Optimasi Pada Konstruksi Slab on Pile Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) Surabaya dengan Tumpuan Interaksi Tanah

Muhammad Jovan Azmi Habiballoh, Arief Alihudien, Pujo Priyono

Abstract


Konstruksi slab on pile merupakan struktur jembatan yang dibangun di atas tanah berupa kombinasi tiang pancang dan pelat dari beton dengan jarak pondasi yang berdekatan. Biasanya, dalam perencanaan suatau bangunan, struktur atas dan pondasi di analisa secara terpisah karena hal itu memiliki kelemahan perhitungan yang kurang terinteraksi dengan baik. Oleh karena itu dalam penenlitian ini penulis mengoptimasi struktur Slab on Pile pada JLLB- Surabaya dengan tumpuan interaksi tanah, sehingga realitas desain yang diterapkan pada struktur atas dan pondasi akan mendekati kenyataan di lapangan.. Dari hasil perhitungan nilai springs constant untuk arah vertikal (Kv) pada ujung tiang pancang kedalaman 28 m didapat nilai 57.321 ton. Springs constant untuk arah mendatar atau horizontal (Kh) pada tiap kedalaman 1 m dengan pengelompokan sesuai jenis konsistensi tanah yaitu : kedalaman 1-10 m, tanah sangat lunak (Kh) 8.874 ton, kedalaman 11-14 m, tanah lunak (Kh) 3.944 ton, kedalaman 15-23 m, tanah medium (Kh) 8.874 ton, serta kedalaman 24-28 m, tanah kaku (Kh) 5.916 ton. Dari hasil optimasi didapat tebal pelat optimum 23,5 cm atau 0,235 m dengan derajat optimasi 41,25 %, juga didapatkan penambahan rasio tulangan, tulangan lapangan sebesar 78,29 % serta tulangan tumpuan sebesar 103,72 %.

 

Keywords: konsistensi tanah, slab on pile, springs constant, tiang pancang.

Full Text:

PDF

References


Academia. (2008). Perhitungan Slab Lantai Jembatan (Jembatan Srandakan Kulon Progo D.I.Yogyakarta). https://www.academia.edu/35130861/PERHITUNGAN_SLAB_LANTAI_JEMBATAN

Badan Standardisasi Nasional Indonesia. (2016a). SNI 1725:2016 Standar pembebanan untuk jembatan.

Badan Standardisasi Nasional Indonesia. (2016b). SNI 2833 : 2016 Perencanaan Jembatan Terhadap Beban Gempa SNI. 1–70.

Bowles, J. E. (1997). Foundation Analysis and Design International Fifth Edition. In Civil Engineering Materials.

Das, B. M. (1995). Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknik). Penerbit Erlangga, 1–300.

Das, B. M. (2015). Principle Of Foundation Engineering, Edisi 7,. In Cenage Learning (Vol. 7, Issue 1).

Dewi, I. C., & Priyono, P. (2018). Analisa Desain Fly Over Dan Slab on Pile Pada Perencanaan Jalan Lingkar Barat Kota Surabaya. Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon, 3(2). https://doi.org/10.32528/hgn.v3i2.3215

Fikri, H. (2018). Buku Ajar Gambar Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan. 134.

Hardiyatmo, H. C. (1996). Teknik Pondasi 1 Edisi Kedua. In Gramedia Pustaka Utama. Gramedia Pustaka Utama.

Husnah. (2013). Analisa Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Pada Proyek Pembangunan Pondasi Tissue Block 5 & 6. 73.

Kontruksiana.com. (2016). Penetrasi Beton Pracetak dan Prategang Baru Mencapai 18,6 Persen. Kontruksiana.Com. https://www.konstruksiana.com/2016/09/penetrasi-beton-pracetak-dan-prategang.html

Lubis, A. F. (2019). Analisis Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Secara Analitis Dan Numeris Pada Proyek Jalan Tol Medan - Binjai Seksi IA Jembatan Sei Deli STA 1+600.

Pagehgiri, J. (2015). Analisis Penggunaan Pondasi Mini Pile Pondasi Borpile Terhadap Biaya Dan Waktu Pelaksanaan Pembangunan Ruang Kelas SMPN 10 Denpasar. 8(1).

Paulus, P. . (2016). Buku Manual Pondasi Tiang. Universitas Katolik Parahyangan.

PUPR, K. (2020). Petunjuk Konstruksi Jembatan (Buku Saku Konstruksi Jembatan) (Issue April).

Sinaga, N. (2019). Jembatan di Sumut akan Pakai Teknologi Cable Stayed, Lebih Aman dan Indah.

https://medan.tribunnews.com/2019/11/28/jembatan-di-sumut-akan-pakai-teknologi-cable-stayed-lebih-aman-dan-indah

Supriyadi, B., & Muntohar, A. S. (2007). Jembatan (Edisi Pertama) Cetakan Ke-4. 1–244.

Suryono, S., & Kazuto, N. (2000). Mekanika Tanah & Teknik Pondasi. Pradnya Paramita, Jakarta.

Takaredase, J. M. (2016). Tinjauan Perencanaan Pondasi Metode Pelaksanaan Pada Pembangunan Gedung Auditorium Politeknik Negeri Manado.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.