FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI ERA DIGITAL (Studi Kasus pada Ritel Tradisional di Desa Balung Lor Balung Jember)

Feti Fatimah

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada konsumen Ritel tadisional di desa Balung lor Balung Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, iklan, lifestyle, dan lokasi pada keputusan pembelian konsumen di era digital. Dalam penelitian ini, data yang dikumpulkan dengan alat seperti observasi, wawancara dan kuesioner kepada 100 responden dengan teknik purposive sampling, yang bertujuan untuk mengetahui persepsi responden dari masing-masing variabel. Analisis instrumen tes yang digunakan meliputi data (validitas, dan uji reliabilitas), analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), dan pengujian hipotesis (uji t, koefisien determinasi). Dari hasil analisis regresi menunjukkan bahwa variabel harga, iklan, gaya hidup dan lokasi, semuanya berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen di era digital. Hasil uji T dari harga, iklan, lifestyle dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di era digital. Untuk peneliti yang melakukan penelitian serupa diharapkan menggunakan variabel lain seperti jasa, citra dan lainnya. Juga dianjurkan untuk mencoba metode kualitatif dalam mendapatkan data dan informasi yang lebih akurat.

Kata Kunci: harga, iklan, lifestyle, lokasi,  keputusan pembelian konsumen di era digital

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ghozali, Imam , 2009. Aplikasi Multivariet Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Iswayanti, Ika Putri. 2010. Analisi pengaruh kualitas produk, Kualitas layanan, Harga dan tempat terhadap keputusan pembelian. Malang : Badan Penerbit Universitas Muhammadiyah malang

. 2009, Menejemen Pemasaran, Terjemahan : Bob Sabran. Edisi 13 Jilid 1 & 2 Penerbit Erlangga.

Lupiyoadi, Hamdani. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua.Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Philip, Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Prihatna, Oki. 2013. Analisis Perbandingan Ritel Modern dan Ritel Tradisional di Lihat dari 7P. Jakarta: Forum Ilmiah. Volume 10. Nomor 2 pp 252-261.

Utomo, Joko. 2011. Persaingan Bisnis Ritel: Tradisional VS Modern. Semarang: Fokus Ekonomi. Vol. 6 No. 1 pp. 122 – 133.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats