Desain Proteksi Galian Dalam dengan Soldier Pile pada Konstruksi Basement Sport Center (Studi Kasus : Gedung Sport Center Universitas Muhammadiyah Jember)

Yunita Diah Andriyani, Arief Alihudien, Ilanka Cahya Dewi

Abstract


Penggalian konstruksi basement akan menjadi pokok bahasan dalam penelitian ini. Basement mulai berkembang di kota-kota besar karena keterbatasan lahan, ketinggian, atau keberadaan kereta bawah tanah. Runtuhnya dinding vertikal tanah menjadi kendala pekerjaan galian basement. Studi ini bertujuan untuk merencanakan dinding penahan tanah yang stabil dengan menggunakan metode elemen hingga. Dinding penahan adalah bangunan yang dirancang untuk menahan tanah pada tempatnya, mencegah runtuhnya lereng atau medan yang curam, yang kestabilannya tidak dapat dijamin oleh kemiringan tanah itu sendiri, dan untuk menciptakan bidang tegak. Jenis dinding penahan tanah yang digunakan pada penelitian ini adalah soldier pile karena berdasarkan kondisi aktual di lapangan dan sebagai struktur penahan tanah, soldier pile dapat digunakan di hampir semua jenis tanah dan di segala jenis lapangan. Analisis soldier pile dengan menggunakan aplikasi Plaxis 2D dan PCA Column. Plaxis digunakan untuk mendapatkan besarnya deformasi dan gaya-gaya dalam, sedangkan PCA Column digunakan untuk merencanakan struktur. Diameter soldier pile yang direncanakan adalah 60 cm dengan tinggi 6 m. Diameter 60 cm merupakan diameter maksimal dengan tingkat kesulitan mencapai batas dan dibutuhkan angkur.

 

Kata Kunci: Basement; dinding penahan tanah; soldier pile; metode elemen hingga; Plaxis 2D.

Full Text:

PDF

References


B. R. Sianipar, “Perencanaan Soldier Pile Untuk Perkuatan Lereng Jalan Tol Gempol – Pandaan STA. 6+518 S/D 6+575,” 2016.

Lindawati, S. Nabilah, dan Sutikno, “Perhitungan Dinding Penahan Tanah Pada Proyek Jalan Tol Di Depok,” Pros. Semin. Nas. Tek. Sipil Politek. Negeri Jakarta, 2019.

P. M. Siregar, “Analisis Stabilitas Soldier Pile Sebagai Dinding Penahan Tanah Dengan Metode Elemen Hingga Pada Gedung Menara Bri Jl. Jend. Sudirman Pekanbaru,” 2019.

T. D. Putra, N. Silmi, dan N. Djarwati, “Analisis Stabilitas Lereng Di Das Tirtomoyo Wonogiri Akibat Hujan Periode Ulang,” Matriks Tek. Sipil, 2015.

S. N. I. SNI, Persyaratan perancangan geoteknik, vol. 8460. 2017.

N. W. Siregar, “Analisis Steel Combined Wall Dengan Tubular Pile Terhadap Stabilitas Tanah Menggunakan Metode Elemen Hingga,” 2021.

Rubikon, Proyek Soil Investigation Universitas Muhammadiyah Jember. 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.