Evaluasi Simpang Tiga Tanpa Sinyal Pada Pertigaan Pasar Sempolan Jember

Marcellinus Zagala, Rofi Budi Hamduwibawa, Amri Gunasti

Abstract


Simpang tiga tanpa sinyal di pasar Sempolan Jember merupakan simpang dengan tiga lengan simpang diantaranya adalah Jl. Ahmad Yani Sempolan Jember (barat) – Jl. Ahmad Yani Sempolan Jember (timur) – Jl. KH Dewantara Sempolan Jember. Area sekitar simpang merupakan kawasan komersial yang memiliki tingkat aktifitas yang cukup tinggi seperti pasar, ruko, dan terminal sehingga kondisi lalu lintas pada simpang memiliki tingkat pertumbuhan yang cukup signifikan. Pada lokasi tersebut sering terjadi kemacetan lalu lintas seperti antrian pada lengan simpang mayor. Dalam penelitian yang dilakukan dengan judul Evaluasi simpang tiga tanpa sinyal pada pertigaan pasar Sempolan Jember diperoleh jam puncak pada tiga lengan simpang adalah pukul 06.00 – 07.00 WIB. Dengan nilai derajat kejenuhan (DJ) sebesar 0,53 dan tingkat pelayanan pada simpang adalah C. Tundaan (T) pada simpang memiliki nilai 10,33 det/skr dan nilai dari peluang antrian (PA) adalah 12% - 27%. Pada tahun 2026 tingkat pertumbuhan sebesar 5% didapat derajat kejenuhan (DJ) sebesar 0,68 dan tingkat pelayanan pada simpang adalah C. Tundaan (T) pada simpang memiliki nilai 11,79 det/skr dan nilai dari peluang antrian (PA) adalah 19% - 39%. Karena terjadi peningkatan dalam 5 tahun kedepan maka penulis memberikan solusi alternatif yaitu melakukan pelebaran jalan dan melakukan larangan belok kanan secara langsung pada jalur minor dengan hasil derajat kejenuhan (DJ) sebesar 0,47 dan tingkat pelayanan pada simpang adalah C. Tundaan (T) pada simpang memiliki nilai 9,70 det/skr dan nilai dari peluang antrian (PA) adalah 10% - 23%.

 

Kata Kunci : Simpang, Derajat Kejenuhan, Peluang Antrian, Tunda


Full Text:

PDF

References


Alamsyah, A. Alik. 2005. Rekayasa Lalu Lintas. S. Amien (Ed). Malang : UMM.

Alwi, Hasan. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 3. Jakarta: Balai Pustaka.

Aqsha, R.M. 2009. Kajian Kinerja Persimpangan Tidak Bersinyal pada persimpangan Jalan Soekarno-hatta-Jendral sudirman-Jalan Cut nyak dien.Medan, Universitas Sumatra Utara

Ariani, Sevi Riski. 2017. Evaluasi Kinerja Simpang Tak Bersinyal Jl. Rungkut Kidul – Jl. Zamhuri – Jl. Rungkut Tengah – Jl. Rungkut Industri Kidul Surabaya. Surabaya : ITS.

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga, 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga, 2014. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Luar Kota. Jakarta.

Firmansyah, Fuji. 2015. Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Jl. Balongsari Tama Tengah - Jl.Balongsari Tama Kecamatan Tandes Kota Surabaya. Universitas Muhammadiyah Malang.

Hariyanto, Joni. 2004. Perencanaan Persimpangan Tidak Sebidang Pada Jalan Raya. Medan: USU Digital Library.

Hartono. Statistik Untuk Penelitian. 2009. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hobbs, F.D. 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Penerbit Gadjah Mada University Press.

Https:jemberkab.bps.go.idstatictable/2015/03/12/39/perkembanganbanyaknyakendaraanmenurut–jenis–kendaraanberdasarkancatatan-kepolisianrejember-2007---2013-.html

O’Flaherty, C.A. 1997. Transport Planning And Traffic Enginering, Arnold, London.

Pignataro, L.J. 1973. Traffic Engineering: Theory and Practice, Prantice Hall Int., Englewood Cliffs, N.J.

Prasetyanto, Pramundityo dan Chairiri, Anis. 2013. ” Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Kinerja Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan”. Journal of Accounting, ISSN (online) : 2337-3806, Vol. 2, No.2, Tahun 2013, Halaman 1-12.

Putri, Dining D H. 2015. Evaluasi Kinerja Simpang Tak Bersinyal Menjadi Simpang Bersinyal Pada Simpang Empat Jl Kenjeran – Jl Tempurejo – Jl Sukolilo Lor Surabaya. Surabaya : ITS.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika.Tarsito : Bandung

Sukarno, dkk. 2003. Penentuan Gap di Suatu Simpang Tiga Dengan Rambu Yield atau Rambu Stop, Jurnal Teknik Sipil Vol 4 No. 1

Sulaksono W, Sony. 2001. Rekayasa Jalan, Institut Teknologi Bandung, Bandung

Transportation research board. 1994. Highway Capacity Manual (HCM) Special Report 209, Washington, D.C.

Transportation Research Board. 2000. Highway Capacity Manual, HCM. Washington, D.C.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.