http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/issue/feedGammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika2022-12-29T10:39:19+00:00Chusnul Khotimah Galateachusnulkhotimah@unmuhjember.ac.idOpen Journal SystemsGammath merupakan jurnal online ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jember yang berisi tulisan ilmiah dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang matematika dan pendidikan matematikahttp://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/8198ANALISIS PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA2022-12-29T10:39:18+00:00Hakim Setyobudi, Syamsuri, Maman Fathurrohmansetyobudihakim14@gmail.com<p>Matematika merupakan ilmu yang banyak memberi sumbangan dalam ilmu lain, dengan demikian matematika juga memiliki peranan dalam membekali siswa untuk menghadapi masa depan . Oleh sebab itu siswa perlu dibekali dalam kemampuan pemahaman matematik, agar dapat menghasilkan siswa yang mampu berpikir kritis, logis, sistematis, dan kreatif. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah <em>Single Subject Research</em> (SSR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan pemahaman matematis awal siswa kelas X di SMK N1 Lahewa pada operasi hitung pecahan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain A-B-A, pada desain ini terdapat pengulangan kondisi baseline yang dilakukan, dimana baseline2 diberikan setelah dilakukan intervensi. Berdasarkan analisis dari data hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan pemahaman matematis awal siswa pada Operasi Hitung Pecahan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengukuran kondisi baseline1 (A), intervensi (B) dan kondisi baseline2 (A) yang dilakukan selama 10 hari mengalami peningkatan. Hasil dari pengolahan data level perubahan pemahaman matematis siswa mengalami peningkatan dan dilihat dari persentase overlap menunjukkan 28,57% dan 14,28 % yang artinya pengaruh intervensi (B) terhadap target behaviour sangat baik.</p><p><strong>Kata Kunci</strong>: Single Subject Research, Kemampuan matematis awal, pecahan</p>2022-07-19T17:08:30+00:00Copyright (c) 2022 Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematikahttp://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/8427KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA DALAM MENGGUNAKAN SOAL TWO TIER MULTIPLE CHOICE2022-12-29T10:39:19+00:00Chusnul Khotimah Galatea, Nanda Ayu Rosyta Sarijurnal.gammath@unmuhjemebr.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir analisis siswa <br />kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar dalam menyelesaikan soal tipe two <br />tier multiple choice. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah <br />penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini <br />ialah tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal <br />tes, pedoman wawancara, dan lembar validasi. Hasil penelitian ini menunjukkan <br />bahwa siswa berkemampuan tinggi memiliki kemampuan berpikir analisis yang <br />sangat baik dengan persentase 80%, siswa berkemampuan sedang memiliki <br />kemampuan berpikir analisis yang cukup baik dengan persentase 40%, sedangkan<br />siswa berkemampuan rendah memiliki kemampuan berpikir analisis yang kurang <br />dengan persentase 20%-30%. Lebih lanjut, kemampuan berpikir analisis siswa <br />berdasarkan level kognitif menggunakan soal two tier multiple choice berbeda-beda <br />tergantung dengan pencapaian indikator kemampuan berpikir analisisnya. Siswa <br />yang cenderung menjawab benar pada second tier memiliki persentase lebih besar <br />menjawab benar pada first tier.<br />Kata Kunci: berpikir analisis, two tier multiple choice</p>2022-08-19T14:29:41+00:00Copyright (c) 2022 Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematikahttp://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/8439STRATEGI PENGUATAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA BAGI PESERTA DIDIK PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR2022-12-29T10:39:19+00:00Feriyanto, Feriyantomuhammad.feriyanto@unim.ac.id<p>Berdasarkan hasil PISA 2018, kemampuan siswa Indonesia memperoleh skor di bawah rata-rata skor rata-rata OECD dalam membaca, matematika dan sains. Bisa disimpulkan kemampuan membaca dan matematika siswa di Indonesia masih rendah. Sehingga diperlukan strategi penguatan literasi dan numerasi. Kebijakan Merdeka Belajar merupakan tindakan nyata dalam menguatkan literasi dan numerasi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pentingnya strategi penguatan literasi dan numerasi bagi peserta didik pada kurikulum merdeka belajar yang melibatkan pihak-pihak yang berperan dan terkait. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research) Pengkajian sumber-sumber pustaka untuk memperoleh data penelitian yaitu arikel penelitian dan buku-buku yang relevan dengan tujuan penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisi isi (<em>content analys</em>). Hasil penelitian ini adalah strategi peningkatan literasi dan numerasi melalui kerjasama antara pemerintah, sekolah, guru, kepala sekolah, siswa dan orangtua. Pemerintah melalui program-program yang berkualitas seperti gerakan literasi numerasi sekolah, asesmen kompetensi minimum, dan lain sebagainya. Sekolah melalui program yang komprehensif, dan menyediakan sarana prasarana yang mendukung pengembangan ketrampilan literasi numerasi matematis, kerjasama dengan guru terkait implementasi pembelajaran yang menekankan peningkatan literasi dan numerasi. Sedangkan orangtua dapat mendampingi dan memfasilitasi guru dan peserta didik serta melakukan pengawasan dan pengarahan dalam penggunaan media yang digunakan oleh siswa.</p><p><strong>Kata Kunci: </strong>Literasi, numerasi, merdeka, belajar</p>2022-08-22T08:29:58+00:00Copyright (c) 2022 Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematikahttp://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/8519PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH DI KELAS VIII SMPN 1 KERITANG2022-12-29T10:39:19+00:00Thiansi Irmatika, Haida Fitri, M. Imamuddin, Tasnim Rahmatthiansiirmatika01@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis <em>Macromedia Flash </em> di kelas VIII SMPN 1 Keritang yang valid, praktis dan efektif. Jenis pengembangan<em> Research &</em> <em>Development</em> (R&D) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari Analisis, Desain, <em>Development</em>, Implementasi, dan Evaluasi. Sedangkan Instrumen pengembangan yaitu lembar validasi, lembar angket, dan tes. Pada hasil pengembagan media berbasis <em>Macromedia Flash </em> pada pembelajaran matematika dapat memenuhi kriteria valid dengan hasil 81%. Sedangkan hasil pengembangan media berbasis <em>Macromedia Flash </em>pada pembelajaran matematika memenuhi kriteria dangan sangat praktis berdasarkan responden siswa mencapai 86,5% dan responden guru 92%. Maka hasil uji efektifitas media pembelajaran memenuhi kriteria efektif dengan uji tes hasil belajar mencapai ketuntasan 78.26% dari 100% dengan jumlah siswa 23 orang. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran berbasis <em>Macromedia Flash </em>pada pembelajaran matematika dinilai valid, praktis dan efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika.</p><p><strong>Kata Kunci: </strong><em>Pengembangan, Macromedia Flash, Media Pembelajaran, Matematika</em>.</p>2022-09-06T14:31:04+00:00Copyright (c) 2022 Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematikahttp://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/8547EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING2022-12-29T10:39:19+00:00Murni Sulistyaningsih, Navel Oktaviandy Mangelep, Derel Filandy Kaunangmurni_sulistyaningsih@unima.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan <em>E-Learning</em> pada pembelajaran Matematika materi logika dengan pendekatan <em>Problem Posing</em>. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika Unima, semester II kelas 3233223-1 yang mengambil mata kuliah Himpunan dan logika untuk materi Logika, pada semester genap tahun akademik 2021/2022, yang berjumlah 28 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes hasil belajar dalam bentuk uraian (essay) dan angket untuk menjaring data tentang kemampuan dalam mengelola pembelajaran, aktivitas responden dan respons dalam pembelajaran daring (<em>E-Learning</em>). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan <em>E-learning</em> pada pembelajaran Matematika dengan pendekatan <em>Problem Posing</em> efektif pada pembelajaran Matematika materi Logika Matematika di semester II di kelas 3233223-1, tahun akademik 2021/2022. Hal ini disebabkan karena sudah memenuhi kriteria keefektifan, yang meliputi: a) Kemampuan mengelola pembelajaran dikategorikan sangat baik, dengan nilai rata-rata 3,603. b) Aktivitas pembelajar selama pembelajaran dikategorikan aktif, dengan nilai rata-rata 3,47. c) Respons pembelajar terhadap pembelajaran yang digunakan adalah positif, dengan persentase yang menyatakan setuju sebesar 78,05%. d) Data ketuntasan belajar secara individual dan klasikal tercapai yaitu sebesar 85,71 %.</p><p><strong>Kata Kunci: </strong>Efektifitas, <em>E-Learning</em>, Pembelajaran Matematika, <em>Problem Posing</em></p>2022-09-13T15:35:34+00:00Copyright (c) 2022 Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematikahttp://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/8677PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN GEOGEBRA CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR2022-12-29T10:39:19+00:00Sri Nesa Br Ginting, Sylvia J.A Sumarauw, Victor R. Sulangisrinesaginting18@gmail.com<p>Penerapan model pembelajaran yang inovatif sangat dibutuhkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui apakah model <em>Direct Instruction </em>berbantuan <em>GeoGebra Classroom </em>berpengaruh terhadap<em> </em>hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Tondano. