Pengaruh Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Market Place Di Shopee

Fathor Rahman, Mohammad Baqir Ainun, Liyanto Liyanto, Minullah Minullah

Abstract


Era digital saat ini mendorong manusia untuk melakukan segala aktifitas dengan sangat cepat dan akurat terutama dalam memenuhi segala bentuk keinginannya dalam berbelanja. Riset ini untuk menganalisis dan mengetahui sejauh mana kualitas produk,harga, terhadap keputusan pembelian melalui Shopee studi Mahasiswa FEB Unija. Menggunakan teknik kuantitatif. Data penelitian yaitu: validitas dan reliabitas kemudian uji analisis menggunakan regresi berganda (Uji T dan F). Hasil menyatakan bahwa 1) terdapat pengaruh antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian, 2) sedangkan harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena harga masih belum menjadi faktor penentu bagi mahasiswa dalam memutuskan untuk membeli suatu produk. secara simultan kualitas produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian di e commerrce shopee. Hal ini menjelaskan bahwa kualitas dari produk adalah harapan oleh banyak masyarakat. penelitian ini bisa digunakan untuk perbandingan dan acuan bagi para produsen, pelanggan serta dunia akademisi dan bisa dijadikan pertimbangan oleh masyarakat dalam memutuskan pembelian pada suatu produk yang sesuai dengan harapan mereka.


Keywords


Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Anon. n.d. “Portal Teknologi Teknonisme.” Retrieved September 11, 2021a (https://teknonisme.com/).

Anon. n.d. “Shopee) - Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas.” Retrieved December 13, 2021b (https://id.wikipedia.org/wiki/Shopee)).

Arbaini, Pratiwi. 2020. “Pengaruh Consumer Online Rating Dan Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Marketplace Tokopedia.” Jurnal Bisnis Dan Manajemen 7(1):25–33. doi: 10.26905/jbm.v7i1.3897.

Ardianti, Asri Nugrahani, and M. A. Widiartanto. 2019. “Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee .” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 1–11.

Buana, Yud, Desman Hidayat, ; Budi Prayogi, and ; Vendy. 2017. “The Effect of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention of University Students by Adopting Linan Model.” Indonesia 1 Binus Business Review 8(1):67–75. doi: 10.21512/bbr.v8i1.1958.

Dewi, Anteng Gustiana. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya.” 1(2):173–89.

Ernawati, Diah. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung.” JWM (Jurnal Wawasan Manajemen) 7(1):17. doi: 10.20527/jwm.v7i1.173.

Fatmaningrum, Sakti Riana, Susanto, and Muinah Fadhilah. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea.” Jurnal Ilmiah MEA 4(1):176–88.

HIDAYATI, NUR LAILI. 2018. “PENGARUH VIRAL MARKETING, ONLINE CONSUMER RIVIEWS DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHOPEE DI SURABAYA.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 6(2).

Ifur, Anwar, and Satrio Budhi. 2009. “PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Budhi Satrio Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 4(12):15 0f 15.

Al Khazim, Iqbal. 2016. “PENGARUH STRATEGI INTERNET MARKETING TERHADAP PERILAKU KONSUMEN LAZADA.CO.ID DALAM BERBELANJA ONLINE MELALUI VARIABEL ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) THE INFLUENCE OF INTERNET MARKETING STRATEGY TOWARD LAZADA.CO.ID CONSUMER BEHAVIORS IN ONLINE SHOPPING THROUGH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) VARIABLES.” Jurnal Ekonomi Bisnis 21(2).

Kotler, Philip. 2012. Marketing Management, 14th Ed. Prentice Hall.

Loekamto, Andry. 2012. “Implementasi Technology Acceptance Model (Tam) Dalam Online Shopping.” Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen 1–5.

Murty, Dea, and Imroatul Khasanah. 2015. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Pelangi Kemasan 600Ml Di Semarang.” Diponegoro Journal of Management 4(2):1–11.

Nasution, Siti Lam’ah, and Denny Ammari Limbonong, Christine Herawati Ramadhan. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan Kemudahan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee.” Journal Ecobisma 43–53.

Ong, Ian Antonius. 2013. “Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi,Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincao Station Grand City, Surabaya.” Jurnal Strategi Pemasaran 1(2):1–11.

Rafidah, Inas. 2017. “Analisis Keamanan, Kemudahan, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Lazada.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 6(2):1–17.

Sabran, Bob. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke-12 / Philip Kotler; Gary Armstrong; Alih Bahasa Bob Sabaran. Erlangga.

Septiani, Sarah, and Bono Prambudi. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo.” Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs) 14(2):153–68. doi: 10.35508/jom.v14i2.4747.

Soltani, Morteza, Mohammad Rahim Esfidani, Gholamreza Jandagkahi, and Nima Soltaninejad. 2016. “The Effect of Service Quality on Private Brand Image and Purchase Intention in The Chain Stores of ETKA.” World Scientific News 47(2):202–16.

Sugiyono. 2018. “Metode Penelitian Kuantitatif.”

Sunarsi, Denok. 2021. “KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SEPEDA MOTOR HONDA.” 1.

Syahabuddin, Muhammad Hisyam. 2019. “PENGARUH SUASANA TOKO DAN KERAGAMAN PRODUK KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO GAJAYANA STORE.”

Tirtayasa, Satria, Anggita Putri Lubis, and Hazmanan Khair. 2021. “Keputusan Pembelian : Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen.” Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen 5(1):67–86.

Tjiptono, Fandy. 2012. Pemasaran Strategik - Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif, Hingga e-Marketing Edisi 2. C.V ANDI OFFSET.

Victoria Dian Kartikarini, Sampumo, Djoko Wahyono. 2011.

“PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BAURAN PROMOSI ‘R’ PT AIR MANCUR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI KOTA SURAKARTA.” Jurnal Manajemen Dan Pelayanan Farmasi (Journal of Management and Pharmacy Practice) 1(2011).

Yazia, Vivil. 2014. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry.” Journal of Economic and Economic Education 2(2):165–73.

Yulianda, Siska, and Tati Handayani. 2015. “The Effect of Two Aspects-Quality Products and Consumers Psychology - Toward the Purchase Decisions of Samsung Mobile Phone.” Mediterranean Journal of Social Sciences. doi: 10.5901/MJSS.2015.V6N5S5P203.

Yulianto, Hendro Eko, Edy Yulianto, and . Wilopo. 2013. “PENGARUH RETAIL MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIDAK TERENCANA PADA PUSAT PERBELANJAAN (Survei Pada Konsumen Matahari Department Store Cabang Matos).” Jurnal Administrasi Bisnis 1(2):186–94.




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v8i2.8577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats