MENGEMBANGKAN MINAT MENJADI WIRAUSAHA DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Studi Kasus Pada Mahasiswa FE Universitas Muhammadiyah Jember)

Haris Hermawan

Abstract


Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengkaji dan meneliti perilaku manusia dengan terjun langsung ke lapangan, bertemu dan berinteraksi secara intensif dengan subjek penelitian dan menjadi bagian dari dinamika kehidupan subjek. Kebenaran yang ditemukan, murni berasal dari lapangan, bukan berasal dari kesamaan dengan teori-teori yang baku. Problem Based Learning (PBL) digunakan sebagai strategi dalam melakukan interaksi dengan mahasiswa sebagai informan. Hasil penelitian dengan taksonomi ranah kognitif Bloom  menunjukkan bahwa mahasiswa telah mampu menjadi wirausaha,  dengan mengetahui kemampuan mahasiswa menjadi wirausaha diharapkan dapat dipergunakan oleh dosen pengampu dalam menyusun RPS sebagai acuan dalam capaian pembelajaran mahasiswa dan pengembangan ranah afektif dan psikomotorik.

Kata Kunci : problem based learning, taksonomi ranah bloom, kewirausahaan

References


Kotler, Philip &, Amstrong, Gary. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 1 Edisi Indonesia, Jakarta: Prehalindo.

Kotler, Philip, & Amstrong, Gary. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 2, Jakarta: Prehalindo.

Sugiono, 2007, “ Metode Penelitian Bisnis”, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa, Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.

Herdiansyah, Haris. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikologi, Jakarta, Salemba Humanika.

Ali Mukson (2005). “Implementasi Problem-Based Learning Dalam Pembelajaran Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 2 Nomor 3,

Resti. Dkk (2013). “Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah, INVOTEC, Volume IX, No.2,

Retno dan Fiki (2016). “Minat Menjadi Wirausaha Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember”. Penelitian Internal

http://sumardi28.blogspot.co.id/2011/01/ranah-penilaian-kognitif-afektif-dan.html , ranah penilaian-kognitif-afektif-psikomotorik di sadur dari hotpage




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v3i1.785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats