DAMPAK KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN OPTIK MARLIN CABANG JEMBER

Masnia Mahardi Yanuar, Nurul Qomariyah, Budi Santosa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap  kepuasan pelanggan pada Optik Marlin Cabang Jember di Jl. Raya Sultan Agung No.183-185 (Jompo Shoping Center) Jember. Sampel yang diambil yaitu sebanyak 50 pelanggan yang pernah melakukan transaksi di Optik Marlin Cabang Jember. Teknik pengumpulan data dari pelanggan menggunakan kuisioner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi berganda. Analisis yang digunakan yaitu IBM SPSS for Window version 16. Hasil analisa penelitian menunjukan bahwa kualitas produk, harga, promosi, dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Dari hasil penelitian ini pihak Optik Marlin Cabang Jember di Jl. Raya Sultan Agung No.183-185 (Jompo Shoping Center)  Jember akan berusaha meningkatkan lagi dalam pelayanan yang diberikan untuk pelanggan supaya pelanggan bisa merasa puas dan loyal terhadap perusahaan.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Tjahjaningsih, Endang, 2013, “Pengaruh Citra dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan” (Studi Pada Pelanggan Supermarket Carrefour di Semarang). Laporan tidak dipublikasikan, Fakultas Ekonomi, Universitas Stikubank, Semarang.

Ghozali, Imam, 2005, Statistik Parametrik: Teori dan Aplikasi dengan Program SPSS, BPFE Undip, Semarang.

Irawan, Handi, 2008. Membedah strategi Kepuasan pelanggan. Cetakan pertama: PT.Gramedia: Jakarta

Iriyanti Emik, Qomariah Nurul, dan Suharto Akhmad, 2016. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Depot Mie Pangsit Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia Vol 2. No. 1 Juni 2016 hal 13.

Kotler, Philip dan Keller,K., L.(2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong, Garry. 2006. Dasar-Dasar Pemasaran Edisi XII. PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran. Dialih bahasakan Oleh Drs. Benyamin Molan, Buku Ke satu Edisi Kedua Belas PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip, 1997, Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Implementasi dan Kontrol, Jilid Kedua PT. Prehalindo, Jakarta.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip. 2009, Manajemen Pemasaran, edisi Milinium, Jilid 1, PT. Prehallindo, Jakarta.

Kotler, Philip. 2015. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kesebelas. PT. Indeks, Jakarta.

Kuncoro, Mudrajat. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Erlangga. Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Salemba Empat, Jakarta.

Nasution, M. Nur. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Qomariah Nurul. 2012. Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Institusi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Universitas Muhammadiyah di Jawa Timur). Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol.10, No.1, Maret 2012.

Sekaran, Uma. 2006. Research Methods for Business Edisi IV. Salemba Empat, Jakarta.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis, Penerbit Alfabet, Bandung.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta. Bandung.

Sunarto, 2006. Pengantar Manajemen Pemasaran. UST Press, Yogyakarta.

Suratno, Sri dan Purnama, Nursya’ Bani. 2004. “analisis Tingkat Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kualitas Layanan Kantor Pelayanan Pajak Yogyakarta Dua”. Sinergi Kajian Bisnis Dan Manajemen. Vol.7, No. 1, h. 69-87.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Banyumedia Publishing, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats