Pengaruh Biaya Bahan Baku, Biaya Tenaga Kerja Langsung, Biaya Overhead Pabrik Terhadap Laba pada Ud. Surya Mandala Putra

Enza Resdiana

Abstract


Permasalahan penelitian ini tingginya biaya produksi berdampak pada tingkat penjualan. Secara kuantitas, suatu perusahaan sudah membatasi hasil produksinya dengan menyesuaikan pada biaya produksi yang harus dikeluarkan. Ketika hasil produk secara kuantitas berkurang tentunya juga berdampak pada laba yang diperoleh. Pemenuhan kualitas produk yang lebih baik maupun harga yang bersaing merupakan tantangan tersendiri bagi perusahaan. Apalagi, tuntutan tersebut dibarengi dengan tingginya biaya produksi. Sehingga, perusahaan dituntut untuk dapat menekan biaya produksi yang terdiri dari biaya bahan baku, upah tenaga kerja langsung dan overhead pabrik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial masing-masing variabel biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik terhadap laba dan pengaruh secara simultan variabel biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik terhadap laba. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data yang diperoleh langsung dari perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial biaya bahan baku berpengaruh signifikan terhadap laba, biaya tenaga kerja langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap laba, biaya overhead pabrik tidak berpengaruh signifikan terhadap laba, secara simultan variabel bebas yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat yaitu laba pada tingkat kepercayaan sampai dengan 0,05 ( dengan tingkat signifikan 5%). Dengan demikian variabel bebas yaitu biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik mempengaruhi variabel terikat yaitu laba secara bersama-sama, dapat diterima.

Keywords


biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik, laba

References


Mulyadi. (2012). Akuntansi Biaya. UPP STMI YKPN.

Nurlela, B. B. (2006). Akuntansi Biaya. Graha Ilmu.

Nursanti, W., Dinda, R., & Setyorini, A. (2021). Pengaruh Biaya Bahan Baku Langsung dan Biaya Tenaga Kerja Langsung Terhadap Laba Usaha. Jurnal Akuntansi FE-UB, 15(1), 1–17. www.idx.co.id

Setiawan, D., & Kurniasih, N. C. (2020). Pengaruh Biaya Bahan Baku Dan Biaya Tenaga Kerja Terhadap Laba Bersih Pada Pt. Satwa Prima Utama. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 11(April), 55–64.

Simamora, H. (2002). Akuntansi Manajemen. UPP AMP YKPN.

Sugiyono. (2013). Statistik untuk penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wahyui, S. (2019). Pengaruh Biaya Bahan Baku Dan Biaya Tenaga Kerja Langsung Terhadap Volume Produksi Pada Raihan Bakery and Cake Shop Medan. 1–54.




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v8i2.8553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats