PERSEPSI KARYAWAN PADA GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP SEMANGAT KERJA, DENGAN IKLIM ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA KARYAWAN UD. UTAMA RAYA SITUBONDO

Ayu Siti Munawaroh, Toni Herlambang, Hisyam Zaini

Abstract


Telah banyak dilakukan penelitian tentang pengaruh gaya kepemimpinan Transformasional dan iklim Organisasi terhadap semangat kerja karyawan. Penelitian-penelitian tersebut walaupun sama-sama menggunakan gaya kepemimpinan transformasional, iklim organisasi dan semangat kerja karyawan, namun didapatkan hasil yang berbeda-beda. Maka dari pada itu perlu diadakan penelitian lagi sebagai pembanding dengan penelitian yang sudah-sudah. Hipotesis dalam penelitian ini gaya kepemimpinan transformasional dan iklim organisasi berpengaruh terhadap gaya kepemimpinan transformasional, iklim organisasi secara simultan maupun secara parsial. Objek penelitian ini adalah karyawan UD Utama Raya Sitobondo yang memiliki jumlah populasi 105 karyawan dengan jumlah sampel yang digunakan sebagai responden adalah 60 karyawan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner dan alat analisis data menggunakan analisis regresi moderating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional dan iklim organisasi berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja karyawan secara simultan, dan secara parsial. Didapatkan fakta bahwa iklim organisasi tidak memoderasi pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap semangat kerja karyawan.

Kata kunci:gaya kepemimpinan transformasional, iklim organisasi dan semangat kerja karyawan


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Nawawi, H. 2000. Kepeminpinan mengefektifkan Organisasi. Gajah Mada University Press, Jogyakarta.

Rivai, Vertrizal. 2002. Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sastrohadiwiryo, Siswanto, 2003, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, edisi 2, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta. Bandung.

Wahjosumidjo. 1999. Kiat kepemimpinan Dalam Teori dan Praktek. PT Harapan Masa, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats