Studi Review Desain Gedung Bertingkat Tahan Gempa Dengan Memperhatikan Lokasi Jepitan Tiang Yang Panjang (Studi Kasus: Gedung RSUD Kota Probolinggo)

Vitria Salsabyla, Pujo Priyono, Ilanka Cahya Dewi

Abstract


Pondasi tiang pancang adalah batang yang relative Panjang dan langsing yang digunakan untuk menyalurkan beban pondasi melewati lapisan tanah dengan daya dukung rendah kelapisan tanah keras yang mempunyai kapasitas daya dukung tinggi yang relative dukung ujung (end bearing capacity) yang diperoleh dari tekanan ujung tiang.  Jenis pondasi yang umumnya dipakai dalam dunia kontruksi ada 2 yaitu pondasi dangkal dan pondasi dalam. Pondasi dangkal digunakan untuk bangunan yang tidak terlalu tinggi serta mempunyai keadaan tanah yang keras. RSUD Kota Probolinggo merupakan salah satu bangunan dengan tiang Panjang yang mempunyai ukuran yang cukup Panjang (+16 meter) dibawah permukaan tanah asli. Sehingga dilakukan studi review desain Gedung bertingkat tahan gempa dengan memperhatikan lokasi jepitan tiang yang Panjang. Hasil perhitungan dan Analisa menunjukkan bahwa perubahan posisi tumpuan jepit memberikan pengaruh peningkatan simpangan lateral lantai, sebesar Rasio = 8,56%, dengan kondisi memperhitungkan tingkat jepitan tanah akan memperbesar nilai simpangan lateral sebesar 8,56% terhadap kestabilan gedung. Selain itu perubahan posisi tumpuan jepit memberikan pengaruh peningkatan rasio kuat kolom, sebesar Rasio 13,3% dengan kondisi memperhitungkan tingkat jepitan tanah akan memperbesar nilai rasio kuat kolom sebesar 13,3%.

Keywords: tumpuan jepit, tingkat jepitan, tiang Panjang


Full Text:

PDF

References


Bowles, J.E., (1996) Foundation Analysis and Design, McGraw-Hill Kogakusgha, Ltd., Tokyo, Japan

Hardiyanto, H. C. (1996) Teknik Pondasi 1 Edisi Kedua. Gramedia Pustaka.

Hardiyanto, H. C. (2008) Teknik Pondasi 2 Edisi Keempat. Gramedia Pustaka

Hardiyatmo, H.C. (2003) Teknik Pondasi 1, Beta Offset, Yogyakarta

HS, S. (1911). Fondasi Tiang Pancang Jilid I. Surabaya: Sinar Wijaya.

Priyono, Pujo M.T, & Nurtjahningtyas, S.T, M.T. Indra (2021). Desain dan Analisis Struktur Bertulang Edisi kedua. Surabaya: CV. REVKA PRIMA MEDIA.

Sardjono HS. (1991). Fondasi Tiang Pancang Jilid II, Surabaya: Sinar Wijaya.

Tambunan, J.2012. Studi Analisa Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang. Jurnal Rancang sipil. Vol. I No.1. Pematang siantar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.