Evaluasi Kondisi Lapis Kontruksi Perkerasan Jalan Dengan Menggunakan Metode Bina Marga (Perkerasan Lentur dan Perkerasan Kaku) Serta Analisa Finansialnya

Nur Adhadila Putri, Muhtar Muhtar, Noor Salim

Abstract


Dalam tinjauan ini perkerasan yang digunakan yaitu perkerasan lentur dan kaku dengan ketentuan PCI. Dalam penentuan kondisi perkerasan menggunakan PCI didapatkan kondisi perkerasan jalannya buruk yang terjadi di jalan raya Tamanan, terdapat pula jenis kerusakan yang banyak terjadi di jalan raya tamanan adalah retak memanjang dan lubang. Pada penelitian ini digunakan Laston MSS 744, Batu Pecah Kelas A Dan Batu Pecah Kelas B untuk struktur perkerasan Lentur Bina Marga 1987, Pada Perkerasan Kaku Bina Marga 2013  digunakan Beton, Bahan Pengikat, Subgrade CBR 6% dan untuk Perkerasan Lentur 2013 digunakan AC-WC, AC-BC dan LPA kelas A. Ketebalan dari masing- masing Metode di dapatkan 39 cm, 41 cm dan 50 cm. Perbandingan Analisa Finansial untuk Perkerasan Lentur 1987 sebesar Rp. 2.062.356.723, Perkerasan Kaku 2013 sebesar Rp. 3.044.081.616 dan Perkerasan Lentur 2013 sebesar Rp. 3.508.918.284

 

Kata Kunci: Analisa Finansial, Perkerasan Kaku, Perkerasan Lentur, PCI


Full Text:

PDF

References


Teknik, Spesifikasi. 2010 Rev. 2. Divisi 5. Perkerasan Berbutir . Litbang Prasarana Transportasi Badan Penelitian dan Pengembangan, Jakarta.

PU, DEPARTEMEN. 1987. Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Metode Analisa Komponen. Yayasan P.U. Jakarta.

Teknik, Bina. Marga, 1987. Analisa Pekerjaan Jalan dan Jembatan. Direktur Bintek. Jakarta.

Adi Wicaksono, 2019, EVALUASI KONDISI LAPIS KONTRUKSI PERKERASAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA SERTA ANALISA FINANSIAL (Studi kasus : Ruas Jalan Alun-Alun Rambipuji, Kabupaten Jember)

PU, KEMENTERIAN. 2012. Manual Desain Perkerasan Jalan. Jakarta : Direktur Jenderal Bina Marga.

Teknik, Bina Marga, 2013. Analisa Pekerjaan Jalan dan Jembatan. Direktur Bintek. Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga., Manual Pemeliharaan Jalan, Penerbit Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga 1983

Supardi Evaluasi kerusakanjalan ada perkerasan Rigid dengan menggunakan Metode Bina Marga (Studi kasus Ruas Jalan Sei Durian – Rasau Jaya Km 21 + 700 s.d Km 24 + 700)

Direktorat Jenderal Bina Marga. 1995. Manual Pemeliharaan Rutin Untuk Jalan Nasional dan Propinsi, No: 001/T/Bt/1995 Jilid I. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum

Fadhlan, Khairi. 2013. Evaluasi Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur dengan Metode Bina Marga Pt T-01-2002-B dengan Menggunakan Program KENPAVE. (Online). (jurnal.usu.ac.id/index.php/jts. Diakses 11 Oktober 2017).

Muhammad Nauval Araka Aris dkk, 2015. Analisa Perbandingan Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Lentur Mengunakan Beberapa Metode Bina Marga Studi Kasus: (RuasJalan Pringsurat-Batas Kedu timur) Teknik Sipil, Universitas Diponegoro. Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.