hidrologi mengolah data hujan mennggunakan aplikasi hydrognomom, sedangkan untuk menganalisa nilai debit banjir menggunakan aplikasi HEC – HMS dan Analisa data hidrolika menggunakan Aplikasi HEC – RAS. Berdasarkan hasil penginputan data pada aplikasi Hydrognomom didapatkan nilai 136,083 mm. Sedangkan dengan permodelan HEC-HMS diperoleh debit puncak 0,3 m3/detik. Adapun hasil dari permodelan HEC-RAS pada saluran 4A dengan dimensi Lebar (B) = 0,40 m dan Tinggi (H) = 0,30 m. didapatkan hasil dengan kondisi saluran tidak aman, Maka dari itu perlu adanya desain ulang dengan saluran penampang dengan lebar (B) = 0,60 m dan Tinggi (H) = 0,60 m berbentuk saluran persegi agar saluran menjadi aman.

 

Kata Kunci : Debit, Saluran Drainase,HEC-HMS,HEC-RAS.


Full Text:

PDF

References


(Manahan, 2017)Das, H. P., & Kabupaten, L. (2018). Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember.

Hec, A., Untuk, R. A. S., Dan, A., Di, B., Mujur, S., Tempeh, K., Lumajang, K., Pengairan, T., Konsentrasi, E., Sistem, K., Sumber, I., Air, D., Brawijaya, U., & Teknik, F. (2018). Aplikasi hec ras untuk analisa dan pena penanganan banjir di sungai mujur kecamatan tempeh lor kabupaten lumajang.

Manahan, E. T. (2017). Evaluasi Sistem Drainase Kawasan Medokan Semampir. https://core.ac.uk/download/pdf/291465051.pdf

HEC-RAS di Perumahan Taman Arcadia Mediterania Depok Jawa Barat. Dwijaya, Alber, 2014, Evaluasi Drainase Perkotaan Dengan Metode HEC-RAS di Kota Nanga Bulik, Lamandau Provinsi Kalimantan Tengah.

Evaluasi dan Perencanaan Ulang Saluran Drainase Pada Perumahan Sawojajar, Kecamatan Kadungandang, Kota Malang, 2014, [Internet]. [Diunduh tanggal 08 September 2021]. Tersedia pada: http://repository.untagsby.ac.id/1089/3/BAB%20II.pdf.

Luthfiyan, Zammy. 2014. Perencanaan Sistem Drainase Kota Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Surabaya: Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Ni Komang Sri Kartika, 2018. Evaluasi Fungsi Saluran Drainase Terhadap Kondisi Jalan Gunung Rinjani Di Wilayah Kecamatan Denpasar Barat.

Sistem Jaringan Saluran Drainase, 2014, [Internet]. [Diunduh tanggal 08 Oktober 2021]. Tersedia pada: http://e-journal.uajy.ac.id/11474/3/TS145052.pdf

Sri Kartika Ni Komang, 2018, Evaluasi Fungsi Saluran Drainase Terhadap Kondisi Jalan Gunung Rinjani di Wilayah Kecamatan Denpasar Barat.

Wesli, 2018, Drainase Perkotaan. Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.