Pengaruh Zona Perdagangan Terhadap Kinerja Simpang Lima Bersinyal Dan Solusinya
Abstract
Perkembangan Kabupaten Banyuwangi sangat pesat dalam berbagai sektor. Evaluasi kinerja simpang lima bersinyal yang dituju untuk menaikkan kapasitas, menurunkan nilai derjat kejenuhan dan sedapat mungkin mengurangi konflik lalu lintas pada persimpangan. Metode penelitian ini dengan menggunakan (MKJI) 1997. Diperoleh hasil perhitungan kapasitas simpang lima bersinyal dengan total pergerakan pada jam puncak hari Minggu 13 Desember 2020 sebesar 1790,3 smp/jam, hari Selasa 15 Desember 2020 sebesar 1846,3 smp/jam, data Dishub sebesar 1874,7 smp/jam. Derejat kejenuhan simpang pada hari Minggu 13 Desember 2020 sebesar 0,7901, hari Selasa 15 Desember 2020 sebesar 0,8039, data Dishub sebesar 0,8281 dan tundaan rata-rata simpang pada hari Minggu 13 Desember 2020 sebesar 90,3788, hari Selasa 15 Desember 2020 sebesar 94,149, data Dishub sebesar 99,612. Alternatif 1 yang digunakan untuk memperbaiki kinerja simpang adalah dengan merubah waktu siklus dengan asumsi 125 detik. Dari hasil analisa alternatif dapat merubah kapasitas simpang menjadi lebih baik dari kondisi eksisting. Derajat kejenuhan pada kondisi alternatif 1 sebesar 0,781 dan tundaan rata-rata 87,584. Berdasarkan uraian perbaikan kinerja simpang bersinyal, Alternatif 2 merubah fase menjadi 3 fase, lebih baik menyelesaikan permasalahan yang ada. Derajat kejenuhan pada kondisi alternatif 2 sebesar 0,625 dan tundaan rata-rata 47,095.
Kata Kunci : Kinerja Simpang, Kapasitas, Derajat Kejenuhan, Tundaan, Alternatif Solusi.
Full Text:
PDFReferences
Marlok, E. K., 1978. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Terjemahan oleh Ir. Johan Kelanaputra Hainim 1995. Jakarta, Penerbit Erlangga.
Wapani, S., 1990. Merencanakan Sistem Transportasi, Penerbit ITB, Bandung.
Departemen Pekerjaan Umum, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Jendral Bina Marga : Jakarta.
Tamin, O. Z., 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung : Bandung.
Juliansyah., 2001. Perencanaan Simpang Bersinyal, Tugas Akhir Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta.
Sutrisno., 2003. Evaluasi Simpang Empat Bersinyal, Tugas Akhir Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Alamsyah, A.A., 2005. Rekayasa Lalu Lintas, UMM Press : Malang.
Khisty., Lall., 2005. Dasar-dasar Rekayasa Transportasi, edisi ketiga Penerbit Erlangga : Jakarta.
Darmawan, Arief., 2006. Analisis Kapasitas Simpang Bersinyal (Kasus Simpang Banyumanik, Kota Semarang) Kondisi Saat Ini. Tugas Akhir. Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Khadafi, M Reza dan Alwinda, Yosi., 2006. Analisis Simpang Bersinyal Pada Persimpangan (empat lengan) Jalan Soekarno Hatta – HR. Soebrantas di Kota Pekanbaru. Tugas Akhir. Universitas Riau.
Julianto, Eko Nugroho., 2007. Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Bangkong Dan Simpang Milo Semarang Berdasarkan Konsumsi Bahan Bakar. Thesis. Universitas Diponegoro, Semarang.
Wikrama, Jaya A.A.N.A., 2011. Analisis Kinerja Simpang Bersinyal pada Jalan Teuku Umar dan Jalan Gunung Salak, Denpasar Barat. Denpasar : Universitas Udayana Denpasar.
Pratama, Y. B. V., 2011. Analisis Simpang Bersinyal dengan Metode MKJI 1997. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta.
Aji, K., 2013. Analisis Karakteristik dan Kinerja Simpang Empat Bersinyal, Tugas Akhir Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Sitanggang, Lamhot Hasudungan Sariaman., 2014. Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus : Jl. K. H Wahid Hasyim – Jl Gadjah Mada). Tugas Akhir. Universitas Sumatera Utara, Medan.
Sari, R. R., 2015. Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Secara Teoritis dan Praktis, Potensi : Jurnal Teknik Sipil Politeknik.
Budiman, Arief. Intari, Dwi Esti., 2016. Analisa Kinerja Simpang Bersinyal pada Simpang Boru Kota Serang. Banten : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten.
Utomo, R. B., Yulianyahya, R. W., dan Fauziah, M., 2016, Evaluasi Perilaku Lalu Lintas pada Simpang dan Koordinasi Antar Simpang. Jurnal Teknisia, 21(1), 163-172.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.