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode <em>Posttest-Only Control Group Design</em>. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tondano yang dibagi menjadi 9 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII<sub>G </sub>Sebagai kelas eksperimen dan VIII<sub>H </sub>sebagai kelas kontrol. Sampel diambil menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Instrumen penelitian berupa tes uraian. Data yang diperoleh adalah hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen adalah = 81,1, sedangkan kontrol = 71,8, secara statistik data hasil tes berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis data yang menggunakan uji t, diperoleh nilai t_<sub>hitung</sub> = 1,945 > t_<sub>tabel</sub> = 1,679 pada taraf signifikan 5%, sehingga sesuai dengan rumusan hipotesis maka H<sub>0</sub> ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model <em>direct instruction</em> berbantuan <em>GeoGebra Classroom</em> terhadap hasil belajar siswa pada bangun ruang sisi datar.</p><p><strong>Kata Kunci: </strong>Model <em>Direct Instruction, GeoGebra Classroom, </em>Hasil Belajar.</p>2022-09-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematikahttp://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/8628EFEKTIVITAS RECIPROCAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP DARUR RAHMAH2022-12-29T10:39:19+00:00Abdul Muiscahyodimas10@gmail.comDimas Anditha Cahyo Sujiwocahyodimas10@gmail.comTrio Suwargonocahyodimas10@gmail.com<p>Strategi pembelajaran <em>Reciprocal learning</em> merupakan salah satu yang digunakan dalam merangsang siswa agar aktif belajar dengan cara terlibat pada aktivitas pembelajaran. Siswa sebaiknya dibiasakan mandiri agar percaya diri dan dapat mengembangkan kemampuannya. Pembelajaran <em>Reciprocal learning</em> dikatakan efektif terhadap pembelajaran matematika materi SPLDV di kelas VIII SMP Darur Rahmah apabila: 1) Hasil belajar siswa menunjukkan 80% siswa secara klasikal tuntas KKM, 2) Aktivitas siswa menunjukkan berada pada minimal kategori baik, 3) respon siswa positif dengan minimal kategori baik. Pengumpulan data berupa pengamatan, angket dan tes tulis. Pengamatan sebagai mengamati aktivitas belajar siswa saat kegiatan pembejaran dengan treatment <em>reciprocal learning</em>. Angket digunakan mengetahui efektivitas pembelajaran <em>reciprocal learning</em>. Tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Rata-rata aktivitas siswa selama dua pertemuan dengan penerapan <em>reciprocal learning</em> berada pada kategori baik sekali yaitu 83,75%. Persentase seluruh rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran <em>reciprocal learning</em> sebesar 85,98%. Selanjutnya Melalui penerapan <em>Reciprocal learning</em> hasil belajar siswa meningkat, yaitu terdapat 90,90% siswa tuntas secara klasikal. Berdasarkan hasil ini <em>reciprocal learning</em> efektif dalam Pembelajaran Matematika Di SMP Darur Rahmah.</p><p><strong>Kata Kunci: </strong>Efektivitas, <em>Reciprocal learning, </em>Matematika.</p>2022-09-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematikahttp://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/8429PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA BERBASIS OPEN ENDED PROBLEM BERORIENTASI LITERASI NUMERASI2022-12-29T10:39:19+00:00Ervi Nurazizaherviazz0802@gmail.comPadrul Janapadrul.jana@upy.ac.idPenelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis open ended problem berorientasi pada literasi numerasi siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE melalui 5 tahapan yaitu Analysis (Menganalisis), Design (Rancangan Produk), Development (Mengembangkan Produk), Implementation (Mengujicobakan) dan Evaluation (Mengevaluasi). Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas VII G SMP N 3 Jetis. Teknik mengumpulkan data dan informasi melalui angket validitas LKPD, angket respon peserta didik, angket respon guru dan tes open ended problem berorientasi pada literasi numerasi. LKPD yang dikembangkan menunjukkan bahwa: (1) Validitas LKPD sebesar 4,24167 dengan kriteria sangat valid. (2) Praktikalitas LKPD sebesar 4,50556 dengan kriteria sangat praktis. (3) Efektivitas LKPD sebesar 73,33333% dengan kriteria efektif. LKPD matematika berbasis open ended problem berorientasi literasi numerasi pada materi aritmatika sosial untuk kelas VII yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.2022-12-29T10:37:11+00:00Copyright (c) 2022 Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika