Pengaruh Kepemimpinan, Kompetensi, dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sumenep

Moh. Kurdi, Unsul Abrar

Abstract


Kinerja sebuah organisasi tergantung pada bagaimana mengelola individu pegawai atau sumber daya manusia menjadi lebih baik. Selain itu, pengelolaan sumber daya manusia yang baik terletak pada kepemimpinan yang baik pula. Sehingga ini merukan sesuatu yang harus saling diperhatikan untuk kinerja pegawai. Tetapi selain itu, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi sebuah kinerja dari pegawai yakni salah satunya terkait dengan kompetensi serta motivasi. Adapun penelitian ini dilaksanakan pada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sumenep. dengan total sampel 34 pegawai. Sedangkan analisis data dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kepemimpinan, kompetensi dan variabel motivasi memiliki pengaruh simultan terhadap kinerja pegawai serta dengan menggunakan uji secara parsial menyimpulkan bahwa variabel kepemimpinan, kompetensi dan motivasi memiliki pengaruh terhadap peningkatan kinerja pegawai pada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sumenep.

Keywords


Kepemimpinan; Kompetensi; Motivasi; Kinerja Pegawai

References


Astawan, I. G. N., & Suryanata, I. G. N. P. (2020). Peran Kompetensi, Motivasi dan Kepemimpinan Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(1), 41-56.

Kurdi, M., Rustam, T. A., SE, M., Sari, A. P., Julyanthry, S. E., Handayani, K., ... & SE, M. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Media Sains Indonesia.

Marjaya, I., & Pasaribu, F. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 129-147.

Posuma, C. O. (2013). Kompetensi, kompensasi, dan kepemimpinan pengaruhnya terhadap kinerja karyawan pada Rumah Sakit Ratumbuysang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).

Potu, A. (2013). Kepemimpinan, motivasi, dan lingkungan kerja pengaruhnya terhadap kinerja karyawan pada Kanwil Ditjen Kekayaan Negara Suluttenggo dan Maluku Utara di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).

Rukmana, R. (2016). Dampak Kepemimpinan, Motivasi Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Serta Implikasinya Pada Kualitas Perencanaan Pembangunan. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1), 57-75.

Yanti, D. A. W., & Mursidi, M. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 4(1), 23-34.

Yunus, Y., Razak, M., & Alam, S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Kompetensi Dan Motivasi Aparat Terhadap Efektivitas Kerjaparat Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Barru. Nobel Management Review, 1(1), 50-58.

Zarvedi, R., Yusuf, R., & Ibrahim, M. (2016). Pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi dan kompetensi terhadap kinerja pegawai serta implikasinya pada kinerja sekretariat kabupaten pidie jaya. JPED (Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam)(Darussalam Journal of Economic Perspectives), 2(2), 201-217




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v8i1.7829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats