Evaluasi Desain Ruang Henti Khusus (RHK) Berjarak Sepeda Motor pada Persimpangan Bersinyal (Studi Kasus: Persimpangan SMPN 2 Jember, Kec. Patrang, Kab. Jember)
Abstract
Pada simpang SMPN 2 Jember saat ini ada salah satu RHK berjarak, yaitu di Jl. PB Sudirman. namun kendaraan masih mengekor kendaraan roda 4, serta kemacetan lalu lintas masih sering terjadi. Perlu dilakukan analisis jarak RHK pada simpang dengan melihat kepadatan lalu lintas pada simpang SMPN 2 Jember guna terciptanya kelancaran arus lalu lintas pada simpang bagi pengguna sepeda motor. Dari hasil analisa dan pembahasan didapatkan sebagai berikut, Ds untuk JL. PB. Sudirman (utara) didapatkan 0,802, JL. PB. Sudirman (selatan) didapatkan 1,339, dan untuk JL Bedadung (timur) didapatkan 0,219. Perhitungan tingkat keberhasilan RHK (utara). Kapasitas ruang henti kendaraan (C) C = A/D = 60 / 1,6 = 37,5 = 38 unit, tingkat keterisian RHK (DC) DC = R / C = 28 / 38 = 75 %. Perhitungan tingkat keberhasilan RHK (selatan). Kapasitas ruang henti kendaraan (C) C = A/D = 84 / 1,6 = 51,85 = 52 unit, tingkat keterisian RHK (DC) DC= R / C = 42 / 52 = 81 %. Untuk perencanaan RHK nya sendiri didapatkan JL. PB. Sudirman (selatan) panjang RHK = 12 meter, lebar RHK = 7 meter, dan tipe RHK = kotak, sedangkan untuk JL. PB. Sudirman (utara) panjang = 12 meter, lebar = 10,5 meter, dan tipe RHK = kotak.
Kata kunci: Ruang Berhenti Khusus (RHK), Simpang Bersinyal, Derajat Kejenuhan (Ds), Lalu Lintas
Full Text:
PDFReferences
A.S.Faqih. 2020. Simulasi kerja Bundaran Menjadi Simpang Bersinyal Pada Simpang Empat Jalan Mastrip – Jalan Kalimantan – Jalan Danau Toba Kabupaten Jember S1 Tugas Akhir Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jember
D.F. Amrulloh. 2020. Evaluasi Kinerja Simpang Jalan PB Sudirman dan Perencanaan Perubahan Arus Lalu Lintas ( Studi Kasus: JL. PB Sudirman Kabupaten Jember ) Tugas Akhir Program Studi Teknik Sipiil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jember.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 52/SE/2015 Tentang Pedoman Perancangan Ruang Henti Khusus (RHK) Berjarak Social Distancing Sepeda Motor.
Pedoman Perancangan Ruang Henti Khusus (2015). Pedoman Perancangan Ruang Henti Khusus (2020). Pusjatan (2009).
Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember (2020).
Direktorat Jenderal Bina Marga (1997).
Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.