Kajian Neraca Air Di Wilayah Sungai Cengal-Batulicin Dengan Fj. Mock Yang Di Validasi HEC-HMS

Anissa Yushafira, Totok Dwi Kuryanto, Adhitya Surya Manggala

Abstract


Wilayah sungai Cengal-Batulicin merupakan wilayah sungai yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan dan terdiri dari 62 DAS. DAS Batulicin, DAS Cantung, DAS Cengal, DAS Kusan, dan DAS Sampanahan merupakan DAS terbesar di Wilayah Sungai Cengal-Batulicin. Seiring dengan bertambahnya penduduk dari tahun ke tahun mengakibatkan semakin meningkatnya kebutuhan air baik dari berbagai sektor. Selain itu perubahan iklim juga menyebabkan tidak menentunya curah hujan sehingga menyebabkan ketersediaan air berkurang dan alokasi air jadi tidak terpenuhi. Oleh karena itu perlu adanya pengelolaan sumber daya air untuk mengetahui besarnya debit ketersediaan air dengan andalan 80% dan kebutuhan air dengan proyeksi pertumbuhan penduduk beberapa tahun kedepan. Adapun analisis yang akan dilakukan meliputi analisis debit andalan atau ketersediaan air menggunakan metode FJ.Mock yang kemudian divalidasi  HEC-HMS dan analisis kebutuhan air menggunakan metode analisis proyeksi kebutuhan air. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh debit andalan 80% tertinggi adalah 1,59 m3/detik pada DAS Sampanahan sedangkan dengan pemodelan HEC-HMS diperoleh debit andalan 80% tertinggi adalah 4,72 m3/detik pada DAS Kusan. Kebutuhan air  rata-rata saat ini  yang dibutuhkan sebesar 0,02-0,2 m3/detik dengan proyeksi jumlah penduduk pada tahun 2050 sebesar 0,04-0,3 m3/detik. Neraca air pada DAS Batulicin pada tahun 2014 mengalami defisit sebsar -0,03 m3/detik sedangkan tahun lainnya hingga tahun 2050 disetiap DAS mengalami surplus.

Kata Kunci : Metode Mock, HEC-HMS, Debit Andalan, Kebutuhan Air, Neraca Air.


Full Text:

PDF

References


Akbar, D. J. (2010). Perbandingan Model Hujan-Debit Menggunakan HEC-HMS (Hydrologic Engineering Center-Hydrologic Model System) Dan FJ. Mock Di Sub DAS Bang. Jurnal Universitas Brawijaya.

Fakhrurrazi, F. (2012). Analisis Ketersediaan Air DAS Asam-asam Dengan Menggunakan Debit Hasil Perhitungan Metode Mock. Jurnal Poros Teknik, 4(2), 57-64.

Rizal, N. S. (2014). Aplikasi Perencanaan Irigasi dan Bangunan Air. LPPM Unmuh Jember.

Saripatul, A. (2020). Analisis Ketersediaan Air Permukaan Kawasan Ekonomi Khusus Wisata Mandalika Dengan Menggunakan Software HEC-HMS (Studi Kasus di Daerah Aliran Sungai Kawasan Mandalika Resort) (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

Saves, F., & Sugianto, A. (2020). Perencanaan Embung Berdasarkan Kebutuhan Air Baku Desa Pasarenan Kabupaten Sampang Tahun 2027. Eternitas: Jurnal Teknik Sipil, 1(1), 1-6.

SNI 6728.1 : 2015 Tentang Penyusunan Neraca Spasial Sumber Daya Alam-Bagian 1 : Sumber Daya Air


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.