Analisis Tingkat Kepuasan Siswa Mtsn 11 Jember Terhadap Pembelajaran Hybrid Menggunakan Metode Algoritma C 4.5

Wisdayanti Wisdayanti, Lutfi Ali Muharom, Miftahur Rahman

Abstract


Pandemi COVID-19 ini berdampak sangat besar pada semua bidang termasuk pada bidang pendidikan. Akibat pandemi COVID-19 ini, sekolah tutup dan siswa dituntut untuk belajar dari rumah sebab pemerintah menerbitkan peraturan social distancing. Mungkin dengan adanya model pembelajaran hybrid dimana menggabungkan metode tatap muka dan jarak jauh dapat membuat proses pembelajaran lebih bermakna dan meminimalkan dampak psikososial siswa dalam hal kepuasan belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengukur tingkat akurasi, presisi dan recall dari hasil klasifikasi tingkat kepuasan siswa dalam pembelajaran hybrid. Metode yang digunakan untuk membangun model klasifikasi dari tingkat kepuasan siswa yaitu Algoritma C4.5. Algoritma C4.5 merupakan salah satu solusi pemecahan kasus yang sering digunakan dalam pemecahan masalah pada teknik klasifikasi. Keluaran dari algoritma C4.5 itu berupa sebuah decision tree layaknya teknik klasifikasi lain. Berdasarkan 3 kali pengujian untuk kepuasan siswa MTSN 11 Jember dengan rapid miner menggunakan metode decision tree C4.5, diperoleh akurasi terbesar sebesar 64,70% dengan menggunakan confusion matrix.

 

Kata Kunci: Data Mining, Algoritma C4.5, Akurasi, Pembelajaran Hybrid, COVID-19

Full Text:

PDF

References


Afni, N., Susanti, M., & Zulfajri. (2020). Prediksi Kepuasan Tenant Pada Gedung Wisma Keiai Menggunakan Algoritma C4.5. Jurnal Infortech, 238-243.

Alawiah, R. H., Saifullah, & Damanik, I. S. (2021). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Bengkel Menggunakan Metode Algoritma C4.5. Jurnal Penerapan Sistem Informasi(Komputer & Manajemen), Vol 2, 31-38.

Amirudin. (2018). Penerapan Algoritma C4.5 untuk Prediksi Akurasi Kepuasan Pelanggan PO. Sinar Jaya. SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI PELITA BANGSA.

Andriani, A. (2012). Penerapan Algoritma C4.5 Pada Program Klasifikasi Mahasiswa Dropout. Seminar Nasional Matematika.

Fadillah, W. R., Hartama, D., Damanik, I. S., M.Safii, & Suhendro, D.

(2020). Implementasi Data Mining C4.5 Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Asisten Laboratorium Komputer. SENARIS, 403-414.

Fajrin, A. A., & Maulana, A. (2018). Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen dengan Algoritma FP-Growth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor. Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer(KLIK), Vol 05.

Fauzan, & Arifin, F. (2017). Hybrid Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran.

Haryati, S. (2020). Kepuasan Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19 Ditinjau Dari Kompetensi Profesional Guru dan Fasilitas Belajar. Universitas Pancasakti Tegal.

Hidayat, M. Y., & Andira, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Media Schoology Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA MAN Pangkep. Pendidikan Fisika, Vol 7.

Putra, I. A. (2015). Orientasi Hybrid Learning Melalui Model Hybrid Learning dengan Bantuan Multimedia di dalam Kegiatan Pembelajaran. EDUSCOPE.

Ramadhan, G., Windarto, A. P., Irawan, E., Saputra, W., & Okprana, H. (2020). Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma C4.5 dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Pasien BPJS. SENARIS, 376-385.

Rohman, I. F. (n.d.). Penerapan Algoritma C4.5 Pada Kepuasan Pelanggan Perum DAMRI . Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Rufiyanto, A., Rochcham, M., & Rohman, A. (2021). Prediksi Kepuasan Mahasiswa dengan Menggunakan Algoritma C4.5 terhadap Pelayanan Akademik. TRANSFORMTIKA, 210-214.

Safitri, M., & Aziz, M. (2020). Needs Analysis Model Hybrid Learning dengan G-Meet(MHL-GM) di Masa Pandemi COVID-19. SENANDIKA, 6-10.

Sari, M. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Rumah Nutrisi di Banjarmasin Sebagai Implementasi Penerapan Data Mining Algoritma C4.5. Technologia, 49-52.

Sikumbang, E. D. (2018). Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Teknik Komputer, Vol 4.

Susilo, H. A. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Siswa pada SMK Satrya Budi Karang Rejo. MAKER, Vol 1.

Tuapattinaya, P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Hybrid Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada SMP Negeri 6 Ambon. Bioogy Science & Education, Vol 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.